Mencegah Bau Mulut Saat Puasa

5 Cara Mencegah Bau Mulut Saat Puasa

Saat puasa tidak jarang yang mengeluhkan bau mulut. Bau mulut disebabkan oleh rongga mulut yang kering, pasalnya ketika berpuasa, produksi air liur berkurang karena tidak adanya makanan dan minuman yang masuk ke mulut selama berpuasa.

Selain karena kurangnya produksi air liur, ada beberapa faktor yang menyebabkan bau mulut, yaitu:

  • Tidak menggosok gigi dan membersihkan lidah setelah sahur
  • Gigi berlubang, radang gusi, dan sariawan
  • Masalah pada rongga hidung dan tenggorokan, seperti sinusitis dan radang amandel
  • Konsumsi makanan yang berbau menyengat, seperti bawang, terasi, dan petai
  • Kebiasaan merokok

Untuk mencegah bau mulut saat puasa sebenarnya mudah sekali, cukup hindari makanan yang berbau menyengat dan gosok gigi setelah sahur. Untuk lebih lengkapnya Anda bisa mengikuti beberapa tips dibawah ini.

Tips Mencegah Bau Mulut Saat Puasa

Mencegah Bau Mulut Saat Puasa

1. Bersihkan Gigi dan Mulut Secara Rutin

Jagalah kebersihan gigi dan mulut adalah kunci mencegah bau mulut. Membersihkan gigi tidak harus setelah sahur saja, bahkan Anda wajib menggosok gigi kapan saja setelah makan. Idealnya pagi setelah makan dan malam sebelum tidur. Atau setelah sahur dan sesudah berbuka puasa.

2. Konsumsi Air Mineral Yang Cukup Setiap Hari

Meminum air mineral yang cukup selain untuk mencegah dehidrasi, minum air yang cukup juga dapat meningkatkan produksi air liur sehingga mencegah mulut kering yang dapat menyebabkan bau mulut.

Tips: Minumlah 2 gelas air saat sahur, 2 gelas air saat berbuka, dan 4 gelas air pada malam hari sebelum tidur.

Baca juga: 5 Pola Hidup Sehat yang Harus Dilakukan di Bulan Ramadhan

3. Konsumsi Buah dan Sayur

Mengkonsumsi buah dan sayur dapat mencegah pertumbuhan kuman yang dapat menyebabkan bau mulut. Sediakan sayuran hijau seperti bayam, brokoli, wortel, dan seledri, dalam menu sahur dan berbuka puasa Anda. Untuk buah-buahan konsumsilah apel, jeruk, melon, semangka, dan nanas.

4. Hindari Konsumsi Makanan Manis dan Berbau Tajam

Ketika sahur, pilihlah makanan-makanan yang tidak berbau menyengat seperti petai, jengkol, atau bawang. Hindari juga minuman yang manis karena dapat membuat bakteri penyebab bau mulut berkembang biak lebih pesat. Lebih baik minum air mineral.

5. Berhenti Merokok

Selain merokok membuat jantung tidak sehat, ternyata merokok juga salah satu penyebab kenapa mulut Anda bau. Merokok bisa berdampak pada berkurangnya produksi air liur dan terjadinya risiko radang gusi.

Itulah cara mencegah bau mulut saat puasa yang bisa Anda coba. Intinya adalah perhatikan apa saja yang Anda masukkan ke mulut dan jagalah kebersihan mulut dan gigi. Selamat mencoba!

Kontributor pencarinafkah.com. Blogger asal Klaten - Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.