Apa itu tes Army Alpha Psikotes

Apa itu Tes Army Alpha, Tes Psikotes Seleksi Perusahaan

Ada banyak sekali jenis-jenis tes Psikotes yang dipakai oleh perusahaan dalam mencari kandidat karyawan yang sesuai kualifikasi. Ada tes TIU 5 dan tes Army Alpha.

Sebenarnya apa itu tes Army Alpha? Apa tujuan dari tes Army ini? Bagaimana cara mengerjakannya dan apa tips triknya? Semuanya akan dibahas di artikel ini.

Apa itu tes Army Alpha?

Tes Army Alpha dikembangkan oleh Robert Yerkes dan enam teman lainnya untuk mengevaluasi banyak rekrutmen militer Amerika Serikat selama Perang Dunia I. Ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1917 karena permintaan untuk metode sistematis dalam mengevaluasi intelektual dan emosional fungsi prajurit. Wikipedia

Bentuk tes Army Alpha adalah pilihan berganda (multiple choice), dan dapat dilakukan kepada banyak peserta sekaligus. Tidak harus satu penguji satu peserta.

Di dunia kerja, tes ini kadang dipakai oleh perusahaan yang ingin menguji banyak peserta sekaligus secara praktis dan cepat.

Apa tujuan tes Army Alpha?

Tes Army Alpha bertujuan untuk mengukur tingkat kecerdasan, ketelitian, konsentrasi, kemampuan menerima perintah dan mengerjakannya.

Bagaimana cara mengerjakan tes Army Alpha?

Penguji akan membacakan soal dan memberi perintah untuk mengerjakannya. Ketika penguji membacakan soal, Anda diharuskan untuk mendengarkan dengan cermat dan ketika penguji selesai membacakan soal, barulah Anda boleh mengerjakan soal tersebut.

Dan setiap soal dibacakan satu persatu, kemudian peserta diberi waktu sekitar 5-15 detik untuk memberikan jawaban.

Bagaimana cara Menjawab Soal Tes Army Alpha?

Sebenarnya untuk menjawabnya lebih mudah dari pada tes TIU 5. Yang dibutuhkan cuma konsentrasi dan tetap tenang.

Contoh soal Tes Army Alpha dan Jawabannya:

Lembar Soal Army Alpha

Perintah nomor 1:

Lihatlah lingkaran-lingkaran pada soal Nomor 1. Buatlah sebuah silang dalam lingkaran ke dua dan sebuah huruf dalam lingkaran ke lima.

Jawaban:

Buat tanda silang pada lingkaran kedua dan bebas menaruh huruf apapun di lingkaran ke 5. Urutan lingkarannya adalah dari Kiri ke Kanan.

Perintah nomor 2:

Lihatlah Nomor 2,
Lingkaran- lingkaran itu bernomor, dengarkan baik-baik. Tariklah sebuah garis dari lingkaran ke tiga ke lingkaran ke enam. Garis itu lewat di bawah lingkaran ke empat dan diatas lingkaran ke 5.

Jawaban:

Buat garis yang menghubungkan lingkaran ke 3 dan ke 6, namun garis yang Anda buat harus berada di bawah angka 4 dan diatas angka 5.

Sisanya kerjakan sendiri ya.. Akan saya berikan perintah untuk tiap soal dan Anda kerjakan sendiri.

Perintah nomor 3 sampai 12:

  • Lihatlah soal No.3 dan perhatikanlah baik-baik : Jika betul bahwa pesawat udara lebih cepat dari mobil, buatlah koma dalam lingkaran pertama. Jika tidak, coretlah perkataan “tidak”.
  • Lihatlah No. 4 dan dengarkan baik-baik. Tulislah dalam lingkaran ke tiga jawaban yang betul dari pertanyaan : “ Berapa harikah 1 minggu itu?” Dalam lingkaran ke empat tidak dibuat suatu apapun, tetapi tulislah dalam lingkaran ke lima jawaban yang salah dari pertanyaan tadi.
  • Lihatlah segitiga dan lingkaran pada No. 5 Dengarkan baik-baik. Buatlah sebuah silang pada bidang yang terletak dalam lingkaran, tetapi tidak dalam segitiga. Dan tulislah huruf “ A “ pada bidang yang terletak dalam lingkaran dan juga dalam segitiga.
  • Lihatlah No. 6 Dengarkan : Tulislah huruf “ X “ pada bidang yang terletak dalam segitiga tetapi tidak dalam bujur sanglar, dan tulislah huruf “ Y “ pada bidang yang terletak dalam bujur sangkar dan segi tiga tetapi tidak dalam lingkaran.
  • Lihatlah No. 7 Dengarkan baik-baik. Buatlah sebuah garis dibawah huruf yang tepat mendahului huruf E, dan buatlah pula sebuah garis yang melintang huruf kedua yang mendahului “ M “.
  • Lihatlah No. 8 Perhatikanlah ketiga lingkaran dan ketiga perkataan-perkataan itu. Tulislah dalam lingkaran pertama, huruf kedua dari perkataan pertama, Dalam lingkaran kedua, huruf ketiga dari perkataan kedua, dan dalam lingkaran ketiga, huruf penghabisan dari perkataan ketiga.
  • Lihatlah No. 9 dengarkan baik-baik. Coretlah tiap-tiap bilangan yang lebih besar dari 30 tetapi kurang dari 40.
  • Lihatlah No.10 Perhatikan bahwa gambar itu terbagi atas 5 bagian. Tulislah angka 8 atau 6 dalam 2 bagian yang kecil dan angka antara 1 sampai 5 dalam bagian hampir paling besar
  • Lihatlah No.11 dengarkan baik-baik. Coret tiap-tiap angka ganjil yang tidak berhuruf dan tidak terletak dalam segitiga, dan coretlah pula tiap angka genap yang berhuruf dalam lingkaran.
  • Sekarang nomor terakhir, Lihatlah No.12 Perhatikan baik-baik : Apabila 5 lebih besar dari 3, coretlah angka 4, kecuali kalau 4 lebih besar dari pada 6, dalam hal ini buatlah sebuah garis dibawah angka 5.

Jika sudah Anda jawab, coba cocokan dengan lembar jawaban dibawah ini.

Apa tips mengerjakan tes Army Alpha?

Untuk bisa mengerjakan tes psikotes Army Alpha, kuncinya cuma fokus, konsesntrasi penuh, dan tetap tenang (jangan panik atau khawatir). Jaga juga kesehatan tubuh.

Itulah penjelasan apa itu tes Army Alpha dalam proses seleksi perusahaan untuk merekrut karyawan yang sesuai kualifikasi. Selamat mencoba!

Kontributor pencarinafkah.com. Blogger asal Klaten - Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.