Hal Yang Dilupakan Saat Gajian

Sudah Gajian? Ini 5 Hal Yang Akan Anda Lupakan

Gajian adalah hal yang paling ditunggu-tunggu oleh semua orang, bahkan sampai ada yang mengkhawatirkannya jauh-jauh hari.

Meski gajian setiap orang nominalnya berbeda-beda, namun sesuatu yang disebut dengan gajian ini bisa buat perasaan seseorang menjadi lebih bahagia.

Malahan saking bahagiannya mendapat gaji yang sudah dinantikan, sampai-sampai ada hal yang dilupakan saat gajian.

Apakah anda sering melupakan hal-hal berikut setelah gajian?

5 Hal Yang Sering Dilupakan Saat Gajian :

1. Bayar Hutang

Dikejar kerjaan

Saat gajian mungkin yang kita pikirkan adalah belanja atau bersenang-senang hingga melupakan sebagian kewajiban kita seperti halnya dalam melunasi hutang-hutang yang sudah kita buat.

Mungkin yang masih diingat adalah hutang yang jika tidak dibayar akan beresiko kehilangan, seperti ; cicilan motor, mobil, atau rumah. Namun untuk hutang perorangan kebanyakan dari kita sering lupa untuk membayarnya.

Sifat ini bisa menjadi bahaya kalau sudah kebiasaan berhutang.

“Siapa saja yang berhutang lalu berniat tidak mau melunasinya, maka dia akan bertemu Allah (pada hari kiamat) dalam status sebagai pencuri.” (HR. Ibnu Majah no. 2410)

2. Memberikan Sedikit Untuk Orang Tua

Bukankah sebelum bekerja anda ingin sekali membantu mengurangi beban orang tua? Bahkan saat wawancara masuk kerja tidak sedikit yang mempunyai alasan yang bertujuan untuk membahagiakan orang tua.

Namun ketika sudah gajian siapa dulu yang kita traktir? Apakah orang tua atau kah orang lain?

3. Memberikan Nafkah Untuk Keluarga

Apalagi seorang suami yang memang berkewajiban untuk memberikan nafkah untuk keluarga sebaiknya anda jangan pernah lupa akan hal ini.

Namun untuk suami yang sedang atau sudah bercerai dengan istrinya, dan yang seudah mempunyai anak. Sebaiknya anda masih tetap memberikan nafkah untuk anak anda meskipun anak tersebut ikut dengan mantan istri anda.

Silahkan Baca :

4. Bersedekah

Jika anda merasa kalau gajian anda lebih maka sebaiknya jangan lupa untuk bersedekah kepada yang lebih membutuhkan.

Sebab tidak semua orang kondisinya berada sejajar atau lebih tinggi dari anda.

Berbagi tidak mesti harus menggunakan uang, anda bisa mentraktir mereka makanan enak yang rasanya bisa bikin mereka senang misalnya.

Baca Juga : Tips Jajan Enak Tapi Tetap Hemat

Namun jika gajian anda masih terasa pas-pasan untuk kebutuhan anda serta keluarga anda, sebaiknya juga tidak perlu di paksakan.

Mungkin jika ingin dipaksakan anda harus mencari penghasilan tambahan agar keuangan anda tidak begitu pas-pasan.

Serta agar anda terhindar dari hal yang namanya berhutang.

Baca Juga :

5. Menabung

Menabung adalah hal yang paling sering dilupakan oleh orang yang terlalu senang akan gajian, karena biasanya uangnya terlanjur habis untuk senang-senang bahkan sampai belum tentu cukup untuk kebutuhan yang akan datang.

Padahal menabung itu penting untuk masa yang akan datang, apalagi kalau anda belum mempunyai masa kerja yang jelas, atau anda mempunyai keinginan untuk membuka usaha sendiri maka menabung adalah hal penting yang seharusnya tidak dilupakan.

Saya adalah penulis dan pemilik pencarinafkah.com, blogger asal Klaten Jawa Tengah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.