Wajib Tahu! Trik Jitu agar Tak Gampang Bosan saat Naik Kereta Api

Bepergian dengan kereta api menjadi opsi yang dipilih banyak orang karena berbagai pertimbangan. Naik kereta api memang praktis, ekonomis, dan lebih hemat tenaga sebab Anda tak perlu repot mengemudikan mobil pribadi. Sekarang, Anda bisa pesan tiket kereta api di Traveloka secara mudah untuk mendukung rencana perjalanan. Traveloka Lifestyle SuperApp hadir sebagai aplikasi yang senantiasa siap mendukung akomodasi perjalanan Anda.

Soal urusan beli tiket kereta api secara hemat dan praktis, tentu Anda sudah mempercayakannya pada Traveloka. Namun, ada hal penting lainnya yang patut Anda atasi agar perjalanan dengan kereta api terasa menyenangkan, yaitu rasa bosan yang berlangsung selama berjam-jam. Cobalah melakukan beberapa aktivitas berikut ini supaya tak gampang jenuh ketika naik kereta api:

Bacaan Lainnya

Tips Agar Tidak Cepat Bosan Saat di Kereta

1. Tidur

Tidur merupakan aktivitas paling mudah yang dapat Anda lakukan selama naik kereta api, terutama bila Anda memilih waktu perjalanan malam hari. Beristirahat sejenak di kereta api akan membantu Anda membangkitkan semangat dan kebugaran tubuh. 

Anda bisa membawa bantal leher dan masker mata untuk mendukung tidur nyenyak ketika naik kereta api. Jika Anda sering kesulitan tidur selama di perjalanan, cobalah mendengarkan musik-musik berirama lembut supaya Anda lebih rileks dan lekas mengantuk.

2. Ngobrol dengan Penumpang Lain

Orang-orang berkarakter ekstrovert biasanya gemar bertemu kenalan baru dan mengobrol. Bila Anda termasuk orang yang memiliki karakter tersebut, cobalah memulai percakapan dengan penumpang yang Anda temui di kereta api, khususnya penumpang sebangku. 

Anda bisa membuka obrolan ringan untuk mencairkan suasana, berbagi bekal makanan, atau bermain dengan anak-anak para penumpang. Perjalanan dengan kereta api pasti terasa lebih menyenangkan bila Anda punya kenalan baru. Bahkan, tidak mustahil bila kesempatan pekerjaan atau bisnis yang besar bisa berawal dari perkenalan selama naik kereta api.

3. Pesan Makanan di Gerbong Restorasi

Banyak orang belum tahu kalau naik kereta api bisa jadi ajang berwisata kuliner karena makanan yang dijajakan di gerbong restorasi ternyata cukup berkualitas. Anda bisa mencoba aneka makanan seperti nasi rames, nasi goreng, atau bakso instan ketika menempuh perjalanan dengan moda transportasi umum tersebut. 

Jadi, Anda tak akan merasa kelaparan dalam waktu lama meskipun tidak membawa bekal makanan sebab ada gerbong restorasi yang siap jadi solusinya.

4. Buat Video Perjalanan

Kebosanan selama menempuh perjalanan jarak jauh dengan kereta api juga bisa diantisipasi dengan membuat video perjalanan. Sekarang, smartphone apa pun dapat diandalkan untuk membuat video hyperlapse dengan hasil yang menakjubkan. 

Jadi, tak ada salahnya memanfaatkan waktu luang di kereta api untuk mendokumentasikan perjalanan, apalagi bila kereta sedang melewati rute dengan pemandangan menakjubkan. Video perjalanan akan menjadi kenang-kenangan yang berkesan karena momennya tidak akan terulang lagi.

Mendengarkan Musik

Kegiatan anti mati gaya selanjutnya yang cocok dilakukan di kereta api adalah mendengarkan musik. Sekarang, Anda tidak harus membawa pemutar musik khusus karena ada smartphone yang bisa jadi andalan. 

Jangan lupa menyiapkan earphone atau True Wireless Speaker (TWS) agar mendengarkan musik jadi lebih asyik tanpa mengganggu penumpang lainnya. Biasanya kegiatan pengisi waktu luang ini juga efektif mendatangkan inspirasi karena membuat pikiran lebih fresh lo.

5. Mendengarkan Podcast

Selain musik, mendengarkan podcast juga terbilang seru lo. Saat ini, banyak sekali platform podcast yang menyuguhkan konten-konten berkualitas dengan beragam pilihan topik. Tema podcast favorit Anda tentu bisa jadi teman perjalanan yang menyenangkan sehingga Anda tidak merasa kesepian meskipun sedang naik kereta api sendirian.

6. Membaca Buku

Waktu tempuh perjalanan kereta api yang panjang juga sangat pas digunakan untuk membaca buku. Banyak orang berdalih jarang membaca buku karena tidak punya waktu luang. Jadi, manfaatkanlah waktu yang tersedia selama di perjalanan untuk menikmati buku-buku favorit Anda. Pilihlah buku dengan topik yang ringan supaya Anda tetap bisa menikmati perjalanan tanpa overthinking.

7. Bermain Game

Smartphone kesayangan di genggaman tangan juga dapat Anda gunakan untuk bermain game sampai puas ketika naik kereta api. Selain game yang biasanya Anda mainkan, Anda juga bisa mengeksplorasi berbagai game baru yang sedang populer. 

Kegiatan seru ini tak perlu membuat Anda khawatir kehabisan baterai smartphone karena biasanya ada stopkontak di sekitar kursi penumpang yang bisa Anda gunakan untuk mengisi daya baterai. 

Baca Juga: Mengenal Dunia Dapur dengan Bermain Game dari Culinary Schools

8. Menonton Film

Deretan film favorit di smartphone bisa dijadikan pengusir bosan selama naik kereta api. Proses mengunduh film harus dilakukan terlebih dahulu agar Anda lebih hemat kuota internet dan baterai selama menonton. 

Impian menikmati drakor favorit atau film lainnya yang sering tertunda karena kesibukan sehari-hari bisa direalisasikan ketika bepergian naik kereta api. Waktu tempuh perjalanan pun tak akan terasa lama karena Anda bisa menikmati alur film secara maksimal.

Apakah Anda punya pengalaman menarik ketika naik kereta api?

Apa pun aktivitas yang Anda lakukan selama naik kereta api, jangan lupa untuk selalu menjaga keamanan diri sendiri dan barang bawaan. Rencana perjalanan Anda dalam waktu dekat ini bisa diwujudkan secara lancar dengan dukungan akomodasi lengkap persembahan Traveloka. 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *