Cara menghemat uang ketika sedang mencari pekerjaan

6 Tips Menghemat Uang Buat Anda Yang Masih Ngekost

Membeli rumah memang bukanlah hal yang mudah, jadi untuk hidup mandiri tidak ada pilihan lain selain ngekost atau ngontrak.

Biasanya sih anak kost jarang yang bisa mengatur keuangan dengan baik, apalagi kalau baru pertama ngekost.

Nah bagi anda yang masih ngekost atau ngontrak baik mahasiswa atau sudah bekerja disini kami akan memberikan tips untuk menghemat uang anda yang biasanya terbuang secara tidak anda sadari.

6 Tips Menghemat Uang Saat Ngekost :

1. Buat Daftar Belanja Bulanan Anak Kost

Pastikan semuanya benar

Kesalahan yang sering dilakukan oleh anak kost adalah malas membuat daftar belanja bulanan.

Dengan membuat daftar belanja bulanan maka anda sebagai anak kost akan lebih bisa menghemat uang anda, sebab pengeluaran anda akan lebih terencana.

Coba bandingkan jika anda tidak pernah membuat daftar belanja bulanan maka yang terjadi biasanya anda akan bingung sendiri memilih barang ketika sudah berada di supermarket.

Selain dapat membuang-buang waktu, anda bisa saja melupakan barang yang ingin anda beli sehingga anda harus balik lagi ke supermarket untuk membeli barang yang kelupaan dan bayar parkir dua kali.

Atau lebih parahnya lagi kalau anda malah tertarik untuk membeli barang yang sebenarnya tidak anda butuhkan.

2. Kurangin Jajanin Gaya Hidup

Pusing gak dapet kerja

Salah satu contoh gaya hidup anak muda jaman sekarang adalah dengan nongkrong-nongkrong di bar, cafe, nonton konser, merokok atau sejenisnya.

Jika anda terus-terusan nongkrong seperti itu maka bisa dipastikan anda akan membeli makanan/minuman yang harganya lebih tinggi dari pada warung-warung biasa.

Kalau anda benar-benar ingin menghemat uang anda apalagi anda masih ngekost atau masa-masa berjuang maka sebaiknya tinggalkan gaya hidup yang berlebihan seperti itu.

Saran kami jika anda ingin mendapatkan ketenangan hidup maka silahkan tinggalkan gaya hidup seperi itu dan gunakan masa muda anda untuk beribadah (Investasi Akhirat).

Barang siapa mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka pasti akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik

dan akan Kami beri balasan dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan

3. Belajar Memasak

Puasa sunnah

Jajanan atau makanan sekarang ini sudah sangat beraneka macam, terkadang selain harganya yang tinggi ternyata setelah habis tidak bisa membuat kenyang.

Jika anda sudah jago masak sih untuk menghemat uang sebaiknya anda mulai untuk memasak sendiri.

Dan bagi anda yang belum bisa memasak namun sudah ada keinginan untuk masak sendiri maka silahkan mulai belajar memasak yang gampang-gampang dulu seperti menggoreng telur dan membuat nasi goreng.

Dengan memasak sendiri dijamin anda akan sangat menghemat pengeluaran anda.

4. Matikan Apapun Jika Sedang Tidak Diperlukan

Merokok membunuhmu

Tidak semua kos-kosan listrik itu bebas (GRATIS), bahkan sekarang ini malah lebih banyak model kos-kosan yang listriknya harus bayar sendiri.

Kalau anda ngekost di tempat kos-kosan yang listriknya harus bayar sendiri maka anda harus memperhatikan masalah ini.

Sebab jika anda lebih rajin untuk mematikan TV, Lampu, Kipas Angin, Dispenser dan sebagainnya maka pulsa listrik anda akan bertahan lebih lama.

Sehingga uang untuk keperluan listrik bisa anda gunakan untuk keperluan yang lain.

5. Jangan Beli Fasilitas Kost Yang Berlebihan

jual jasamu di internet

Biasanya sih orang yang pertama ngekost atau baru pindahan kos-kosan langsung beli barang ini itu.

Untuk menghemat uang anda maka sebaiknya anda berhati-hati dalam membeli perlengkapan kost.

Seperti yang sudah kami terangkan pada point nomer 1 bahwa anda juga harus membuat daftar barang-barang keperluan yang harus dibeli.

6. Jarang Pulang ke Kos-kosant

nikmatnya ngop buatan istri

Selain bisa mubazir sudah bayar kost tapi nggak pernah ditempatin hanya karena lebih suka nginep di kost-an teman maka bisa dipastikan anda akan lebih boros dalam hal pengeluaran.

Sebab jika anda jarang pulang ke kost-an maka anda akan sering jajan di luar dan sudah jarang lagi masak sendiri.

7. Jangan Pacaran

bagaimana cara mendapatkan uang dari instagram tanpa modal

Kalau ngomongin soal kegiatan pacaran, biasanya laki-laki akan lebih banyak mengeluarkan uang dari pada perempuan.

Apalagi kalau punya pacar lebih dari satu, bisa jadi pengeluaran akan dua kali lipat.

Selain bisa bikin boros pengeluaran pacaran juga bikin dosa anda lebih banyak.

Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk.”(QS. Al Isro’ [17] : 32).

“Janganlah seorang laki-laki berduaan dengan seorang wanita yang tidak halal baginya karena sesungguhnya syaithan adalah orang ketiga di antara mereka berdua kecuali apabila bersama mahromnya”. (HR. Ahmad no. 15734. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan hadits ini shohih ligoirihi).

Coba deh kalau anda tidak pacaran selama 2 tahun dan uang yang biasa anda gunakan untuk pacaran tersebut anda tabung untuk biaya pernikahan.

Silahkan Tuliskan Komentar Anda Disini...