Cara Membuat Kwitansi Pembayaran Secara Gampang!

Cara Membuat Kwitansi Pembayaran
Sumber: https://www.pexels.com/photo/person-using-a-computer-and-holding-a-credit-card-and-receipts-4968390/

Kwitansi sangatlah penting guna menjadi bukti pembayaran suatu barang atau jasa. Cara membuat kwitansi pembayaran bisa Anda lakukan melalui beberapa cara. Hal ini penting untuk Anda perhatikan. Bukti pembayaran salah satu elemen penting dalam laporan keuangan. Maka dari itu, kwitansi harus Anda buat secara baik dan benar. Ini penjelasan lengkapnya!

Hal-Hal Penting Dalam Ketika Membuat Kwitansi Pembayaran

Sebelum mengetahui cara membuat kwitansi pembayaran, terdapat beberapa elemen penting yang harus Anda perhatikan. Kwitansi yang baik dan benar memuat elemen-elemen di bawah ini:

Bacaan Lainnya

1. Nomor

Pertama, kwitansi harus memperhatikan bagian “Nomor”. Bagian nomor pada kwitansi merupakan bagian yang harus diisi dengan tanggal dan nomor urut kwitansi yang digunakan. Elemen yang satu ini sangat penting guna melakukan identifikasi transaksi secara mudah.

Input nomor urut sesuai kwitansi yang telah Anda keluarkan. Selanjutnya, jangan lupa sertakan tanggal transaksi yang terjadi. Dengan demikian, Anda pun bisa menyajikan bukti transaksi yang akurat.

2. Telah Diterima dari

Dalam kwitansi juga harus terdapat elemen “Telah Diterima dari”. Bagian ini pun tidak kalah penting guna mengetahui nama atau instansi pemberi uang. Umumnya Anda harus mencantumkan nama lengkap pemberi uang .

3. Jumlah

Hal penting lainnya dalam kwitansi pembayaran yakni jumlah pembayaran. Pada bagian ini diharuskan untuk menginput nominal yang sesuai. Tuliskan jumlah dengan angka dan juga huruf. Input nominal secara benar. Inilah bagian yang sangat sensitif dalam suatu kwitansi. Maka dari itu harus diinput secara teliti.

4. Tujuan

Selain itu, jangan lupa untuk mencantumkan tujuan pembayaran. Apakah pembayaran tersebut untuk membayar barang atau jasa. Elemen kwitansi bagian ini mencakup informasi yang berhubungan dengan pembayaran.

5. Stempel

Elemen penting lainnya yang harus ada dalam kwitansi yakni stempel. Bagian ini akan meningkatkan legalitas kwitansi yang dibuat. Lebih baik lagi jika menggunakan materai yang berlaku saat ini. Bubuhkan stempel di bagian akhir atau di antara tanda tangan pemberi dan penerima.

Baca Juga: Pentingnya Kwitansi Pembelian Motor Dan Mobil Bekas

Cara Membuat Kwitansi Pembayaran Via Word

Dengan mengetahui elemen penting dalam kwitansi, Anda pun bisa membuatnya secara benar. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan yakni membuat kwitansi via word. Langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut:

  • Bukalah MS. Word pada PC yang Anda gunakan
  • Atur ukuran kertas pada menu page layout dan pilih A6
  • Masukkan setiap elemen penting dalam kwitansi
  • Untuk bagian isi, bisa disajikan dalam bentuk tabel, jika barang yang dibeli dalam jumlah banyak.
  • Jangan lupa sertakan tanda tangan pemberi dan penerima serta stempel yang berkaitan.

Cara Membuat Kwitansi Pembayaran Via Aplikasi Digital

Cara Membuat Kwitansi Pembayaran
Sumber: https://www.pexels.com/photo/an-employee-using-a-payment-terminal-6684788/

Alternatif lainnya untuk membuat kwitansi bisa melalui aplikasi digital. Kini, aspek apa pun mulai beralih menuju digital. Begitu halnya dengan kwitansi yang bisa Anda buat dengan aplikasi yang mendukung. Cara membuat kwitansi pembayaran via aplikasi digital, bisa melalui aplikasi berikut:

1. Cash Receipt

Pertama, Anda bisa menggunakan aplikasi Cash Receipt. Cara membuat kwitansi pembayaran melalui aplikasi ini didukung dengan berbagai fitur yang menarik. Tampilannya pun sangat simple, sehingga Anda akan lebih mudah menggunakannya.

Kwitansi yang Anda buat pada aplikasi ini akan berbentuk PDF atau pun file berformat xls. Selanjutnya, kwitansi bisa Anda cetak atau pun dikirimkan langsung via WhatsApp atau pun email yang bersangkutan.

