Contoh Surat Pengunduran Diri Resmi dan Profesional

Sebagai seorang karyawan tetap maupun kontrak, seringkali rasa bosan di tempat kerja membuat kita berpikir untuk resign dengan berbagai pertimbangan yang ada. Banyak para pekerja yang merasa tidak cocok dengan pekerjaan yang saat ini mereka lakukan, terlebih sudah berjalan bertahun-tahun lamanya.

Adapun alasan utama para karyawan ingin mengundurkan diri jelas tidak jauh dari rasa jenuh, tempat kerja yang kurang menyenangkan, komunitas kerja yang tidak sesuai harapan ataupun tututan lain yang mau tidak mau harus meninggalkan pekerjaan.

Bacaan Lainnya

Berbagai alasan dan pertimbangan ini tentunya anda sudah membulatkan tekad untuk berhenti atau mengundurkan diri dari perusahaan yang selama ini sebagai ladang utama anda.

Baca Juga : 6 Alasan Terbaik Untuk Resign Dari Tempat Kerja

Pada kesempatan yang indah ini, kami akan memberikan beberapa contoh surat pengunduran diri yang mana secara resmi bisa digunakan untuk pengajuan resign kepada atasan tempat anda bekerja.

Ada banyak sekali contoh surat resmi pengunduran diri yang kami sediakan, silahkan anda gunakan sesuai dengan kebutuhan.

Pastinya dalam pembuatan surat pengunduran diri ini tidak semudah yang kita pikirkan, baik dari segi format dan isi jelas berbeda dengan surat-surat resmi lainnya.

Tetapi sebelum kita masuk ke contoh surat pengunduran diri, mungkin ada baiknya anda simak terlebih dahulu beberapa hal tentang surat pengunduran diri yang jarang sekali diketahui banyak orang.

Silahkan simak informasi selengkapnya dibawah ini.

Maksud dan Tujuan dibuatnya Surat Pengunduran Diri

Secara umum banyak perusahaan baik swasta dan dibawah pengawasan pemerintah memiliki dasar hukum yang setara, perbedaanya jelas dari sistem kinerja dan perkembangan masing-masing perusahaan.

Hanya saja untuk anda yang berniat mengundurkan diri juga harus disertai keterangan yang resmi, lengkap dan sah dengan adanya surat pengajuan pengunduran diri.

Membuat Surat Pengunduran diri

Hal ini sangatlah penting, karena pada saat anda pertama kali melamar di perusahaan tersebut biasanya sudah diberi SK / Surat Tugas yang menjelaskan secara terang bahwa anda menjadi karyawan/ pegawai di perusahaan tersebut.

Nah untuk banyak khasus pengunduran diri oleh beberapa karyawan biasanya ada yang dilakukan secara lisan langsung dihadapan pemimpin perusahaan dan terkadang sifatnya seperti ini menjadi kurang resmi.

Jadi maksud dan tujuan dengan adanya surat ini bisa diartikan sebagai tanda bahwa anda memutuskan hubungan kerja dari sebuah instansi atau perusahaan secara “ sah “ dan resmi yang disertai dengan surat bermaterai.

Hal ini juga bisa menjadi bukti bahwa anda bukan lagi sebagai pegawai / karyawan di perusahaan tersebut.

Hubungan kerja yang mungkin selama ini berjalan dengan lancar atau tidak sama sekali, sekarang anda sudah tidak terikat lagi dengan perusahaan tersebut.

Surat pengunduran diri yang anda buat juga harus berisikan informasi yang valid, alasan yang tepat dan tentunya dibuat dengan format yang sesuai.

Dengan membuat surat pengunduran diri yang jelas dan valid, pihak perusahaan mungkin saja bisa menerima hal tersebut tanpa menyimpan rasa tidak enak kepada anda.

Surat Pengunduran diri lebih terlihat profesional dan resmi

Membuat surat pengunduran diri ini tidak bisa sembarangan, ada format tertentu yang bisa digunakan sehingga surat yang nantinya anda berikan kepada perusahaan lebih terlihat profesional dan pastinya lebih resmi lagi.

Jadi, pastikan surat yang akan dibuat nantinya menjadi lebih menarik dengan beberapa format yang kami berikan.

