15 Tips Memelihara Kucing Untuk Pemula Yang Sering Diabaikan

tips memelihara kucing dikandang sendiri

Sebagai pemula yang baru mempunyai kucing di rumah, merawat kucing peliharaan tidak bisa dilakukan setengah hati. Anda perlu mempelajari tips memelihara kucing supaya hewan kesayangan anda ini juga bahagia.

Kucing adalah hewan yang sangat lucu, tidak heran kalau banyak orang yang memeliharanya. Meskipun banyak yang suka dengan kucing, masih ada beberapa yang tidak tahu cara memelihara kucing dengan baik.

Bacaan Lainnya

Sangat disayangkan apabila mempunyai kucing dengan harga jutaan rupiah namun tidak bisa merawatnya karena tidak tahu cara memelihara kucing dengan benar. Jika sudah berniat memelihara kucing baik itu kucing ras atau kucing kampung sebaiknya anda pelihara mereka dengan sepenuh hati.

Baca Juga :

Tips Memelihara Kucing

Berikut ini kami mempunyai tips untuk merawat kucing yang mungkin sering diabaikan oleh pemula.

1. Cukupi Kebutuhan Makan Kucing

memberi makan

Hal yang wajib dilakukan setiap hari adalah mencukupi kebutuhan makan kucing secara teratur. Apalagi kalau anda memutuskan untuk memelihara anak kucing.

Masih banyak yang salah menilai kalau anak kucing makannyacuma sedikit, padahal anak kucing justru bisa makan 4 sampai 6 kali sehari. Sementara untuk kucing dewasa mungkin cukup dengan 2 kali sehari.

Porsi makan kucing bisa ditakar 2 persen dari berat badan mereka. Misalkan kucing anda mempunyai berat badan 5 kg maka sediakan makanan seberat 100 gram.

Salah satu tips memelihara kucing agar cepat gemuk adalah dengan memberikan makanan diwaktu yang tepat dan teratur.

2. Menyiapkan Air Untuk Minum

Layaknya manusia yang butuh minum setelah makan, kucing juga demikian.

Selain menyediakan makanan jangan lupa memberinya minum dari air bersih. Jangan biarkan kucing peliharaan anda sampai minum air dari tempat yang kotor.

Minum sembarangan atau dari air kotor bisa membuat kucing terkena penyakit.

3. Jangan Memberikan Makanan Anjing kepada Kucing

Meskipun kucing dan anjing sering digambarkan sebagai hewan yang selalu bertengkar ternyata kedua hewan tersebut bisa hidup bersahabat di dalam satu rumah.

bersahabat dengan anjing

Khusus bagi anda yang memelihara kucing dan anjing secara bersamaan sebaiknya jangan pernah memberikan makanan anjing untuk kucing kesayangan anda.

Meskipun kucing doyan, makanan anjing tidak ada kandungan nutrisi taurin yang mencegah penyakit jantung dan penglihatan kabur.

Makanan khusus untuk kucing sekarang ini sudah tersedia di banyak tempat. Anda bisa membeli makanan kucing di Indomaret, Alfamart, Pet Shop, atau di tempat lainnya.

4. Kucing Makan Daging

Salah memberikan jenis makanan juga bisa membuat kotoran kucing lebih bau dari yang seharusnya. Kucing adalah hewan pemakan daging-dagingan oleh sebab itu jangan menjadikan sayur-sayuran sebagai makanan kucing.

Meskipun terkadang kucing sedikit makan daun bukan berarti mereka suka dengan sayur-sayuran. Sayuran tidak bisa dicerna dengan baik oleh si kucing. Akibatnya kotoran bisa menjadi lebih bau.

5. Memandikan Kucing

Jika umur kucing peliharaan anda sudah boleh dimandikan jangan lupa memandikannya supaya menghilangkan bau tidak enak yang berasal dari tubuh kucing. Apalagi kalau anda sering berdekatan atau tidur bareng kucing.

Meskipun kucing takut dengan air dingin akan tetapi anda tidak boleh memandikan kucing dengan air panas karena bisa merusak bulu atau mengakibatkan iritasi pada kulit kucing.

Jangan lupa memberikan shampo khusus agar kucing kesayangan menjadi wangi.

Kucing tidak boleh dimandikan setiap hari, cukup seminggu sekali atau dua minggu sekali saja.

6. Membersihkan Bagian Tubuhnya

Selain dimandikan, kucing juga perlu perawatan pada bagian gigi, kuku, dan telinga. Anda bisa membersihkan bagian-bagian tersebut sebelum atau setelah mandi.

