Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah, Urusan Keluarga, Kuliah

Surat izin adalah salah satu jenis surat yang dibuat oleh seseorang terkait komunitas, lembaga, instansi atau pun perusahaan yang di dalamnya berisikan sebuah permohonan izin dalam melakukan sesuatu. Biasanya surat izin ini dibuat oleh seseorang yang ingin melakukan suatu hal namun harus merelakan apa yang sedang di jalankannya.

Surat permohonan izin banyak sekali jenisnya, baik itu permohonan izin tidak masuk, izin untuk melakukan sesuatu, izin menggunakan fasilitas dan masih banyak hal lainnya. Tentu semua itu tidak asal melakukannya saja, memerlukan surat izin supaya lebih terlihat resmi dan formal. Sehingga, adanya surat izin ini akan memudahkan anda untuk melakukan apa yang benar-benar diinginkannya.

Bacaan Lainnya

Bagi anda yang masih duduk di bangku sekolah biasanya akan melihat hal ini ketika seseorang ingin izin tidak masuk sekolah karena suatu hal. Atau ingin izin ketika ada tugas tertentu di dalamnya. Begitu juga di tempat lainnya, surat izin dapat anda gunakan secara efektif sesuai dengan apa yang anda ingin lakukan.

Hal Penting dalam Pembuatan Surat Izin

Sebelum anda membuat surat izin, anda tentu harus memperhatikan beberapa hal terlebih dahulu. Jadi tidak asal-asalan untuk membuat surat izin karena berpotensi tidak benar nantinya. Supaya anda bisa membuat surat izin dengan baik dan benar, anda bisa memperhatikan bagaimana pembuatan surat izin yang baik dan benar sebagai berikut!

Kepada Siapa Surat Dituju

Dalam membuat surat izin pastinya anda harus mencantumkan kepada siapa surat yang anda buat dituju. Orang yang dituju dalam surat merupakan orang yang berwanang dalam memberikan izin. Seperti halnya dalam dunia pendidikan, orang yang dituju bisa wali siswa atau dosen yang dipercaya untuk hal ini. Namun untuk perusahaan biasanya pihak HRD yang akan diminta izin. Begitu juga dengan hal lainnya.

Siapa Pembuat Surat

Pembuat surat izin tentu harus dicantumkan, yang membuat surat biasanya orang yang bersangkutan langsung dengan yang membuatnya atau wakilnya. Orang yang bersangkutan seperti halnya mereka yang sedang sakit, sementara wakilnya adalah orang lain yang masih ada hubungannya dengan yang sakit tersebut. Seperti halnya anda sakit tidak masuk sekolah, maka orang tua anda yang memberikan izin ke pihak sekolah.

Alasan Minta Izin

Setiap orang yang ingin minta izin pastinya memiliki alasan tersendiri. Dimana alasan izin tersebut harus masuk akal dan jujur. Hal ini sangat penting supaya bisa mendapatkan izin dari pihak yang berwenang. Seperti halnya sakit, acara keluarga, terkena musibah, dan lain sebagainya. Jangan sampai anda membuat surat yang tidak logis karena akan sulit untuk diterima.

Seperti halnya ketika anda hari esok akan ada acara keluarga yang penting. Maka anda bisa mengajukan izin hari ini kepada pihak tertentu supaya diberikan izin. Dengan begitu, tidak akan menjadikan permasalahan nantinya. Anda pun akan dicap baik oleh perusahaan karena melakukan izin dengan baik dan benar.

Ketentuan Waktu Izin

Poin yang satu ini juga sangat penting dan harus anda cantumkan dalam membuat surat izin. Terapat dua macam surat izin yang dapat dibuat, yakni waktu pas kapan anda akan minta izin dan waktu surat itu dibuat. Jangan sampai anda membuat surat di tanggal 19, lalu membuat surat izinnya di tanggal 24. Maka hal tersebut tidak efektif untuk anda terapkan.

