Berapa Lama Nunggu Panggilan Kerja?

Berapa Lama Nunggu Panggilan Kerja

Berapa lama panggilan kerja setelah melamar? Tidak ada waktu yang pas dan tepat untuk menjawab pertanyaan berapa lama nunggu panggilan kerja setelah kita mengirimkan lamaran ke sebuah perusahaan. Akan tetapi sebagai situs yang menarik, Pencarinafkah.com akan mencoba memberikan jawaban yang semoga dapat Anda pahami dengan baik.

Memang benar hal yang paling membosankan saat mencari pekerjaan adalah menunggu panggilan. Sehingga tidak sedikit orang yang bertanya kapan atau berapa lama kita akan mendapatkan panggilan kerja setelah mengirimkan lamaran di lowongan kerja.

Bacaan Lainnya

Berapa Lama Nunggu Panggilan Kerja Setelah Melamar?

 Sebelumnya kami ingin menyampaikan bahwa ada banyak sekali cara untuk melamar sebuah pekerjaan. Nah setiap cara yang dapat digunakan untuk melamar pekerjaan tersebut mempunyai jawaban masing-masing mengenai waktu panggilan kerja. 

Berikut kami akan mengelompokkan berbagai cara yang sering digunakan untuk melamar kerja sehingga kami dapat memberikan jawaban atas pertanyaan berapa lama nunggu panggilan kerja.

1. Melamar Lewat POS

Melamar pekerjaan melalui jasa POS untuk mengirimkan dokumen kita ke sebuah perusahaan adalah hal yang dulunya sering dilakukan. Meski sekarang sudah mulai terlupakan namun kami yakin masih banyak lowongan kerja yang mau menerima dokumen lamaran kerja yang dikirim melalui POS.

Kemudian waktu mendapatkan panggilan kerja setelah mengirimkan surat lamaran adalah bisa berbeda-beda. Ada yang baru 3 hari sudah mendapatkan panggilan kerja dan ada yang sampai 6 bulan baru mendapatkan panggilan kerja. Bahkan ada juga yang bertahun-tahun tidak mendapatkan panggilan kerja.

Namun umumnya panggilan kerja jika melamar lewat POS ini adalah 1 sampai 2 minggu untuk yang tergolong cepat. Kemudian setelah itu kebanyakan harus nunggu 1 bulan dan 3 bulan. Jika sudah lebih dari 3 bulan maka hal ini sudah kami anggap terlalu lama meski masih ada harapan untuk mendapatkan panggilan.

2. Melamar Melalui Email

Jika Anda melamar kerja melalui email atau mengirimkan lamaran ke berbagai alamat HRD perusahaan sekaligus supaya lebih menjangkau lebih banyak perusahaan dalam sekali melamar. Estimasi berapa lama Anda harus nunggu mendapatkan panggilan kerja sama seperti melalui POS yaitu bisa hanya 1 sampai 2 minggu saja dan bisa juga dalam hitungan bulan.

Namun berbeda hasilnya jika Anda melamar ke sebuah perusahaan setelah melihat informasi lowongan kerja dari perusahaan tersebut dengan batas waktu yang telah ditentukan.

Jadi misalkan Pencarinafkah.com sedang membuka lowongan kerja pada bulan Agustus kemudian CV diminta untuk dikirim ke alamat email perusahaan maka Anda hanya butuh waktu maksimal 1 bulan untuk mendapatkan panggilan kerja.

Baca Juga: 235 Alamat Email HRD Perusahaan

3. Melamar Melalui Website

Sudah banyak perusahaan yang mempunyai website rekrutmen sendiri. Atau jika tidak ada juga website dari pihak kedua. Ciri-ciri lowongan kerja di website yang panggilannya cepat adalah yang mempunyai deadline waktu melamar.

Jadi kalau ada lowongan kerja di website perusahaan menggunakan batas waktu melamar maka panggilan biasanya hanya berselang 3 hari sampai 1 minggu saja dari batas waktu melamar.

Untuk website rekrutmen perusahaan yang tidak menggunakan deadline atau setiap saat bisa melamar biasanya panggilan setelah 1 bulan atau lebih dari saat kita melamar.

4. Melamar Lewat BKK

Melamar kerja lewat BKK cenderung lebih cepat mendapatkan panggilan kerja karena pada saat kita melamar kita juga bisa mengetahui kapan jadwal tes dari lowongan kerja tersebut. Jadi tidak heran kenapa BKK menjadi salah satu tempat favorit untuk mencari kerja khususnya bagi yang lulusan SMA / SMK dan sederajat.

Baca Juga: Cara Daftar Online BKK Karawang

5. Melamar Lewat Yayasan

Selain BKK ada juga yayasan yang bisa Anda kunjungi apabila ingin mendapatkan panggilan kerja dalam waktu yang cepat. Anda harus memilih yayasan yang benar-benar terpercaya saat mencari kerja karena ada juga yayasan yang kurang profesional menurut kami.

Sedangkan kelemahan melamar kerja lewat BKK dan Yayasan adalah mereka hanya menyediakan lowongan kerja dari perusahaan yang bekerjasama dengan mereka saja.

Baca Juga: Apa Itu Yayasan Kerja, Sistem dan Untung Ruginya

6. Melamar Lewat JobStreet

Ada banyak sekali lowongan kerja di JobStreet yang bisa Anda lamar. Bahkan setiap hari ada lowongan kerja baru. Nah apabila Anda melamar melalui JobStreet maka Anda hanya nunggu panggilan kerja sekitar 1 minggu sampai 1 bulan saja. 

Karena biasanya panggilan kerja dari lowongan kerja yang ada di JobStreet ini cukup cepat. Mungkin hal ini berlaku juga pada situs serupa seperti JobStreet. Sayangnya terkadang ada oknum yang membuat lowongan kerja di JobStreet.

Baca Juga: Inilah Cara Mengetahui Lamaran Diterima JobStreet!

Dimana pun Anda melamar kerja pastikan selalu berhati-hati dengan yang namanya penipuan. Karena sudah banyak sekali modus penipuan yang menggunakan media lowongan kerja perusahaan untuk mendapatkan uang dari para pencari kerja.

Jadi berapa lama nunggu panggilan kerja saat kita sedang mencari pekerjaan? Jawabannya adalah TIDAK PASTI. Jika Anda terus melamar pekerjaan ke banyak perusahaan maka potensi Anda untuk mendapatkan panggilan kerja juga semakin banyak.

Demikian pendapat pribadi yang kami bagikan soal berapa lama nunggu panggilan kerja setelah melamar. Jika ada kesalahan informasi kami mohon maaf dan silahkan kirimkan masukkan pada kolom komentar di bawah. Terimakasih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *