Untuk Para Pencari Nafkah, Kenali Produk Keuangan Ini!

Masyarakat kini telah lebih menyadari pentingnya jaminan perlindungan untuk keluarga di masa depan. Jaminan perlindungan ini biasa dikenal sebagai asuransi. Wawasan masyarakat atas asuransi kini sudah meningkat. Hal tersebut tampak dari data Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) didapatkan bahwa premi asuransi kesehatan bertumbuh 5,7% dibandingkan tahun sebelumnya.

Hal yang sama juga tampak pada polis asuransi jiwa yang meningkat 1,8% pada kuartal pertama 2021 sedangkan polis perorangan tumbuh 2,7%. Dengan adanya peningkatan tersebut, tentunya kita tidak boleh masa bodoh dengan asuransi yang di zaman sekarang daya gunanya dalam memberikan perlindungan atas resiko yang ada sudah semakin tinggi.

Bacaan Lainnya

Sebagai seorang pencari nafkah, sudah sepantasnya kita juga untuk melek mengenai asuransi sebagai produk keuangan yang dapat melindungi keluarga tercinta. Sebelum kita menentukan untuk memilih produk asuransi, mari kita kenali terlebih dahulu mengenai asuransi.

Asuransi adalah perjanjian antara perusahaan asuransi atau penanggung dan pemegang polis atau tertanggung. Perjanjian yang dimaksud menjadi dasar bagi penerimaan premi oleh perusahaan asuransi sebagai imbalan untuk mengganti atau mengurangi kerugian yang dapat menimpa tertanggung. Apabila kita mengasuransikan sesuatu, berarti kita menyerahkan atau membagi kerugian finansial akibat resiko yang menimpa sesuatu dengan perusahaan asuransi.

Terdapat beberapa manfaat dari memiliki asuransi. Manfaat pertama adalah memberikan rasa aman dan perlindungan karena objek yang kita asuransikan dijamin oleh penanggung. Manfaat selanjutnya, pendistribusian biaya dan manfaat yang lebih adil.

Asuransi juga dapat memberikan kepastian ketika kita mengalami kerugian finansial. Asuransi tertentu juga dapat menjadi sarana untuk menabung karena memiliki nilai tunai yang dapat diambil bahkan digabungkan dengan investasi.

Selain itu, bagi Anda yang ingin mencoba asuransi syariah, kini sudah mulai menjamur produk asuransi syariah yang dapat Anda pilih, di mana asuransi syariah dapat memberikan nilai kebaikan lebih bagi Anda karena selain melindungi keluarga, Anda juga dapat membantu jaminan perlindungan bagi orang lain. Masih banyak lagi manfaat yang bisa kita dapatkan dari asuransi.

Namun, asuransi seperti apa yang kita butuhkan? Berikut ini adalah jenis-jenis asuransi yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan:

Jenis-Jenis Asuransi Yang Bisa Anda Pilih

Asuransi Mobil

Asuransi mobil adalah asuransi yang dirancang untuk menutup pertanggungan atas kendaraan bermotor atas kerugian dan/atau kerusakan pada mobil yang disebabkan, antara lain karena kecelakaan tabrakan, perbuatan kriminal, kebakaran, atau dsbnya.

Dengan menggunakan asuransi mobil kita dapat meminimalkan kerugian finansial yang kita hadapi ketika terdapat kerusakan pada mobil kita. Secara umum, terdapat dua jenis pertanggungan asuransi kendaraan bermotor yang dapat Anda pilih, yakni All Risk dan Total Loss Only. Asuransi kendaraan All Risk adalah asuransi kendaraan bermotor yang menjamin resiko kerugian secara keseluruhan baik karena kerugian yang kecil ataupun besar, termasuk kehilangan.

Sedangkan, asuransi TLO memberikan jaminan penggantian kendaraan yang mengalami kerusakan dengan nilai kerusakan >75% dari nilai kendaraan ketiga kerugian terjadi. Asuransi mobil menjadi penting buat kita yang memiliki mobil yang apabila mengalami kerusakan akan sangat mahal biaya perbaikannya. Terdapat banyak jenis asuransi mobil yang dapat Anda pilih dan disesuaikan dengan nilai premi yang cocok dengan kesanggupan Anda.

Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan adalah produk asuransi yang memberikan jaminan kepada pihak tertanggung mengenai biaya kesehatan, mulai dari perawatan medis, biaya obat, hingga biaya operasi. Produk asuransi kesehatan ada banyak jenisnya yang bisa kita temukan dan disesuaikan manfaat asuransinya dengan kebutuhan kita. Dengan asuransi kesehatan, apabila terjadi hal-hal yang tak diinginkan pada pihak tertanggung terkait medis, kita tidak perlu takut lagi dalam menanggung biaya rumah sakitnya.

Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa adalah produk asuransi yang paling banyak digunakan di masyarakat, hal ini karena asuransi jiwa adalah produk asuransi yang memberikan layanan jaminan kepada pihak tertanggung atas kerugian finansial atas hilangnya pendapatan seseorang atau keluarga akibat adanya kematian anggota keluarga tertanggung yang merupakan pemberi nafkah utama dalam keluarga.

Pada saat salah satu anggota keluarga meninggal, terutama yang menjadi sumber nafkah bagi keluarga, maka bisa dipastikan keuangan keluarga akan mengalami goncangan dan bahkan hal ini bisa berlangsung dalam waktu yang panjang (selamanya).

Apabila kita memiliki asuransi jiwa, keluarga kita dapat mengantisipasi kerugian finansial yang dihadapi keluarga yang ditinggalkan dan memberikan dukungan finansial kepada mereka agar tidak mengalami kesulitan ekonomi pasca ditinggalkan.

Nah, itulah penjelasan mengenai asuransi beserta beberapa jenis yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan Anda dalam membayar premi asuransi. Sudah banyak kemudahan yang ditawarkan dalam membeli produk asuransi. Maka dari itu, siapkan asuransi sekarang juga!

Baca Juga : Pentingnya Kwitansi Jual Beli Mobil

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.