Apa itu DCIM

Apa Itu DCIM? Sudahkan Anda Mengenalnya?

Perlu untuk diketahui bahwa DCIM merupakan sebuah singkatan dari Digital Camera IMage yang sebenarnya sering kita temui pada perangkat seperti smartphone maupun PC.

Jika sering membuka file manager atau membuka folder-folder pada perangkat yang anda punya maka anda akan menjumpai folder DCIM ini.

DCIM adalah folder yang terbuat secara otomatis untuk menyimpan foto karena sejatinya folder DCIM memang disetting sebagai tempat penyimpan foto secara default.

Ketentuan tersebut berasal dari DCF (Design rule for Camera File system) yang dibuat oleh JEITA (Japan Electronics and Information Technology Industries Association) sebuah lembaga teknologi di Jepang.

DCF yang mengatur ketentuan di DCIM

Fungsi DCF

Pada dasarnya DCF dibuat untuk memastikan semua kamera bisa saling kompatibel dalam hal penyimpanan data atau foto serta memudahkan software untuk mengenali, memudahkan serta melakukan transfer data tersebut.

DFC juga mengatur struktur folder, penamaan file, dan format file.

DCF juga mengatur penambahan sub folder di dalam folder DCIM. Jadi jika anda menggunakan kamera Canon dan Sony maka hasil penyimpanan data dari kedua kamera tersebut tetap berada di dalam folder DCIM namun dibedakan dengan sub folder.

Misalnya data dari kamera Canon secara otomatis akan tersimpan di sub folder yang bernama 100EOS5D. Sedangkan yang dari kamera Sony akan tersimpan di sub folder yang bernama 100MFDCS.

Pemberian nama pada sub folder tersebut didasari dengan aturan: “diawali dengan 3 digit angka lalu diikuti dengan nama bebas sesuai kamera”.

Selain ada sub folder, di dalam folder DCIM akan ada sebuah sub folder yang bernama .thumbnail, berbeda dengan sub folder yang lainnya. Sub folder .thumbnail ini bukan berfungsi sebagai tempat penyimpanan foto.

Fungsi Sub Folder .thumbnail

Jadi sub folder .thumbnail ini berfungsi sebagai gambar pratinjau yang berukuran kecil yang mempunyai peran agar saat kita membuka sebuah gambar atau foto tidak perlu menunggu loading terlalu lama.

Bisa dibilang semua file yang ada pada sub folder .thumbnail ini mirip seperti chache.

Yang jika tidak dihapus atau dibersihkan maka file .thumbnail akan terus menumpuk karena meskipun sebuah foto sudah dihapus dari perangkat akan tetapi thumbnail dari foto tersebut masih tersimpan di dalam sub folder .thumbnail yang bisa mengakibatkan ruang penyimpanan perangkat menjadi lebih cepat penuh.

Sebenarnya tidak masalah untuk menghapus semua file yang ada di dalam sub folder .thumbnail sebab jika terus dibiarkan maka hal ini akan terus-terusan memakan ruang penyimpanan perangkat anda.

Toh setelah semua file yang ada di dalam sub folder .thumbnail dihapus, DCF akan bekerja secara otomatis untuk membuat lagi file thumbnail dari data foto yang masih tersimpan di perangkat.

Jadi mulai sekarang silahkan cek sub folder .thumbnail di perangkat anda, apabila sudah terlalu penuh maka anda bisa membersihkan semua file tersebut dengan menghapusnya.

Menghapus file thumbnail bukan berarti anda menghapus foto yang ada di perangkat anda, foto akan tetap aman selama anda tidak menghapus file foto itu sendiri. Jadi tidak ada hal yang ditakuti untuk menghapus file thumbnail yang terus-terusan menumpuk.

Baca Juga :

Saya adalah penulis dan pemilik pencarinafkah.com, blogger asal Klaten Jawa Tengah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.