Bagaimana Memilih IT rack Yang Benar?

Bagaimana Memilih IT rack Yang Benar?

Di dalam data center atau ruang computer, rack yang paling popular adalah rack dengan lebar 600mm, kedalaman 1070mm atau 1100mm dan tinggi 42U.

Namun saat ini perkembangan teknology IT sangat pesat, bisa jadi rack standard yang kita pakai tidak optimal dengan perangkat yang kita miliki.

Bacaan Lainnya

Bisa jadi kita butuh rak dengan akses kabel yang lebih luas, kedalaman yang sesuai atau kemampuan mengangkat beban lebih baik.

Server Rack dan Fungsinya

Ada 3 Jenis IT (information Technology) Rack, diantaranya adalah:

  1. Two post rack, biasanya digunakan untuk Perangkat telekomunikasi (gambar a)
  2. Four Post Rack, digunakan untuk perangkat jaringan atau networking (gambar b)
  3. Cabinet atau Enclosure Rack, digunakan untuk menaruh perangkat server dan storage (gambar c)
Server Rack

Dibawah ini adalah gambar komponen-komponen dari IT rack, disana terdapat Frame yang memiliki Mounting rail, cable manager, atap, dinding, roda, dsb.

Enclosure yang baik harus memiliki tempat untuk menempatkan Perangkat IT, jalur kabel dan perangkat power dengan lengkap dan benar.

Server Rack

Hal-Hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan rack server

Ada beberapa hal yang dibutuhkan dalam pemilihan Server Rack diantaranya adalah:

  1. Dimensi
    Pastikan ukuran rack sesuai dengan perangkat yang akan kita pasang, pastikan lebar vertical mounting nya standard yaitu 19 Inch, ada beberapa perangkat yang memutuhkan rack dengan kedalam sampai dengan 1200mm, jika rack tersebut digunakan untuk perangkat network pakai rack dengan lebar 750mm, agar ada area untukmengaturkabel.

  2. Desain operasional
    Pilih rack dan aksesorisnya yang memudahkan dalam operasional misalnya, menggunakan teknologi tool-less, adjustable vertical mounting, adaNomer “U” nya, memiliki pintu samping yang dapat dibuka, ada leveling feet sehingga jika lantai tidak rata gampang menyeimbangkannya dan ada rodanya jika butuh pindah tidak memerlukan alat cukup di dorong.

  3. Desain Struktur
    Pilihlah rack yang memiliki kemampuan mengangkat beban waktu bergerak setidaknya 450kg dan menahan beban static 1000kg. dengan bahan yang kuat anti karat biasanya besi atau alumunium, di cat menggunakan bahan yang anti gores.

    Perlu diperhatikan juga rack harusmemiliki pintu depan dan belakang yang berlubang untuk melancarkan aliran udara ke perangkat IT.

  4. Perangkat pendukung
    Pilih rack yang mengakomodir aksesoris untuk mendukung aliran udara dengan baik, Power cord, pengaturan kabel, system monitoring dsb.

  5. Sertifikasi
    Dengan adanya sertifikasi untuk rack, menunjukan rack tersebut berkualitas.

Kesimpulan

Di dalam data center IT rack berperan besar dalam mendukung keberlangsungan dan efesiensi data center untuk mendukung berjalannya bisnis, dengan investasi kurang dari 5% dari keseluruhan data center, sebaiknya untuk pemilihan rack dibutuhkan evaluasi yang baik tentang perkembangan kedepan, kemudahan operasional dan performa rack.

Baca Juga :

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.