Ternyata Begini Cara Broadcast di WhatsApp Bisnis

cara broadcast di whatsapp bisnis
Sumber: https://www.pexels.com/

Semakin canggihnya teknologi, hal ini membuat semua kebutuhan dapat dilakukan dengan mudah. Bahkan kini sudah banyak pengembang aplikasi yang menyediakan platform untuk membantu manusia dalam setiap kebutuhan sehari-hari, salah satunya di bidang bisnis. Aplikasi WhatsApp yang terkenal sebagai aplikasi chatting kini hadir dengan WhatsApp Business, tetapi tahukah Anda bagaimana cara broadcast di WhatsApp bisnis?

Aplikasi chat WhatsApp yang hadir dalam versi bisnis kini banyak digandrungi oleh pengguna karena dinilai mampu membantu dalam berbisnis. Anda pun bisa mendapatkan aplikasi jenis ini secara gratis di Android ataupun iOS. Pengembang aplikasi WhatsApp Business menyediakan fitur khusus untuk memenuhi kebutuhan penjual, sehingga sangat cocok digunakan untuk Anda dalam berkomunikasi dengan pembeli.

Bacaan Lainnya

Nah sebelum membahas lebih jauh tentang cara broadcast di WhatsApp bisnis, pada kesempatan kali ini kami akan mengupas habis tentang WhatsApp Business mulai dari fungsi, fitur, keunggulan, hingga cara daftarnya. Penasaran apa saja informasinya? Langsung saja yuk simak ulasan berikut ini.

Sumber: https://unsplash.com/photos/5BG-9id-A6I

Fungsi dan Fitur WhatsApp Bisnis

Aplikasi chat WhatsApp Business hadir khusus untuk pengguna yang memiliki bisnis dan ingin lebih dekat dengan pembeli dalam berkomunikasi. Nah untuk memaksimalkan penggunaan aplikasi ini, sebaiknya Anda pahami terlebih dulu apa saja fungsi dan fitur WhatsApp Business.

WhatsApp Business merupakan aplikasi yang dapat secara gratis diunduh dan tersedia di Android serta iOS. Aplikasi ini didesain untuk pemilik bisnis kecil atau UMKM. Dengan menggunakan WhatsApp Business, diharapkan Anda mampu berinteraksi secara maksimal dengan pelanggan menggunakan berbagai fitur WA bisnis seperti menyortir, mengautomasi, dan membalas pesan dengan cepat.

Dibalik itu, aplikasi WhatsApp Business sama saja seperti aplikasi chat pada umumnya. Anda dapat menggunakannya untuk mengirim pesan, foto, video, hingga voice note. Karena memiliki fitur khusus untuk penjual, sehingga bagi Anda yang tidak memiliki bisnis sebaiknya jangan menggunakan aplikasi ini. Anda tetap bisa menggunakan WhatsApp Messenger.

Adapun beberapa fitur yang saat ini dikembangkan oleh WhatsApp Business guna membantu penjual adalah sebagai berikut ini:

1. Profil Bisnis

Seperti yang sudah kami bahas sebelumnya, WhatsApp Business memang dikhususkan untuk memulai bisnis. Sehingga fitur utama yang dapat Anda gunakan adalah profil bisnis. Anda bisa mencantumkan informasi penting terkait bisnis yang sedang dijalankan seperti alamat, situs website, hingga email.

2. Label

Selain profil bisnis, Anda juga bisa menggunakan fitur WhatsApp Business gratis lainnya yaitu label. Fitur ini berfungsi untuk mengorganisasikan dan menemukan pesan atau chat dengan mudah. Dengan adanya fitur ini Anda tidak perlu repot lagi mencari pesan dari pelanggan karena bisa disortir menggunakan label. Menarik bukan?

3. Pesan Otomatis

Berkualitas atau tidaknya sebuah usaha bisnis bisa dinilai dari bagaimana penjual merespon pesan dari pembeli. Untuk membantu Anda meningkatkan citra di mata pelanggan, WhatsApp Business hadir dengan fitur menarik seperti pesan otomatis atau quick replies yang digunakan agar dapat merespon pelanggan dengan cepat menggunakan bot.

4. Katalog

Tidak hanya quick replies yang berguna untuk membalas pesan pelanggan dengan cepat, WhatsApp Business juga hadir dengan katalog yang dapat menampilkan foto produk yang Anda jual. Tidak tanggung-tanggung, jumlah katalog yang dapat ditampilkan hingga 500 foto. Hal ini tentunya bermanfaat untuk menunjukan produk yang Anda pasarkan dengan mudah agar diketahui oleh pelanggan.

5. Short Link

Saat menggunakan aplikasi chat WhatsApp Business, Anda bisa membagikan short link kepada pembeli. Fungsi dari short link ini adalah agar pembeli dapat langsung memulai pesan dengan Anda. Link ini dapat langsung Anda buat secara otomatis saat membuat akun bisnis di aplikasi WhatsApp Business.

