Contoh Surat Resign Kerja Sederhana Yang Baik dan Benar

Surat resign diperlukan dalam rangka pengunduran diri dari tempat kerja anda sekarang ini secara baik – baik agar tidak terjadi konflik di masa yang akan datang nanti setelah anda keluar dari tempat kerja yang sekarang.

Bagi kami jika anda ingin mengundurkan diri dari sebuah pekerjaan atau ingin keluar dari tempat kerja maka hukumnya wajib menggunakan surat atau pamit secara baik-baik.

Seperti ketika ada ingin masuk ke tempat kerja tersebut, anda pastinya datang dengan cara yang baik maka begitu akan keluar seharusnya juga dengan cara yang baik pula.

Sebab jika anda keluar dari tempat kerja tanpa pamit atau dengan cara yang tidak baik maka anda akan mendapatkan beberapa resiko setelahnya.

Baca Juga : 6 Akibat Resign Dari Tempat Kerja Tanpa Pamit

Hal penting yang diperlukan sebelum resign dengan cara yang baik adalah membuat surat resign atau surat pengunduran diri.

Dan dalam pembuatan surat resign kerja anda juga perlu menyiapkan alasan yang baik untuk dicantumkan demi menghormati perusahaan tersebut.

Mungkin pada kenyataannya anda merasa tidak nyaman bekerja disana atau gajinya kurang, tapi tetap saja anda harus memberikan alasan yang baik.

Baca Juga : 6 Alasan Terbaik Untuk Resign Dari Tempat Kerja

Contoh Surat Resign Kerja Yang Baik

Berikut ini kami akan memberikan contoh surat resign yang bisa anda tiru penulisannya sehingga mempermudah anda dalam rangka mengundurkan diri dengan cara yang baik.

Ada berbagai contoh surat resign yang mungkin akan sesuai dengan anda. Untuk penulisan boleh diketik dan boleh juga menggunakan tulisan tangan.

Contoh Surat Resign Sederhana

Contoh Surat Resign Sederhana

Karawang , 20 Mei 2023

Kepada Yth,
HRD Manager
PT. Pencarinafkah
Jl. Lurus 123, Karawang

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya Adika Frisky Araaf bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. Pencarinafkah sebagai Administrasi, terhitung sejak 20 Juni 2023 dengan alasan sudah mendapatkan pekerjaan di tempat yang baru.

Saya mengucapkan terimakasih atas kesempatan yang sudah diberikan kepada saya untuk bekerja di PT. Pencarinafkah selama 2 tahun. Saya juga mohon maaf kepada seluruh karyawan dan menejemen PT. Pencarinafkah, apabila terdapat kesalahan yang telah saya lakukan selama bekerja.

Demikian surat ini saya buat dengan sadar dan tanpa adanya paksaan dari siapapun. Semoga PT. Pencarinafkah terus berkembang dan maju.

Hormat saya,


Adika Frisky Araaf

Contoh Surat Resign Kerja di Perusahaan

Contoh Surat Resign Kerja di Perusahaan

Bekasi, 21 Februari 2022

Kepada Yth
Kepala Bagian Personalia / HRD
PT. Pencarinafkah
Kawasan Industri, Bekasi

Dengan hormat,

Sebagaimana yang tercantum dalam Perjanjian Kerja Waktu Tertentu mengenai satu bulan sebelum pengunduran diri, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Adika Frisky Araaf
NIP : 123
Dept. : Produksi
Jabatan : Operator Produksi

Bermaksud untuk mengajukan permohonan pengunduran diri sebagai karyawan PT. Pencarinafkah sebagai Operator produksi terhitung sejak tanggal 22 Februari 2022.

Saya mengucapkan banyak terimakasih atas kesempatan yang telah diberikan selama ini. Saya juga memohon maaf yang sebesar – besarnya kepada seluruh jajaran direksi dan rekan – rekan karyawan. Semoga PT. Pencarinafkah kedepannya semakin maju.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat. Tanpa adanya paksaan dari siapapun. Atas perhatian bantuan dan perhatian yang telah diberikan saya ucapkan terimakasih.


Hormat saya,


Adika Frisky Araaf

Contoh Surat Resign Kerja di Bank

Contoh Surat Resign Kerja di Bank

Jika anda adalah seorang muslim maka kami akan sangat mendukung anda untuk resign kerja di Bank dan mencari pekerjaan di tempat lain.

Baca Juga : Kelebihan Dan Kekurangan Menjadi Pegawai Bank

Klaten, 02 Januari 2030

Yth,
Kepala KCP Bank Pencarinafkah Klaten
di Tempat,

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan dibawah ini, saya :

Nama : Adika Frisky Araaf
ID Karyawan : 123
Jabatan : Customer Service

Bersama surat ini saya ingin mengajukan permohonan untuk pengunduran diri sebagai Customer Service dari Bank Pencarinafkah dengan alasan sudah mendapatkan pekerjaan di tempat yang baru.

Saya mohon maaf apabila selama saya bekerja memiliki kesalahan baik yang disengaja atau tidak. Saya juga mengucapkan terimakasih atas kesempatan yang selama ini sudah diberikan.

Saya berharap semoga Bank Pencarinafkah tetap menjadi perbankan terbaik di Indonesia.

Hormat saya,

Adika Frisky Araaf

Contoh Surat Resign Guru

Contoh Surat Resign Guru

Klaten, 03 Juli 2020

Kepada Yth.
Kepala Sekolah SMK Pencarinafkah Klaten
Jl. Lurus 123 Klaten

Perihal : Pengunduran diri

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan dibawah ini, saya :

Nama : Adika Frisky Araaf
NIP : 123
Jabatan : Guru Bahasa Inggris

Secara resmi menngundurkan diri sebagai guru Bahasa Inggris di SMK Pencarinafkah Klaten, terhitung sejak 31 Juli 2020.

Saya mengucapkan banyak sekali terimakasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya sebagai tenaga pengajar di SMK Pencarinafkah Klaten.

Saya juga meminta maaf kepada jajaran guru dan staff SMK Pencarinafkah Klaten jika selama saya bekerja terdapat perilaku yang kurang baik.

Harapan saya, semoga SMK Pencarinafkah semakin berprestasi dan terus menciptakan generasi penerus yang berkualitas.


Hormat saya,


Adika Frisky Araaf

Apapun profesi anda, anda hanya perlu mengedit pada bagian nama, perusahaan, NIP, jabatan, dan juga alasan.

Kami sarankan anda tidak langsung mendadak menyerahkan surat resign, ada beberapa tahap sebelum resign yang baik apabila dilakukan.

Tahap-Tahap Resign Yang Baik

Resign adalah sebuah keputusan yang perlu dipikirkan secara matang oleh setiap orang dan resign yang baik tidak bisa diambil hanya karena perasaan emosi sesaat.

Namun jika memang tekad anda untuk resign sudah bulat maka ada tahap – tahap yang baik untuk dilakukan sebelum anda resign atau menyerahkan surat resign secara resmi.

Berikut ini adalah hal-hal baik yang bisa anda lakukan sebelum anda benar-benar resign.

#1 Berbicara dengan Atasan

Bagaimanapun juga atasan anda adalah orang yang bertanggung jawab atas anda. Oleh sebab itu memberitahukan tujuan anda untuk resign kepada atasan memang perlu dilakukan.

Jika alasan terbesar anda untuk resign masih dalam lingkungan kerja seperti bekerja di bagian yang tidak cocok dengan kesehatan atau ada unek – unek lain siapa tahu atasan anda mempunyai jalan keluar sehingga anda tidak jadi resign.

Sebab atasan anda juga perlu menyiapkan rencana pada posisi yang anda tinggalkan untuk beberapa saat, karena perusahaan tidak mungkin langsung mendapatkan karyawan baru begitu anda keluar.

#2 Menjaga Semangat Kerja

Meskipun anda sebentar lagi resign tetapi anda harus tetap bekerja secara profesional di sisa waktu terakhir anda bekerja sebab hal tersebut sudah menjadi tanggung jawab anda.

#3 Berpamitan

Setelah anda mengutarakan tujuan anda resign kepada atasan selanjutnya anda juga bisa pamit kepada rekan kerja anda sebelum atau sesudah menyerahkan surat resign.

Dan jika anda mempunyai kesalahan dengan rekan kerja anda maka ini adalah kesempatan yang sangat pas untuk meminta maaf. Agar nanti kedepannya anda tetap mempunyai hubungan yang bagus dengan rekan kerja anda tersebut meskipun sudah tidak dalam satu lingkungan perusahaan yang sama lagi.

Dengan resign secara baik – baik anda tidak akan malu jikalau nanti suatu saat bertemu dengan rekan kerja juga atasan – atasan anda di perusahaan sebelumnya.

Semoga dengan adanya contoh surat resign tersebut dapat membantu anda menyiapkan resign atau pengunduran diri dengan cara yang baik serta tetap menjaga hubungan pertemanan dengan rekan kerja maupun atasan.

Saya adalah penulis dan pemilik pencarinafkah.com, blogger asal Klaten Jawa Tengah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.