Sekolah Online dan Belajar Dalam Jaringan

Tips Menghemat Biaya Internet Bulanan Untuk Sekolah Online

Demi menghindari penularan Covid-19 di Indonesia semakin bertambah parah maka sampai sekarang masih diadakan sekolah online atau belajar dalam jaringan.

Dengan adanya sekolah online, sekarang ini internet makin menjadi kebutuhan pokok yang harus tersedia demi pendidikan kita.

Sayangnya tidak semua orang mempunyai perangkat sebagai media belajar dan komunikasi sendiri. Khususnya anak – anak yang masih harus meminjam HP orang tua untuk belajar dan mengerjakan tugas.

Belajar dalam jaringan ini memang terasa berat bagi pelajar yang keluarganya tidak memiliki perangkat (HP) sebagai media belajar.

Baca Juga : Murah! 10 Smartphone Harga Dibawah 1 Juta

Tidak hanya itu, bahkan orang tua yang sudah mempunyai HP pun harus rela berbagi waktu dengan anaknya yang harus belajar secara online. Padahal bisa jadi HP ini digunakan untuk kerja oleh orang tua.

Selain itu sekolah online juga menyababkan pemakaian internet jadi bertambah pesat akibatnya kuota menjadi lebih boros.

Untungnya ada beberapa provider telekomunikasi yang mau memberikan kuota gratis yang digunakan untuk belajar.

Jadi kita jangan lupa untuk berterimakasih kepada semua provider telekomunikasi yang mau memberikan kuota gratis untuk belajar secara online.

Tips Menghemat Biaya Internet Bulanan Untuk Sekolah Online

Tips Menghemat Biaya Internet Bulanan

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa menghemat biaya internet bulanan yang belakangan ini terasa semakin boros.

1. Gunakan Provider Yang Sering Menawarkan Promo

Ada beberapa provider yang memberikan kemudahan disaat Covid-19 dengan cara memberikan promo maupun kuota gratis meskipun masih menggunakan syarat dan ketentuan.

2. Gunakan Provider Yang Menawarkan Harga Kuota Murah

Selain promo dan juga kuota gratis hal yang perlu anda perhatikan adalah daftar harga paket internet, bahkan kalau bisa coba bandingkan semua provider telekomunikasi sekalian agar pilihan anda semakin mantap.

3. Pastikan Provider Yang Dipilih Mempunyai Sinyal Kuat Untuk Belajar Daring

Jika sebelumnya menyangkut masalah harga dalam memilih provider. Kali ini anda perlu mengecek sendiri provider manakah yang mempunyai sinyal yang bagus di rumah anda.

Sebab semurah apapun harga internet yang ditawarkan kalau tidak ada sinyalnya sama saja tidak bisa dipakai.

4. Gunakan WiFi

Jika dalam keluarga anda banyak yang mengakses internet di dalam rumah sebaiknya pasang wifi saja. Dengan wifi tanpa sadar kita bisa menghemat biaya internet bulanan tanpa harus merasa takut kalau kehabisan kuota internet saat sedang belajar secara online.

Baca Juga :

Jika kebutuhan kuota anak sudah terpenuhi kami yakin nantinya anak kita akan lebih melek teknologi dari pada kita sebagai orang tua.

Tentu saja kita harus mengawasinya terlebih dahulu dan jangan sampai anak – anak kita malah mengakses situs – situs yang mengandung konten negatif.

Tapi kalau sang anak suka mengakses situs informasi teknologi dan life style sebaiknya jangan dilarang karena bisa jadi dia akan mendapatkan informasi penting bagi dunia hiburannya.

Mungkin saja sang anak mempunyai cita – cita untuk membuat startup setelah sering mengakses situs informasi teknologi. Hebat kan?

Tambahan :

Sedikit tips dari kami bagi anda yang masih berbagi perangkat (HP) dengan anak anda yang kebetulan sama – sama memerlukan aplikasi WhatsApp untuk komunikasi, maka kami sarankan anda untuk menggunakan aplikasi GBWhatsApp.

Aplikasi GBWhatsApp mempunyai beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh aplikasi WhatsApp resmi. Salah satunya adalah mengunci chat yang dipilih agar tidak dibuka oleh sembarangan orang termasuk anak anda.

Sebelum menginstal aplikasi GBWhatsApp ada baiknya anda pelajari terlebih dahulu cara menggunakan aplikasi GBWhatsApp dan apa saja fitur yang bermanfaat untuk anda agar tidak menyesal setelah menginstal nantinya.

Baca Juga : Memindahkan WhatsApp ke HP Baru Tanpa Menghilangkan Data & Chat

Nah itulah tips menghemat biaya internet bulanan agar pengeluaran anda tidak terlalu jebol untuk membeli kuota setiap bulannya untuk keperluan sekolah online atau belajar dalam jaringan.

Saya adalah penulis dan pemilik pencarinafkah.com, blogger asal Klaten Jawa Tengah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.