Cara Melamar Lewat Linkedin dengan Easy Apply

Apply
Sumber: https://pixabay.com/

Dunia internet saat ini mempermudah aktivitas seseorang, termasuk dalam mencari pekerjaan. Salah satu cara yang bisa mempermudah melamar kerja, yaitu dengan melalui Linkedin. Banyak kemudahan yang bisa Anda dapatkan saat melamar pekerjaan melalui internet yang bisa diakses dimana saja. Berikut ini cara melamar lewat Linkedin dengan mudah.

Cara Melamar Lewat Linkedin

Cara Melamar Lewat Linkedin
Sumber: https://pixabay.com/photos/job-interview-handshake-hiring-4131482/

Linkedin adalah sebuah website juga aplikasi yang mempermudah pelamar untuk berhubungan dengan perusahaan. Mulai dari mengikuti seminar, informasi baru perusahaan, sampai melamar pekerjaan bisa dengan mudah. Berikut ini cara melamar lewat Linkedin dengan fitur Easy Apply.

Bacaan Lainnya

1. Pastikan Akun Sudah Lengkap

Sebelum mengajukan lamaran kerja ke suatu perusahaan, pastikan akun Linkedin yang Anda miliki sudah lengkap data diri. Sebab, hal utama yang diperlukan saat melamar pekerjaan lewat internet adalah kelengkapan data yang perlu diisi.

Akun Linkedin yang lengkap bisa mempermudah Anda menjangkau banyak orang yang membutuhkan pelamar. Bahkan, Anda bisa mendapatkan tawaran langsung untuk bergabung di suatu perusahaan dengan visi dan misi yang sama.

2. Buat Resume

Resume atau CV adalah berkas yang harus dimiliki setiap pelamar kerja untuk bergabung di sebuah perusahaan. Bukan hanya melalui offline saja, ternyata untuk melamar kerja lewat online juga memerlukan Resume.

Ketika data pada akun Linkedin sudah lengkap, hal yang perlu Anda lakukan adalah membuat resume dan menguploadnya. Buat semenarik mungkin dan sesuai dengan bidang pekerjaan yang Anda inginkan.

Pada Linkedin Resume yang di-upload bisa Anda bagikan ke seluruh pemilik akun yang mengikuti Anda. Hal ini mempermudah para penerima pelamar untuk mencari yang sesuai dengan kandidat.

Baca Juga: 6 Cara Buat Email Lamaran Kerja Yang Baik dan Menarik

3. Klik Posisi Pekerjaan

Jika semua data dan berkas pada Linkedin lengkap. Mencari pekerjaan yang sesuai bisa dengan isi kolom search dengan kata kunci posisi perusahaan yang Anda inginkan.

Selain itu saat mencari pekerjaan yang Anda inginkan bisa juga menggunakan filter pencarian yang sesuai. Penggunaan filter bisa mempermudah untuk mencari perusahaan yang tepat dengan kualifikasi.

Cara melamar lewat Linkedin dengan Easy Apply yang akan mengarahkan Anda ke website perusahaan. Untuk mencari posisi pekerjaan yang sekiranya Anda butuhkan bisa dengan klik posisi pekerjaan untuk mencari kualifikasi yang sesuai.

Linkedin juga akan mengarahkan Anda ke website milik perusahaan jika melamar diluar dari Linkedin.

4. Klik Melamar Mudah/Terapkan

Jika menggunakan Easy Apply, pelamar bisa langsung memberikan data yang dibutuhkan untuk mengajukan lamaran di posisi perusahaan yang sesuai dengan kualifikasi. Hal itu bisa mempersingkat waktu yang dibutuhkan dalam melakukan lamaran pekerjaan.

5. Masukkan Informasi

Jika sudah klik Easy Apply atau Apply Now pada Linkedin, pelamar akan diberikan popup untuk mengisi informasi tambahan yang diperlukan untuk diketahui perusahaan. Informasi tersebut bisa diisi dengan salam dan perkenalan. Selanjutnya, pelamar juga bisa mengisi keahlian mendukung dalam mempermudah pembacaan CV.

Pengisian informasi yang diperlukan memiliki batasan jumlah kata. Sehingga para pelamar harus mengisi dengan kata yang sesuai agar memperlihatkan minat dan keseriusan dalam bergabung di suatu perusahaan.

6. Klik Tinjau

Jika informasi yang diberikan pada pop-up sudah diisi dengan tepat, langkah selanjutnya dengan klik Tinjau pada Linkedin. Tahap ini dilakukan untuk memperbaiki lamaran yang diajukan sudah sesuai dengan harapan.

Tahap ini adalah bagian akhir sebelum lamaran di kirim ke perusahaan. Sebaiknya pelamar harus membaca kembali dengan teliti. Hindari kesalahan kata pengetikan dan informasi yang belum diperlukan dalam pengajuan lamaran.

7. Klik kirim

Jika proses tinjau selesai, proses terakhir adalah mengirim lamaran yang sudah dibuat ke perusahaan. Klik kirim aplikasi untuk pengiriman berkas lamaran dengan mudah melalui Linkedin. Jika kualifikasi yang dimiliki sesuai dengan kebutuhan perusahaan, pelamar akan dihubungi oleh pihak perusahaan.

Baca Juga: Cara Melamar Kerja Lewat JobStreet. Lengkap dengan Gambar

Cara melamar lewat Linkedin sangat mudah dilakukan dan menambah jaringan pekerjaan untuk posisi yang tepat. Setelah melamar pekerjaan, pelamar akan diberikan notifikasi terkait lamaran yang diajukan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.