Anda bisa melakukan izin tepat dimana anda akan melakukan suatu hal tersebut. Atau lebih baik sebelum hari dimana anda meminta izin. Anda bisa melakukannya sesuai dengan kepentingan yang anda lakukan. Bilamana anda izin di waktu yang tepat tentu akan lebih efektif. Dari pihak yang dituju nantinya tidak akan kecewa untuk surat izin yang anda buat.

Lampiran

Hal penting yang harus anda cantumkan selanjutnya adalah lampiran. Untuk tambahan lampiran seperti halnya surat keterangan dokter bilamana anda tidak masuk karena sakit, surat keterangan tilang bila tidak masuk akibat ditilang, undangan pernikahan bilamana ada acara pernikahan, dan berbagai macam hal lainnya yang bisa anda lampirkan.

Contoh Surat Izin

Bagi anda yang ingin membuat surat izin, alangkah baiknya melihat contohnya langsung sebagai berikut!

Contoh Surat Izin

Surat Izin Urusan Keluarga

Hal: Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Malang, 18 November 2017
Yth. Kepala SMKN 8 Malang
di Malang

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini adalah Orang Tua / Wali dari:
Nama Siswa : Wirda Suryani
Kelas : XI F

Bersama ini saya memberitahukan bahwa putra/i (tersebut di atas) tidak masuk sekolah dikarenakan mengikuti prosesi akad nikah kakak kandungnya di luar kota.

Demikian surat izin ini saya buat. Atas perhatiannya saya sampaikan terimakasih.

Hormat saya,

[ Hj. Reni Anggraini Suryani ]

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Banyuwangi, 29 September 2021

Kepada Yth.
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas I
MI Bahrus Surur Bengkak

Dengan hormat,

Dengan ini kami orang tua/wali murid dari :
Nama : Rizki Saputra
Siswa : Kelas I MI Bahrus Surur Bengkak
Alamat : Jl. Tirta Wangi 27 Bengkak-Wongsorejo-Banyuwangi

Memberitahukan bahwa anak kami tidak dapat mengikuti pelajaran seperti biasa pada hari ini, Sabtu 29 September 2021 dikarenakan sakit demam berdarah yang mengharuskannya istirahat total. Oleh karena itu, sudilah kiranya Bapak/Ibu Guru Wali Kelas I memberikan izin.

Demikian surat izin yang kami buat, atas pemberian izin dan kebijaksanaan Bapak/Ibu Guru Wali Kelas saya ucapkan banyak terimakasih.

Hormat Saya,

Heru Sujatmoko

Contoh Surat Izin Permohonan Kuliah

PERMOHONAN IZIN KULIAH

Hal : Permohonan Izin Tidak Mengikuti Kuliah

Yth.
Bapak/Ibu Dosen Departemen Teknik Nuklir dan Teknik Fisika
Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada
di tempat

Dengan hormat,
saya yang bertanda tangan di bawah ini mahasiswa/iDepartemen Teknik Nuklir dan Teknik Fisika Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada Yogyakarta,

Nama : Andhika Seta Wibawa
NIM : 14/368802/TK/42590
Prodi : Teknik Fisika
Nomor HP : 085311301484

Bermaksud meminta izin untuk tidak mengikuti seluruh kegiatan perkuliahan dari 23 Januari – 13 Februari 2021.

Hal tersebut dikarenakan sedang menjalani kegiatan Kuliah Praktek di PT Adaro Indonesia selama satu bulan, dari tanggal 9 Januari –13 Februari 2021. Berkenaan dengan itu, jika selama masa acara ada kegiatan perkuliahan seperti quiz dan tugas, saya memohon izin untuk mengikuti quiz dan pengumpulan tugas susulan kepada Bapak/Ibu.

Demikian surat permohonan izin ini, atas perhatian dan izin yang diberikan, saya mengucapkan terimakasih.

Kelanis, 23 Januari 2021

Hormat Saya,

Andhika Seta

Penanggung jawab lapangan
PT Adaro Indonesia

Wibawa Sugeng Susilo

Baca Juga :

Demikain beberapa informasi yang dapat kami sampaikan mengenai penjelasan tentang surat izin. Bagi anda yang ingin membuatnya, anda bisa melihat beberapa contoh surat izin yang tertera di atas. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk anda, terimakasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *