4 Tips Mempersiapkan Dana Darurat dengan Tepat

Mempersiapkan dana darurat penting untuk dapat menjaga keuangan tetap sehat. Dana tersebut merupakan simpanan yang bisa digunakan untuk keperluan darurat dan juga hal yang berada di luar rencana anggaran pada umumnya.

Misalnya saja untuk dana tersebut akan digunakan untuk kebutuhan seperti membiayai perawatan ketika sakit, memperbaiki kendaraan ketika rusak, dan juga hal lainnya.

Manfaat utama dari mempersiapkan dana simpanan untuk kebutuhan darurat tersebut adalah dapat untuk menghindari utang.

Sehingga ketika membutuhkan dana untuk hal yang sifatnya dadakan dan diluar rencana anggaran maka tidak perlu mengambil utang yang akan menyusahkan di akhir.

Oleh karena itulah dana untuk kebutuhan darurat tersebut perlu dipersiapkan dengan tepat yang dapat dilakukan dengan beberapa tips berikut ini:

Tips Mempersiapkan Dana Darurat

1. Masukkan dalam pos pengeluaran

Hal pertama yang bisa digunakan sebagai tips untuk mempersiapkan dana guna keperluan darurat adalah dengan memasukkan dalam pos pengeluaran.

Hal ini akan membantu Anda untuk dapat menyisihkan anggaran secara rutin sehingga dapat mempunyai dana dadakan tersebut dalam jumlah yang tepat dan bisa digunakan untuk berbagai keperluan yang sifatnya mendadak.

Jenis dana ini juga sebaiknya dipisahkan dari simpanan lainnya seperti untuk simpanan pendidikan anak, dana membiayai liburan, dan juga tabungan yang dimiliki oleh keluarga.

2. Tentukan presentase dana yang disimpan

Tips selanjutnya untuk mempersiapkan dana kebutuhan darurat adalah dengan menentukan presentase dana yang disimpan.

Hal ini penting sekali untuk diterapkan sehingga dana yang telah disimpan akan dapat digunakan dan cukup untuk membiayai berbagai keperluan darurat yang Anda perlukan.

Tentukan presentase dana tersebut mulai dari melihat pemasukan yang dimiliki, sehingga tidak akan mengganggu biaya pengeluaran lainnya.

Selain itu juga bisa menghitung besaran presentase yang standard untuk dapat digunakan banyak keperluan darurat.

Simpan dana tersebut secara rutin dan perlahan sehingga nantinya akan bisa mengumpulkan jumlah yang besar.

3. Membuka rekening baru

Tips selanjutnya yang penting untuk dilakukan ketika mempersiapkan dana keperluan darurat adalah dengan membuka rekening baru.

Sebaiknya Anda menyimpan dana kebutuhan darurat, dana pendidikan, dan dana untuk rencana lainnya di rekening yang terpisah dengan dana yang digunakan untuk keperluan sehari-hari.

Hal ini akan membuat Anda lebih mudah menyimpan dana dan juga tidak menggunakan dana tersebut untuk kebutuhan sehari-hari karena di satu rekening yang sama.

4. Menekan pengeluaran

Tips terakhir yang dapat digunakan untuk mempersiapkan dana darurat adalah dengan menekan pengeluaran.

Anda bisa untuk menekan pengeluaran sehingga nantinya dana tersebut bisa dialihkan untuk hal yang lebih berguna yaitu disimpan sebagai dana untuk keperluan darurat.

Cara menekan pengeluaran juga sangat mudah seperti dengan menghindari hal boros belanja barang yang tidak penting dan terlalu sering nongkrong di luar.

Baca Juga :

Nah itulah tips yang bisa anda lakukan untuk mempersiapkan dana darurat dimulai dari sekarang.

Saya adalah penulis dan pemilik pencarinafkah.com, blogger asal Klaten Jawa Tengah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.