Cara Membuat Orderan Untuk COD JNE

Cara COD JNE

Salah satu cara agar bisa melakukan pengiriman paket dengan sistem COD dari JNE adalah Anda harus sudah terdaftar di sistem COD Retail dari JNE Express. Bila Anda belum mengerti cara mendaftar di COD Retail, pada kesempatan sebelumnya kami sudah membahas mengenai JNE COD Retail Kirim Barang Tanpa Melalui Marketplace yang akan nyambung untuk pambahasan kali ini.

Apabila Anda baru terdaftar di JNE COD Retail mungkin Anda masih belum mengerti bagaimana caranya membuat orderan agar bisa mengirimkan paket via JNE dengan sistem COD atau bayar di tempat. Nah pada kesempatan kali ini kami akan memberikan panduan membuat orderan untuk menggunakan COD JNE.

Bacaan Lainnya

Cara Membuat Orderan COD JNE

Untuk membuat orderan, pastikan Anda sudah mempunyai akun di JNE Customers Self Service Systems atau https://cs3.jne.co.id/ dan Orion Application Reports atau https://oreco.jne.co.id/.

Syarat utama supaya Anda bisa menggunakan layanan COD Retail dari JNE adalah Anda sudah bisa mengakses kedua website dari JNE tersebut. Kedua website tersebut akan selalu berguna untuk Anda bila ingin melakukan transaksi secara COD kepada pelanggan menggunakan kurir JNE.

Langkah-Langkah Membuatkan Orderan

Apabila Anda mendapatkan orderan dari pelanggan kemudian Anda dan pelanggan sepakat untuk melakukan pembayaran di tempat atau secara COD maka layanan JNE COD Retail inilah yang akan Anda gunakan.

Nah untuk membuatkan orderan atas paket yang ingin Anda kirim dengan pembayaran COD ini ada tahapan-tahapan yang harus Anda lewati. Berikut ini adalah cara membuat orderan COD JNE yang perlu Anda ketahui.

1. Lakukan Input Transaksi

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk membuat transaksi COD JNE adalah login ke JNE Customers Self Service Systems atau https://cs3.jne.co.id/ dengan menggunakan username dan password yang tertera pada email pemberitahuan bahwa Anda sudah bisa menggunakan COD Retail.

Setelah berhasil login silahkan masuk ke menu Transaction lalu pilih yang Orders Manually.

Cara Membuat Orderan COD JNE RETAIL

Silahkan isi form order dengan data yang benar. Hal-hal yang perlu Anda isi adalah :

  • Shipper Name atau Nama Pengirim.
  • Receiver Name atau Nama Penerima.
  • Address 1,2,3 Silahkan isi dengan Alamat Lengkap Penerima.
  • Contact Name (PIC) bisa diisi dengan Nama Penerima.
  • Pada kolom City Name tuliskan kota tujuan pengiriman paket.
  • Phone atau nomor HP penerima yang aktif.
  • ZIP adalah kode pos penerima.
  • Province, tuliskan juga provinsi dari alamat penerima.
  • Untuk Reference Number silahkan klik tombol Create Reference untuk mendapatkannya. Apabila saat diklik tetap tidak tampil kode maka silahkan lakukan refresh halaman terlebih dahulu.
  • Untuk kolom Goods Type Anda bisa memilih apakah itu paket atau dokumen.
  • Pada bagian Goods Description silahkan jelaskan apa paket Anda. Apakah itu pakaian atau jenis yang lainnya.
  • Special Instruction Anda bisa menuliskan pesan khusus pada kolom ini. Misalnya kontrakan warna biru milik Bpk Jne.
  • COD Amount adalah total biaya dari harga barang dan tarif ongkir. Anda juga bisa menambahkan pajak 3% disini apabila ingin pajak COD tersebut ditanggung oleh pembeli.
  • Weight adalah berat dari paket Anda.
  • Qty atau Quantity adalah jumlah paket Anda.
  • Lalu pada bagian Choose Service silahkan pilih layanan pengiriman dari JNE. Misalnya OKE, REG, JTR, YES dan lain-lain.
  • Centang pada bagian Insurance apabila Anda ingin mengasuransikan paket Anda.
  • Centang Packing Kayu apabila Anda ingin menggunakan Packing Kayu.
  • Silahkan klik Calculate untuk melihat tarif ongkir dan total biaya.
  • Pastikan Goods Amount dan Shipping Charges sudah sesuai keinginan Anda.
  • Jika semua sudah sesuai silahkan klik tombol Process Now.

2. Print Airwaybill

Setelah mengisi formulir dan mengklik tombol Process Now maka Anda akan melihat Print Preview dari Airwaybill. Anda harus melihat ulang apakah ada kesalahan pada Airwaybill tersebut atau tidak.

Jika tidak ada kesalahan maka silahkan langsung saja Anda print atau cetak Airwaybill tersebut. Anda bisa langsung menekan CRTL + P untuk mencetak Airwaybill.

3. Tempelkan Airwaybill pada Paket

Setelah berhasil mencetak Airwaybill silahkan tempelkan hasilnya ke paket yang sudah Anda bungkus dengan rapi dan baik. Pastikan tulisan pada Airwaybill tetap terlihat karena untuk memudahkan kantor cabang JNE dalam melakukan input data dan pengiriman.

Anda bisa menggunakan lakban bening untuk menempelkan Airwaybill atau menggunakan cetak stiker sehingga tinggal menempelkannya saja.

4. Antarkan Paket ke Kantor Cabang JNE

Setelah paket sudah siap dan Airwaybill sudah ditempelkan silahkan antarkan paket tersebut ke kantor cabang JNE sesuai dengan yang Anda sebutkan saat mendaftar JNE COD Retail.

Data akan diinput seperti biasa dan jangan lupa untuk membayar ongkos kirimnya terlebih dahulu secara cash sambil menunggu bukti pengiriman.

Dengan begini Anda sudah berhasil membuat orderan dan sudah bisa mengirimkan paket dengan cara COD dan pembeli hanya menunggu barang sampai ke alamat tujuan lalu membayar lewat kurir.

Baca Juga : 4 Jenis Strategi Pemasaran Yang Sering Digunakan Dalam Bisnis

Setelah itu uang tersebut akan masuk ke akun Anda. Anda bisa menggunakan JNE Customers Self Service Systems untuk melacak paket Anda dan pembayaran yang dilakukan. Atau Anda juga bisa menggunakan Orion Application Reports untuk melihat transaksi pembayaran.

Mengenai uang dari COD ini akan secara otomatis ditransferkan ke rekening Anda setelah waktu tertentu sesuai dengan peraturan JNE COD Retail. Jadi Anda tidak perlu melakukan payout karena sudah secara otomatis akan dikirimkan ke rekening Anda yang sudah Anda daftarkan pada JNE COD Retail.

Dengan menggunakan JNE COD Retail memang uang akan lebih lama berputarnya atau nyangkut sebentar di JNE, akan tetapi dengan adanya layanan ini sangat memudahkan kita sebagai penjual untuk melakukan transaksi bayar di tempat yang juga memudahkan calon pembeli untuk segera melakukan pemesanan.

Nah itulah sedikit penjelasan mengenai cara menggunakan atau membuat orderan pada COD JNE atau JNE COD Retail yang bisa meningkatkan kualitas layanan toko kita serta dapat meningkatkan penjualan untuk transaksi secara online.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.