Contoh Surat Paklaring

Mendengar istilah paklaring sepertinya sudah tidak asing lagi bagi anda yang sudah bekerja. Bilamana anda sudah berhenti kerja di suatu perusahaan, biasanya seorang karyawan akan mendapatkan paklaring. Hal ini merupakan surat keterangan yang menyatakan bahwa orang tersebut pernah bekerja di perusahaan tersebut dengan jabatan tertentu dan dalam jangka waktu tertentu.

Dengan adanya surat paklaring tersebut bisa dimanfaatkan secara efektif untuk keperluan lainnya ketika anda ingin melamar pekerjaan kembali. Biasanya dari pihak perusahaan akan mempertanyakan pengalaman kerja dan anda bisa memberikan bukti melalui surat paklaring yang sudah diterimanya. Hal ini menjadi bukti tertulis dengan adanya surat paklaring yang sudah anda terima dari suatu perusahaan.

Bacaan Lainnya

Pada umumnya, surat paklaring ini dipakai sebagai syarat lampiran berkas ataupun dokumen ketika anda melamar sebuah pekerjaan di perusahaan baru. Melalui surat paklaring yang sudah didapat, perusahaan baru akan memberikan penilaian terhadap anda. Kapasitas dapat terlihat dari prestasi dan juga kontribusi yang diberikan terhadap perusahaan berdasarkan penjelasan yang sudah diberikannya.

Fungsi Surat Paklaring

Memiliki surat paklaring, tentu anda harus memahami fungsi yang ada di dalamnya. Surat paklaring tidak hanya digunakan sebagai pemulus proses mendapatkan pekerjaan selanjutnya, namun ada beberapa fungsi lainnya yang dapat anda gunakan dengan memanfaatkan surat paklaring. Berikut fungsi surat paklaring yang bisa anda peroleh!

Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan

Fungsi yang pertama bisa anda dapatkan adalah bisa digunakan untuk mencairkan BPJS ketenagakerjaan. Seperti yang sudah anda ketahui, BPJS ketenagakerjaan dimiliki oleh setiap karyawan yang bekerja di suatu perusahaan. Hal ini dilakukan supaya menjadi jaminan hari tua dengan mencairkannya.

Selain itu, sebagai contoh kepemilikan surat paklaring tersebut juga menjadi salah satu syarat untuk bisa mencairkan seluruh atau sebagian dari jaminan yang sudah diberikan. Jidi hindari resign tanpa pamit supaya mendapatkan paklaring yang dan bisa mencairkan dana BPJS Ketenagakerjaan.

Melamar Pekerjaan Selanjutnya

Surat Paklaring sebagai Pelengkap Surat Lamaran

Setelah anda mendapatkan surat paklaring, pastinya anda harus mencari perusahaan baru untuk bekerja. Hal ini akan bermanfaat untuk anda yang memiliki surat paklaring karena anda telah memiliki pengalaman kerja melalui surat paklaring tersebut. Pelamar akan diminta mengirimkan CV ketika melakukan wawancara sebagai bukti bahwa calon karyawan tersebut sudah pernah bekerja di suatu perusahaan.

Dengan adanya surat paklaring tersebut juga menjadikan anda lebih efektif untuk bisa mengambil suatu perusahaan. Sangat penting bagi anda yang memiliki surat paklaring untuk bisa dimanfaatkan dengan baik.

Mendapatkan Beasiswa Jalur Profesional

Adanya surat paklaring juga berfungsi untuk mendapatkan beasiswa jalur professional. Meskipun anda sudah bekerja atau memiliki pengalaman, tidak menutup kemungkinan seseorang bisa melanjutkan pendidikannya. Anda bisa melanjutkan kuliah untuk mengasah kemampuan anda kembali. Dengan adanya surat paklaring ini menjadi kesempatan besar bagi anda untuk mendapatkan beasiswa jalur professional.

Beasiswa jalur yang satu ini bisa berguna bagi anda yang ingin melanjutkan studi di tingkat S2 ataupun doctoral yang telah diberikan oleh pemerintah atau pihak swasta. Selain itu, ada juga beberapa dokumen penting yang biasanya harus anda penuhi terlebih dahulu. Supaya meyakinkan, calon penerima beasiswa juga akan diminta untuk memberikan surat rekomendasi dari atasannya.