Jangan sekali-kali mengisi informasi surat dengan kata-kata yang kotor, menjelekkan nama perusahaan ataupun berisi alasan yang tidak masuk akal.

Buatlah surat dengan cara diketik rapi dan pastinya menggunakan tata bahasa yang sopan dan enak dibaca.

Dengan begitu, anda akan dipandang sebagai seorang karyawan yang benar-benar profesional dalam bekerja, dan mungkin saja suatu saat ini ada panggilan untuk posisi yang lebih baik.

Pada intinya, mengundurkan diri dengan cara yang lebih sopan dan sebisa mungkin terlihat lebih profesional.

Surat Pengunduran Diri berguna agar perusahaan segera mencari kandidat baru

Fungsi utama yang tidak kalah penting dari adanya surat pengunduran diri dari perusahaan ini adalah sebagai pertimbangan instasi yang selama ini menjadi tempat bekerja anda, agar segera mencari kandidat pengganti.

Hal ini diperlukan bukti yang sah dan resmi dari karyawan sebelumnya yang tidak lain adalah surat pengunduran diri.

Kekosongan posisi kerja ini jelas akan merugikan perusahaan, sehingga mau tidak mau perusahaan segera mencari pengganti kandidat yang baru.

Contoh kalau anda berencana untuk mengajukan pengunduran diri dibulan Januari 2022. Maka sebisa mungkin anda sudah mengajukan 3 bulan sebelumnya yaitu dibulan Oktober 2021.

Hal ini memberi kesempatan kapada perusahaan untuk mencari kandidat pengganti anda sebelum anda secara resmi meninggalkan perusahaan.

Jangan memberikan surat pengunduran diri secara dadakan, misalnya saja akan mengundurkan diri bulan Januari depan namun mengirimkan/menyerahkannya dibulan Desember.

Ini tidak memberi waktu kepada perusahaan untuk mencari pengganti anda, kalau hal ini terjadi, besar kemungkinan anda masih disuruh bekerja sampai perusahaan bisa mendapatkan pengganti.

Nah, kalau anda sudah memahami tentang surat pengunduran diri, maka kami berikan salah satu contoh yang bisa digunakan.

Silahkan pahami dengan baik format, isi dan gaya bahasa yang digunakan pada surat dibawah ini.

Contoh surat pengunduran diri ini bisa anda simpan dan jadikan sebagai referensi untuk mengajukan resign di perusahaan tempat bekerja sekarang ini.

Silahkan simak baik-baik contoh surat pengunduran diri dibawah ini.

Contoh Surat Pengunduran Diri

Jakarta, 25 Desember 2020

Kepada
Yth. Pimpinan
PT. Pencarinafkah.com
Jakarta

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Adika Frisky
Alamat: Jln. Kencana 2 Nomor.23, Rt 02 / Rw 01. Jakarta selatan
Jabatan: Marketing Agency

Dengan surat ini, saya bermaksud untuk mengajukan permohonan pengunduran diri dari jabatan di perusahaan Bapak/Ibu terhitung Pada Tanggal 25 Desember 2020.

Sebelumnya saya mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya karena sudah diberikan kesempatan untuk bekerja dengan profesional di perusahaan Bapak/Ibu. Saya juga mengucapkan terima kasih atas bimbingan yang selama ini telah diberikan baik secara tidak langsung ataupun secara langsung.

Saya memohon maaf sebesar-besarnya karena tidak lagi menjadi bagian dalam perusahaan Bapak/Ibu.
Semoga perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin dapat semakin berkembang lagi.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan penuh kesadaran serta atas keinginan sendiri dan tanpa ada paksaan dari siapa pun.
Hormat saya,

Adika Frisky

Baca Juga : Contoh Surat Resign Kerja Sederhana Yang Baik dan Benar

Nah itulah salah satu contoh surat pengunduran diri yang bisa anda pakai untuk mengajukan resign secara resmi di tempat anda bekerja sekarang ini.

Pastikan anda menggunakan kata-kata sendiri, diatas hanyalah contoh dan jangan sekali-kali menggunakan langsung di copy paste, edit sesuai dengan kebutuhan dan ganti alamat perusahaan yang ada.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk semuanya. Terimakasih sudah mengunjungi situs website kami.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *