10 Jenis Ikan Cupang yang Paling Banyak Diminati

Cara Menjual Ikan Cupang ke Luar Negeri

Ikan Cupang merupakan salah satu jenis ikan yang memiliki bentuk dan juga warna yang menawan. Jangan heran, jika banyak masyarakat yang lebih memilih untuk membudidayakannya. Bahkan ada yang menjualnya, karena keuntungannya banyak. Sebelum berbudidaya, ketahui jenis ikan Cupang agar mengenal karakteristiknya.

Beberapa Macam Jenis Ikan Cupang

Suatu bisnis yang paling menjanjikan saat ini, ialah berbudidaya ikan hias seperti Cupang. Hal ini sudah terbukti, mengingat tampilan serta warna dan bentuk dari ikannya sangat menawan. Dengan begitu, membuat siapa pun ingin memeliharanya. Lalu apa saja jenis-jenisnya?

Bacaan Lainnya

1. Ikan Cupang Double Tail

Salah satu jenis ikan Cupang yang menarik pecinta ikan, ialah double tail atau terkenal dengan nama ekor ganda. Bentuk dari ikan satu ini memiliki ekor yang membelah di bagian tengah siripnya (caudal). Kerapkali ikan ini terbilang mirip seperti halfmoon. Namun, yang membedakannya di ekornya.

Ikan Cupang double tail ini memiliki variasi warna yang sangat beragam, tentu saja semuanya sangat menarik. Bagi para pecinta ikan, pasti tak akan melewatkan momen saat melihat ikan satu ini. Namun, jenis ikan satu ini terbilang sulit untuk Anda budidayakan. Jadi, tak mudah mendapatkannya.

2. Ikan Cupang Halfmoon

Jenis Ikan Cupang

Selanjutnya, ada ikan Cupang bernama halfmoon atau biasanya terkenal dengan sebutan separuh bulan. Menurut sejarah yang ada, ikan satu ini kabarnya ditemukan oleh seorang peternak yang berasal dari Amerika Serikat di tahun 1982. Sedangkan namanya, terkenal di Indonesia pada tahun 2000.

Ikan Cupang halfmoon ini mempunyai bukaan ekor yang cukup lebar. Mungkin mendekati 180 derajat serta ekornya yang berwarna hijau. Berbicara mengenai harganya sangat bervariasi, untuk Cupang halfmoon juara Rp. 500.000 per ekornya. Sedangkan untuk harga anakannya sekitar Rp. 40.000 saja.

3. Ikan Cupang Crown Tail

Ikan Cupang crown tail seringkali terkenal dengan sebutan Cupang serit. Jenis ikan satu ini merupakan jenis pertama kali yang banyak orang budidayakan di Indonesia. Bentuk dari siripnya sangatlah unik, berbentuk seperti jarum yang membentuk serit atau sisir rambut. Ikan ini lebih unik dari jenis lain.

Sampai saat ini Indonesia telah terkenal, karena menjadi salah satu penghasil ikan cupang serit paling terbaik di dunia. Bahkan di dalam sejarahnya, ikan Cupang tersebut kabarnya dibudidayakan oleh seseorang bernama Ahmad Yusuf. Seorang peternak yang berasal dari Jakarta Timur di tahun 1997.

4. Ikan Cupang Plakat

Jenis ikan cupang Marble Copper

Kemudian ada salah satu ikan Cupang yang kabarnya ahli dalam bertarung. Namanya adalah ikan Cupang plakat. Nama tersebut berasal dari Thailand, yang berarti tarung. Ciri dari ikan satu ini ialah terletak pada sirip serta ekornya yang cukup pendek. Namun, untuk ukuran tubuhnya lumayan besar.

Tubuhnya juga terlihat lebih kekar dari pada badan ikan Cupang lainnya. Namun, sayangnya warna dari tubuh ikan satu ini tidak begitu mencolok. Karena termasuk ke dalam kategori ikan petarung, ikan plakat bergerak sangat agresif ketika melihat keberadaan ikan Cupang lain. Inilah keunikan yang terlihat.

Baca Juga : 28 Jenis Ikan Cupang Plakat dilengkapi Gambar dan Ciri-cirinya

5. Ikan Cupang Fancy

Jenis Ikan Cupang FCCP

Ikan Cupang fancy merupakan jenis ikan yang memiliki kombinasi warna tubuh yang cukup unik. Warna yang terdapat pada ikan Cupang ini adalah perpaduan dari warna biru metalik, merah muda, hijau dan juga merah. Alhasil, tampilannya menjadi sangat menarik, bentuk siripnya juga pendek.