2. Cetak Kwitansi Super Mudah

Alternatif lainnya untuk membuat kwitansi yakni melalui Cetak Kwitansi Super Mudah. Jenis aplikasi kwitansi yang satu ini disuguhkan untuk para instansi maupun perorangan yang ingin membuat kwitansi secara mudah.

Fitur yang disuguhkan mendukung pengguna untuk mencetak kwitansi melalui printer khusus. Ukuran aplikasi ini sangatlah rendah, sehingga tidak akan memenuhi penyimpanan internal Anda.

3. Faktur & Estimasi

Cara membuat kwitansi pembayaran juga bisa Anda lakukan via aplikasi Faktur & Estimasi. Anda bisa menggunakan aplikasi ini di Android maupun laptop. Bisa menyesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pengguna.

Aplikasi ini bisa Anda gunakan secara free alias gratis. Kwitansi yang sudah jadi bisa Anda simpan dalam bentuk file sesuai kebutuhan. Selanjutnya, bisa dikirimkan langsung pada pihak yang berkaitan dalam bentuk file atau pun versi cetak.

4. Faktur dan Penerimaan

Anda juga bisa mencoba aplikasi Faktur dan Penerimaan untuk membuat kwitansi. Jenis aplikasi yang satu ini mendukung transaksi yang menggunakan mata uang asing. Selain pembayaran sesuai barang atau jasa yang dipilih, Anda akan diberikan tambahan biaya untuk pajak.

Aplikasi ini sangat direkomendasikan untuk pebisnis yang klien-nya berasal dari berbagai macam Negara. Anda pun akan lebih mudah melakukan transaksi disertai bukti resmi yang bisa dipertanggungjawabkan.

5. Invoice & Quotation

Aplikasi lainnya yang bisa digunakan untuk membuat kwitansi yakni Invoice & Quotation. Cara membuat kwitansi pembayaran via aplikasi ini bisa dilakukan secara mudah. Anda bisa memilih template yang sesuai dengan kebutuhan.

Dalam berbagai transaksi yang dilakukan saat ini, kwitansi digital sangatlah populer. Anda pun bisa membuatnya secara praktis dan fleksibel. Selanjutnya, kwitansi yang sudah jadi bisa dicetak atau pun disuguhkan dalam versi digital.

6. Invoice Maker & Billing App

Butuh aplikasi yang ringan untuk membuat kwitansi? Anda bisa menggunakan Invoice Maker & Billing App. Jenis aplikasi kwitansi yang memiliki ukuran terjangkau tanpa khawatir memori penuh.

Anda bisa membuat kwitansi secara mudah. Di dalamnya terdapat suguhan fitur yang menarik, mencakup bahasa yang beragam, hingga bentuk file kwitansi. Hal ini akan memudahkan pengguna ketika mengaplikasikannya guna membuat kwitansi yang baik dan benar.

7. Kwitansi Digital

Selanjutnya, cara membuat kwitansi pembayaran lainnya bisa melalui Kwitansi Digital. Salah satu aplikasi kwitansi yang bisa membantu Anda membuat bukti transaksi secara sah. Kwitansi yang dibuat bisa didapatkan secara digital ataupun versi cetak. Namun, untuk pencetakannya membutuhkan printer khusus.

Pada aplikasi tersebut, Anda bisa membuat kwitansi secara mudah. Pastikan setiap elemen kwitansi dimuat secara lengkap. Hal ini sebagai salah satu langkah untuk bisa menyajikan bukti transaksi secara baik dan benar.

8. Receipt & Invoice

Jika masih bingung, Anda bisa menggunakan aplikasi Receipt & Invoice. Cara membuat kwitansi pembayaran via aplikasi ini sangat direkomendasikan untuk para pebisnis. Di dalamnya, Anda bisa menambahkan tanda tangan, nama toko/ perusahaan hingga logo perusahaan terkait.

Anda juga berkesempatan menyimpan file kwitansi dalam bentuk PDF/ Excel. Simpanlah file kwitansi dalam bentuk yang Anda inginkan. Secara pasti, Anda harus bisa menyimpan bukti transaksi guna memudahkan dalam laporan keuangan.

Baca Juga: Ternyata Begini Cara Broadcast di WhatsApp Bisnis

Demikianlah informasi terkait cara membuat kwitansi pembayaran secara gampang. Anda bisa membuatnya dengan menggunakan cara lama atau pun dengan bantuan teknologi saat ini. Pilihlah cara yang paling tepat dengan situasi dan kondisi yang Anda hadapi. Selamat mencoba!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.