Syarat Membuat Surat Paklaring

Sebelum anda membuat surat paklaring, alangkah baiknya harus mengetahui beberapa perysaratannya terlebih dahulu sebagai berikut!

Mengundurkan Diri Dengan Baik-Baik

Syarat yang pertama adalah karyawan harus mengundurkan diri secara baik-baik. Anda bisa mengajukannya kepada atasan bahwasanya akan mengundurkan diri dengan alasan tertentu. Jika anda memilih untuk kabur diam-diam maka tidak akan mendapatkan surat paklaring tersebut.

Surat paklaring juga dapat digunakan sebagai referensi dari perusahaan yang sebelumnya. Bilamana alasan karyawan meninggalkan tempat kerja karena hal negatif, perusahaan pastinya tidak akan memberikan surat paklaring kepada karyawan tersebut.

Baca Juga :

Minimal Kerja 1 Tahun

Menyelesaikan Pekerjaan dengan Baik dan Mendapatkan Surat Paklaring

Minimal kerja satu tahun juga menjadi perysaratan yang harus anda terapkan bila ingin mendapatkan surat paklaring. Karyawan yang bekerja di bawah satu tahun dianggap masih belum matang dalam menjalankan kinerja profesinya. Hal ini tentu akan kurang bermanfaat bagi siapa saja yang menjalankannya.

Hal ini juga berkaitan dengan etika dalam menjalankan karir. Seseorang yang memiliki masa kerja kurang dari satu tahun seperti halnya kutu loncat karena sering melakukan resign kerja dalam waktu yang singkat. Maka dari itu, pastikan masa kerja anda sudah lebih dari satu tahun jika ingin mendapatkan surat paklaring.

Telah Memenuhi Semua Kewajiban Kerja

Bilamana anda sudah memenuhi semua kewajiban kerja, maka untuk mendapatkan surat paklaring sangatlah mudah. Anda harus memenuhi persyratan kewajiban kerja yang baik, dimana anda harus bekerja secara efektif di perusahaan tersebut. Dengan begitu, dari pihak perusahaan tidak akan memberikan cap buruk kepada anda.

Perlu anda ingat bahwa surat tersebut juga memiliki fungsi sebagai bekal untuk mendapatkan pekerjaan yang selanjutnya. Maka dari itu, anda harus bekerja sebaik mungkin supaya mendapatkan nilai tambah dari suatu perusahaan.

Berikut ini adalah contoh surat paklaring yang bisa anda jadikan referensi.

Contoh Surat Paklaring

PT CAHAYA BERSINAR
Jl. Kemerdekaan No. 4 Semarang
SURAT PAKLARING
No.: 01/HRD/VI/2020

Yang bertandatangan di bawah ini:
Nama : Teguh Pambudi
Jabatan : Kepala HRD PT Cahaya Bersinar
Alamat : Jl. Kemerdekaan No. 4, Semarang

Menerangkan dengan sebenarnya bahwa yang bersangkutan di bawah ini:
Nama : Ahmad Banu Prasetya
Alamat : Jl. Merpati No. 3, Semarang

Adalah benar merupakan karyawan di PT Cahaya Bersinar terhitung sejak 20 Juni 2015 hingga 20 Juni 2020 dengan jabatan terakhir sebagai Manajer Pemasaran.

Saudara Ahmad Banu Prasetya telah bekerja dengan penuh dedikasi dan loyalitas yang tinggi kepada perusahaan serta tidak pernah terlibat hal-hal negatif yang membawa pengaruh buruk bagi perusahaan selama menjadi karyawan PT Cahaya Bersinar.

Melalui pernyataan ini, kami menjelaskan bahwa yang bersangkutan telah mengundurkan diri atas inisiatif pribadi. Kami berterimakasih atas kinerja yang telah dilakukan selama ini. Semoga yang bersangkutan menjadi lebih sukses di masa yang akan datang.

Demikian surat ini dibuat untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.

Semarang, 21 Juni 2020

TTD

Teguh Pambudi
Kepala HRD

Itulah contoh yang dapat kami sampaikan mengenai surat paklaring. Anda bisa berkesempatan untuk mendapatkan surat paklaring bilamana memenuhi perysaratannya dengan baik. Semoga informasi tersebut bermanfaat, terimakasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *