tips medical check up

Tips Medical Check Up Karyawan Agar Lolos

Tahapan terakhir dalam proses rekrutmen adalah tes medical check up (MCU) atau biasa disebut dengan tes kesehatan. Di tes ini yang akan menentukan Anda akan diterima atau malah gagal jadi karyawan suatu perusahaan.

Jadi supaya Anda bisa lolos, ikuti beberapa tips medical check up (MCU) dibawah ini.

Tips Medical Check Up (MCU) Agar Lolos

Tips Medical Check Up (MCU) Agar Lolos

1. Berhenti Merokok

Cobalah berhenti merokok seminggu sebelum tes kesehatan dilakukan. Dengan berhenti merokok akan membuat nafas Anda menjadi sedikit lebih panjang.

2. Olahraga

Tips medical check up yang kedua adalah rutin melakukan olahraga sebelum medical check up, akan membuat tubuh lebih bugar dan peredaran darah lancar. Jika Anda tidak terbiasa dengan olahraga berat, lakukan olahraga ringan seperti jogging, bersepeda, atau berenang.

3. Konsumsi Makanan Sehat

Jika ingin lolos medical checkup dan mendapatkan hasil yang baik dari pemeriksaan, konsumsi makanan sehat minimal seminggu sebelum medical check up.

Hindarilah makanan-makanan yang mengandung kolestrol tinggi, dan membuat tekanan darah naik.

Sederhananya adalah kurangi makanan junkfood, seafood, jeroan, dan daging kambing terlebih dahulu. Sebaiknya, perbanyak makan buah, sayur dan makanan yang bernutrisi tinggi.

Baca juga: Meningkatkan Imunitas Tubuh dengan Vitamin C Alami

4. Kurangi Begadang

Pastikan Anda tidur yang cukup minimal seminggu sebelum medical check up dilakukan. Kurang tidur akan membuat tubuh Anda lemas dan tidak fit sehingga mempengaruhi hasil dari medical checkup.

Dengan tidur yang cukup akan membuat tubuh Anda jauh lebih bugar dan lebih segar.

5. Minum Air Putih yang Cukup

Tahukah Anda bahwa minum air putih berfungsi untuk mengeluarkan limbah dan racun yang ada dalam tubuh Anda. Selain itu, hati dan ginjal Anda akan bekerja lebih optimal karena mendapatkan cairan yang cukup.

6. Berhenti Konsumsi Obat-obatan dan Alkohol

Satu hari sebelum tes kesehatan, usahakan jangan mengkonsumsi obat jenis apapun. Karena urin Anda akan dicek dan nanti akan kelihatan hasilnya. Hal ini untuk menghindari salah persepsi, takutnya Anda seorang pecandu.

Tahapan Medical Check UP (MCU)

Untuk masing-masing perusahaan tahapan medical check up yang dilakukan tentu saja berbeda. Namun secara umum beberapa tahapan MCU dibawah ini sering dilakukan walaupun tidak semua.

  1. Tes Tensi, yaitu tes tekanan darah
  2. Tes Darah, yaitu untuk mengecek kemungkinan adanya penyakit seperti kekurangan darah (anemia), kanker darah (leukimia), infeksi, masalah pembekuan darah, dan lainnya.
  3. Tes Mata, yaitu untuk mengetahui kondisi kesehatan mata Anda Plus atau Minus.
  4. Tes Buta Warna, yaitu untuk mendeteksi buta warna. Karena ada beberapa perusahaan yang tidak menerima calon karyawan buta warna.
  5. Tes THT, yaitu untuk mengecek kesehatan telinga, hidung, dan mulut.
  6. Tes Urine, yaitu untuk memeriksa adanya gangguan dalam tubuh. Nanti akan kelihatan hasilnya melalui sampel urine Anda.
  7. Tes THORAX (Rontgen), untuk memeriksa berbagai macam kondisi dalam tubuh Anda. Dada, tulang, hingga jantung.
  8. Tes Ambein (wasir), untuk mengecek ada tidaknya pembengkakan pembuluh darah vena. Walau tidak semua perusahaan menerapkan tes ini.

Itulah tips Medical Check Up agar lolos untuk Anda yang akan menjalani tahapan rekrutmen terakhir ini. Semoga lolos dan diterima.

Kontributor pencarinafkah.com. Blogger asal Klaten - Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.