6 Cara Buat Email Lamaran Kerja Yang Baik dan Menarik

Cara Buat Email Lamaran Kerja Menarik
Sumber : https://pixabay.com/id/

Cara buat email lamaran kerja memang terlihat gampang. Langkah-langkahnya hanya menyiapkan berkas, menulis body email, melampirkan berkas kemudian kirim. Namun jika Anda hanya asal-asalan dalam membuat lamaran kerja via email atau yang penting terkirim ke email perusahaan maka ini adalah prinsip yang kurang tepat.

Dalam membuat email lamaran kerja ada poin-poin penting yang harus Anda siapkan dengan sebaik mungkin agar lamaran Anda menjadi menarik. Nah pada kesempatan kali ini kami akan membahas poin-poin cara buat email lamaran kerja yang baik dan menarik.

Bacaan Lainnya

Cara Buat Email Lemaran Kerja Menarik

Langsung saja berikut ini adalah beberapa poin penting yang harus Anda ingat jika ingin membuat lamaran kerja email yang baik dan menarik supaya cepat mendapatkan panggilan dari perusahaan yang Anda lamar.

Cara Buat Email Lamaran Kerja
Sumber : https://www.pexels.com/id-id/

1. Gunakan Alamat Email Yang Baik

Silahkan ingat baik-baik nama email apa yang sering Anda gunakan untuk mengirimkan email lamaran kerja. Jika alamat email yang Anda gunakan terasa kurang sopan maka gunakan alamat email yang lebih baik.

Contoh alamat email yang baik adalah misalkan nama Anda Adika Frisky maka alamat email Anda bisa seperti ini; adikafrisky@gmail.com, atau boleh menggunakan tambahan angka seperti; adikafrisky0022@gmail.com.

Jadi jangan pernah menggunakan alamat email yang ngawur untuk lamaran kerja seperti; akucintadia@gmail.com atau alamat-alamat email ngawur lainnya.

2. Beri Nama File Lamaran

Tentu saja Anda harus menyiapkan berkas atau dokumen untuk melamar lewat email. Apabila dokumen atau berkas-berkas Anda sudah menjadi file jangan lupa untuk mengubah formatnya menjadi .pdf (kecuali pas foto bisa menggunakan format .jpg). Selain itu Anda juga harus memberi nama setiap file yang akan digunakan untuk membuat lamaran pekerjaan lewat email.

Anda bisa memberi nama file tersebut dengan format “Nama Anda_Nama file” Jadi contohnya begini; ” Surat Pengalaman Kerja_Adika Frisky” atau bisa juga dibalik seperti “Adika Frisky_CV”.

Dengan memberi nama file seperti ini Anda dapat mengecek kembali apakah semua berkas yang perlu dilampirkan tidak ada yang terlewat. Di sisi yang lain HRD juga dapat mengecek berkas Anda dengan mudah.

3. Tuliskan Subject dengan Jelas

Masih sering kami temui bahwa ternyata ada banyak orang yang masih bingung untuk menuliskan subject saat membuat lamaran kerja lewat email. Pada bagian subject, bisa Anda isi dengan format “Lamaran Kerja_(Pekerjaan yang Anda lamar)”.

Misalkan contohnya begini ; “Lamaran Kerja_(Quality Control)”.

4. Mengisi Body Email dengan Baik dan Menarik

Sama halnya seperti kita buat lamaran kerja tulis tangan, lamaran kerja lewat email juga perlu menggunakan kata-kata yang harus disampaikan. Nah di bagian body email Anda bisa menggunakan kata-kata untuk melamar kerja lewat email.

Kata-kata untuk melamar kerja lewat email di bagian body email sudah kami sampaikan pada artikel sebelumnya. Silahkan kunjungi link berikut untuk mendapatkan penjelasan yang lebih rinci.

Baca Juga : Contoh Body Email Lamaran Kerja Fresh Graduate dan Berpengalaman

5. Menggunakan Bahasa Yang Formal

Dalam menyampaikan kata-kata untuk melamar kerja lewat email maka Anda harus menggunakan bahasa yang formal. Jadi kalau Anda menggunakan bahasa Indonesia maka Anda harus menggunakan bahasa Indonesia yang formal begitu juga jika Anda melamar menggunakan bahasa Inggris maka Anda juga perlu menulisnya dengan formal.

Baca Juga : Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris dan Panduan Membuatnya

6. Rekomendasi Waktu Untuk Mengirimkan Email

Apabila Anda ingin mengirimkan email ke perusahaan yang Anda lamar maka sebaiknya kirimkan pada saat hari dan jam kerja. Anda bisa mengirimkannya pada jam 10.00 sampai 11.00 dan 14.00 sampai 15.00.

Kecuali dalam pengumuman lowongan yang ingin Anda lamar menyebutkan waktu untuk mengirimkan lamaran maka Anda harus mengikuti pengumuman tersebut.

Baca Juga :

Nah setidaknya itulah hal-hal yang bisa kami sampaikan kepada Anda apabila ingin membuat lamaran lewat email. Semoga dengan adanya artikel ini Anda segera mendapatkan panggilan dari perusahaan serta mendapatkan pekerjaan dengan cara melamar lewat email.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.