Berbicara mengenai harga dari ikan Cupang fancy ini, untuk harga anakannya sekitar Rp 200 ribu sampai dengan Rp 300 ribu. Sedangkan untuk ikan fancy juaranya seharga Rp 2 juta hingga Rp 10 juta. Memang akan jauh lebih mahal, mengingat warna tubuh dan siripnya sangatlah unik dan menawan.

6. Ikan Cupang Kachen Worachai

Jenis Ikan Cupang Yang Paling Mahal

Ikan Cupang kachen worachai, termasuk salah satu ikan yang memiliki nama yang berasal dari Thailand. Sama seperti jenis ikan Cupang plakat sebelumnya, namun meski namanya sama bukan berarti bentuk dan warna tubuhnya juga serupa. Tentu saja ada perbedaan yang jauh lebih mencolok.

Untuk ikan Cupang kachen worachai ini memiliki warna yang sangat cantik, karena ada perpaduan warna biru, merah dan juga putih. Hal tersebut mengingatkan dengan bendera Thailand memang. Namun, sayangnya ikan ini termasuk ke dalam golongan ikan paling mahal. Setara 1.530 USD atau Rp 22,6 juta.

Baca Juga : 7 Jenis Ikan Cupang Mahal, Harganya Ada Yang Sampai Puluhan Juta!

7. Ikan Cupang Big Ear

Jenis Ikan Cupang Mahal

Ikan Cupang big ear sesuai dengan namanya ikan ini memiliki bentuk yang unik yaitu tepat pada siripnya yang menyerupai telinga gajah. Dengan keunikan dari ikan inilah yang membuatnya menjadi salah satu ikan yang berharga cukup mahal. Meski begitu, masih ada banyak orang yang berburu ikan jenis ini.

Ikan Cupang big ear merupakan hasil dari persilangan dan berkembang sangat baik di Indonesia. Harga dari ikan Cupang ini biasanya sekitar Rp 400 ribuan. Namun, semua itu tergantung pada kondisi ikannya, keunikannya, serta corak pada tubuhnya. Dengan harga yang sama, bisa mendapatkan jenis lainnya.

8. Ikan Cupang Sawah

Sesuai dengan namanya, ikan Cupang sawah ini merupakan salah satu ikan yang merupakan jenis liar. Berbeda dengan jenis ikan lainnya, ikan ini sangat sulit untuk Anda temukan dan harganya pun menjadi sangat mahal. Semakin ukurannya besar dan bagus, harga dari Cupang sawah juga makin mahal.

Meskipun tampilan dari ikan Cupang sawah ini jauh berbeda dengan jenis lainnya, harga dari ikan ini kabarnya bisa sekitar mulai dari Rp 100 ribuan sampai dengan Rp 300 ribuan. Namun, meski sudah mendapatkannya ikan ini sangat cocok menjadi salah satu ikan hias.

9. Ikan Cupang Giant

Giant

Jenis ikan Cupang giant ini, merupakan hasil dari persilangan dari beberapa jenis Cupang lainnya. Keunikan dari ikan satu ini ialah terletak pada bagian badannya yang jauh lebih besar dari pada Cupang lain. Bahkan panjangnya bisa sekitar 10 sampai dengan 15 cm. Asalnya berasal dari Thailand.

Biasanya ikan Cupang giant ini sangat mudah masyarakat Thailand temukan, tepatnya di daerah sungai atau bahkan danau di sana. Ikan ini akan sangat cocok bila menjadi aduan, karena postur tubuhnya jauh lebih besar dan sangat agresif. Oleh karena itulah, harganya juga tak main – main.

Baca Juga : Perbedaan Cupang Giant dan Plakat, Jelas Beda!

10. Ikan Cupang Slayer

Tahukah Anda, ikan Cupang slayer ini ternyata merupakan hasil dari persilangan antara halfmoon dengan ikan serit. Jangan heran bila bentuk dari ikannya sendiri memiliki perpaduan dari ikan tersebut. Jenisnya sendiri sangat marak penjual perdagangkan di pasar ikan dan menjadi favorit banyak orang.

Ciri khas dari ikan Cupang slayer ini, ialah pada bagian siripnya yang jauh lebih besar dari ikan jenis lain. Keindahan yang terdapat dari ikan jenis ini adalah memiliki variasi warna yang sangat terang, seperti halnya orange, hijau, merah, kuning, dan lain-lain. Harganya sendiri mencapai Rp 300 ribuan.

Demikian ulasan secara mendalam bagi Anda yang sangat menyukai jenis ikan Cupang. Mengingat warna dan bentuk dari ikan tersebut sangat bervariasi, tak heran bila banyak sekali yang memfavoritkan ikan ini. Harganya pun juga berbeda-beda, tergantung pada ukuran hingga keunikan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.