6. Broadcast

Fitur yang masih menjadi pertanyaan tentang WhatsApp bisnis adalah fitur broadcast. Meskipun masih jarang digunakan oleh pengguna, tetapi fitur yang satu ini sangat bermanfaat dan dapat memudahkan Anda untuk mengirim pesan ke semua kotak yang Anda miliki dengan sekali kirim. Untuk menggunakan fitur ini Anda harus tahu bagaimana cara broadcast di WhatsApp bisnis.

Keunggulan WhatsApp Bisnis

WhatsApp Business hadir memberikan kemudahan untuk penggunanya. Adapun beberapa keunggulan aplikasi yang satu ini adalah:

  • Membuat komunikasi lebih mudah antara penjual dengan pelanggan
  • Terpercaya karena dikembangkan oleh web developer resmi dan ternama
  • Memudahkan Anda untuk mempromosikan produk usaha yang dijual

Nah setelah mengetahui apa saja fungsi fitur dan keunggulan yang ada di dalam aplikasi chat WhatsApp Business. Sekarang giliran Anda untuk menjadi bagian dari aplikasi ini guna meningkatkan penjualan bisnis yang sedang dirintis. Lalu, bagaimana cara daftar di WhatsApp Business?

Cara Daftar WhatsApp Business

Untuk menggunakan semua fitur yang ada di aplikasi WhatsApp Business, Anda harus daftar terlebih dulu. Untuk itu, yuk ikuti cara daftar WhatsApp Business berikut ini.

  1. Unduh aplikasi WhatsApp Business di Play Store khusus Android atau App Store untuk pengguna iOS
  2. Masuk ke aplikasi dan lakukan registrasi nomor telepon. Pastikan menggunakan nomor telepon aktif
  3. Izinkan aplikasi untuk mengakses kontak dan foto pada device Anda
  4. Selanjutnya Anda bisa langsung membuat profil akun bisnis dengan memasukan informasi seperti nama toko, kategori bisnis, hingga foto profil
  5. Lengkapi semua profil bisnis
  6. Akun WhatsApp Business sudah siap digunakan

Jika dilihat dari cara daftar aplikasi WhatsApp Business di atas, tentunya terbilang mudah bukan? Sekarang Anda bisa memanfaatkan semua fitur yang ada dengan maksimal. Dari sekian banyak fitur yang ada, fitur broadcast sering kali tidak dimaksimalkan dengan baik karena kebanyakan pengguna tidak tahu bagaimana cara broadcast di WhatsApp bisnis.

Baca Juga: Memindahkan WhatsApp ke HP Baru Tanpa Menghilangkan Data & Chat

Cara Broadcast di Whatsapp Bisnis Paling Mudah

Sebelum langsung membahas cara broadcast di WhatsApp bisnis, tahukah Anda bahwa fitur broadcast ini memiliki keunggulan dan manfaat yang luar biasa untuk mempermudah urusan Anda dalam berbisnis. Layanan ini memberikan beberapa keunggulan seperti:

  • Untuk menyebarkan pengumuman terkait bisnis dengan cepat dan mudah
  • Mempersingkat waktu mengirim pesan banyak pengguna bahkan hingga ratusan
  • Interaksi langsung dengan pelanggan
  • Mudah dan murah

Selain memiliki keunggulan untuk penggunanya, ternyata layanan broadcast ini juga memiliki sejumlah syarat agar bisa digunakan. Tentunya syarat untuk mengirim pesan masal ini tidak sulit. Anda hanya perlu menyimpan semua nomor dalam satu perangkat, lalu batas limit mengirim pesan massal hanya bisa ke 256 kontak sekaligus. Menariknya jumlah pesan yang Anda kirimkan tidak dibatasi sehingga Anda bisa mengirim banyak pesan ke pelanggan.

Tahukah Anda ternyata cara broadcast di WhatsApp bisnis cukup mudah. Sangat disayangkan jika Anda tidak memaksimalkan fitur yang satu ini. Nah untuk membantu Anda menggunakan layanan ini Anda wajib mengikuti cara broadcast di WhatsApp bisnis di bawah ini.

  1. Buat list kontak broadcast
  2. Buat template pesan broadcast
  3. Kirim pesan broadcast ke semua kontak yang sudah Anda masukan ke dalam list

Nah sekarang Anda sudah tahu bagaimana cara broadcast di WhatsApp bisnis. Oleh karena itu, yuk segera daftarkan diri Anda menjadi penjual di WhatsApp Business guna meningkatkan penjualan bisnis. Jangan lupa untuk mengikuti cara broadcast di WhatsApp bisnis di atas untuk memanfaatkan fitur broadcast dengan maksimal. Bagaimana menurut Anda?

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.