JNE Express COD Retail

Kirim Barang dengan JNE COD Retail Tanpa Melalui Marketplace

JNE Express mulai per tanggal 1 Juni 2020 sudah menyediakan fitur COD Retail dimana kita bisa melakukan pengiriman barang menggunakan ekspedisi JNE dengan pembayaran di tempat penerima.

Dengan adanya layanan seperti ini transaksi COD atau Cash On Delivery bisa dilakuan dimana saja bahkan antar pulau sekalipun.

COD sebelumnya dilakukan hanya untuk yang berlokasi cukup dekat dengan penjual saja dan tanpa perantara, sekarang beda kota pun tidak menjadi masalah lagi untuk melakuakan transaksi secara COD.

Mengingat masih banyak orang yang tidak bisa melakukan transfer atau males untuk melakukan transfer perihal jual beli online, terlebih lagi sekarang ini sudah semakin banyak penipuan dalam urusan jual beli online.

Untuk itu fitur COD ini sangat berguna banget buat transaksi online diluar marketplace. Dari pihak pembeli dengan melakukan bayar barang di tempat adalah pilihan yang lebih aman dari pada transfer duluan.

Maka dari itu, jika anda adalah penjual online mulai sekarang anda harus melirik jasa ekspedisi apa saja yang sudah menyediakan fitur COD ini.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai salah satu ekspedisi yaitu JNE Express yang sudah mempunyai layanan untuk COD.

Mengenal Layanan JNE Express – COD Retail

Syarat

Syarat-syarat ini hanya akan berlaku untuk penjual saja, karena pembeli hanya akan berperan untuk menerima dan membayar barang di tempat.

Jika anda sebagai penjual ingin menggunakan layanan COD Retail dari JNE, berikut ini adalah syarat yang harus dipenuhi :

Baca Juga : Cara Mendaftar JLC (JNE Loyalty Card) via Online dan GRATIS!!!

  1. Harus sudah terdaftar sebagai member JLC (JNE Loyalty Card) dalam waktu minimal 1 bulan berjalan.
  2. Mengisi formulir pendaftaran yang tersedia di Sales Counter JNE.
  3. Melampirkan fotocopy buku tabungan yang tertera nomer rekening yang masih aktif.
  4. Layanan ini berlaku untuk COD barang yang dikirimkan melalui Sales Counter JNE tempat anda mendaftar. Jadi kalau anda mendaftar COD Retail di Cabang JNE A maka untuk menggunakan layanan COD anda perlu datang ke Cabang JNE A.
JNE Express COD Retail

Ketentuan

Selain ada syarat wajib diatas anda juga harus tahu apa saja ketentuan dalam layanan COD Retail dari JNE Express ini.

  1. COD Retail berlaku untuk layanan pengiriman Reguler, OKE, dan JTR.
  2. COD Retail di prioritaskan untuk orang yang berjualan online diluar marketplace.
  3. Biaya COD hanya dikenakan untuk transaksi pengiriman yang terkirim atau sukses dengan bukti laporan Proof of Delivery (POD) pada sistem JNE.
  4. Biaya kirim, asuransi, packing dibayar pada saat proses pengiriman. Jadi pengirim akan tetap membayar ongkir terlebih dahulu pada saat mengirimkan barang.
  5. Maksimal harga barang yang diperbolehkan menggunakan layanan COD Retail per transaksi atau per alamat adalah Rp 5.000.000
  6. Jika harga barang lebih mahal 10 kali dari ongkos kirim maka barang tersebut wajib diasuransikan.
  7. Uang yang akan dibayarkan JNE ke anda jika transaksi sukses adalah harga barang + ongkir yang telah dikurangi dengan biaya COD Retail. (Biaya ongkir dan biaya COD adalah 2 hal yang berbeda).
  8. Paket yang gagal dikirim akan dikembalikan ke pengirim atau anda setelah mendapatkan konfirmasi ke alamat yang anda tentukan. Dan jika anda tidak memberikan intruksi pengembalian maka akan berlaku penanganan kiriman undelivery yang berlaku di JNE.
  9. Layanan COD Retail bisa dibayar menggunakan uang cash atau digital.

Syarat & Ketentuan perlu anda pahami dengan baik sebelum menggunakan layanan JNE COD Retail ini. Jika tidak keberatan dengan syarat dan ketentuan yang ada maka silahkan dilanjutkan.

Terlebih lagi layanan COD untuk kedepan sepertinya akan selalu diperlukan bagi para penjual online.

Baca Juga : Strategi Meningkatkan Penjualan dengan WA Marketing

Kelebihan Layanan COD

Kelebihan layanan COD untuk pembeli adalah tidak perlu transfer uang duluan sehingga terhindar dari resiko penipuan online karena barang bisa dibayar di rumah serta menggunakan uang cash.

Kelebihan layanan COD untuk penjual adalah bisa meningkatkan penjualan atau pesanan produk yang anda jual karena pembeli sudah semakin mudah untuk melakukan pembelian.

Semakin banyak pembeli yang dimudahkan maka keuntungan atau omset anda bisa naik atau lebih banyak dari biasanya.

Kerugian Layanan COD

Sementara itu kemungkinan kerugian layanan COD yang akan diterima adalah penjual mengalami kerugian mambayar ongkos kirim jika pembeli tidak mau membayar atau membatalkan pesanan yang mereka lakukan.

Untuk di pihak yang lain layanan COD bisa digunakan sebagai modus penipuan dimana kita tidak pernah memesan barang namun tiba-tiba ada paketan atas nama kita yang belum dibayar.

Baca Juga : 5 Cara Bisnis Online Bagi Pemula

Dengan adanya layanan COD Retail dari JNE ini yang pasti akan semakin memudahkan perkembangan bisnis online dan bisa membantu mereka yang berjuang mencari nafkah melalui bisnis online.

Bahkan kedepannya nanti penjual online akan lebih memilih untuk membuka toko online sendiri dan meninggalkan marketplace yang cenderung perang harga.

Saya adalah penulis dan pemilik pencarinafkah.com, blogger asal Klaten Jawa Tengah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.