Kuku kucing wajib dipotong apabila agar tidak mencakar dan menyebabkan luka saat kita bermain dengan kucing.

Berhati-hatilah dalam memotong kuku kucing. Jangan sampai daging yang ada pada bagian kuku ikut terpotong karena itu akan membuat hewan lucu tersebut kesakitan, jadi cukup ujungnya saja yang dipotong.

7. Menyikat Bulu Kucing

Kucing merupakan hewan yang mudah terkena kutu, dengan menyikat bulunya kita bisa membantu menghilangkan kutu pada kucing yang membuat kucing kerap merasa gatal dan tidak nyaman.

Menyikat bulu juga bisa membersihkan bulu-bulu yang sudah mati.

8. Mendidik Kucing Buang Air Pada Tempatnya

Anda mungkin lupa kalau kucing juga perlu membuang kotoran. Ingat dia bukan boneka hidup yang cuma lucu saja. Jadi anda juga perlu menyiapkan tempat membuang kotoran untuk kucing.

Tempat membuang kotoran untuk kucing ini disebut dengan litter box kemudian berikan pasir khusus pada litter box.

Tidak cukup untuk menyiapkan saja, anda juga harus bisa mendidik kucing supaya mau membuang kotoran pada tempat yang sudah disediakan. Jika kucing anda ngeyel maka anda harus sabar menghadapinya.

9. Memberikan Kandang atau Wilayah Sendiri

tips memelihara kucing dikandang sendiri

Jika ada keluarga yang tidak suka kucing sementara anda memeliharanya di rumah maka anda perlu menyiapkan kandang sendiri supaya tidak tidur di sembarang tempat yang bisa membuat keluarga merasa tidak nyaman.

10. Membersihkan Kandang

Kucing adalah hewan yang bisa membersihkan dirinya sendiri namun mereka tidak bisa membersihkan tempat tinggalnya. Apalagi mengganti pasir di litter box.

Membersihkan kandang, bisa membuat kucing betah dengan tempat mereka. Kandang yang bersih juga nyaman untuk dikunjungi siapa saja.

11. Bersikap Tegas Saat Kucing Melakukan Kesalahan

mendidik kucing

Namanya juga kucing pasti melakukan kesalahan yang tidak dia mengerti seperti mencakar, buang kotoran sembarangan sampai merusak barang.

Agar kelakuan tersebut tidak diulangi lagi anda bisa bersikap tegas saat kucing melakukan kesalahan. Tapi jangan sampai memukulnya.

12. Bermain dengan Kucing

memelihara kucing dan bermain dengannya

Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk menghilangkan stress adalah bermain dengan hewan peliharaan. Jika anda memelihara kucing, jangan lupa luangkan waktu sesekali untuk bermain dengan hewan lucu tersebut.

Di sisi lain kucing juga butuh teman bermain supaya dia tidak bosan.

13. Biarkan dia Bermain di Luar Rumah

tips memelihara kucing diluar rumah

Kalau kucing kesayangan anda lebih aktif berada di luar rumah maka anda bisa membiarkan dia bermain diluar rumah. Kegiatan fisik juga dapat membantu perkembangan tubuh mereka.

14. Persiapan Memelihara Kucing Lebih dari Satu

memelihara banyak kucing

Saat kucing sering bermain keluar, ada kemungkinan kucing lain akan ikut pulang ke rumah anda. Atau jika kucing anda berjenis kelamin perempuan bisa saja anda akan mempunyai beberapa anak kucing.

Bukankah kita juga berfikiran untuk mencarikan teman untuk kucing karena tidak tega jika dia hanya sendirian di rumah?

Jadi anda harus siap untuk memelihara lebih dari satu kucing dan mengurus mereka supaya akur.

15. Jangan Lupa di Bawa ke Dokter Hewan

Tidak ada jaminan kucing akan sehat setiap waktu, ada kalanya kucing juga merasakan sakit seperti muntah-muntah atau gejala lainnya. Supaya kondisi kucing segera sehat saat terjadi gejala maka anda perlu membawanya ke dokter hewan.

Dan jangan lupa berikan vaksin, vitamin, dan perawatan lainnya.

Baca Juga : Pasaran Harga Kucing Anggora, Persia, Himalaya di Indonesia

Nah itulah beberapa tips memelihara kucing yang perlu diketahui oleh pemula bila ingin merawat kucing di rumah. Jangan sampai kita salah dalam merawatnya.

Jangan lupa share artikel ini kepada pecinta kucing. Mari kita saling mengingatkan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.