6 Tips Cerdas dalam Memilih Domain

Tips Cerdas dalam Memilih Domain
https://www.pexels.com/id-id/foto/vintage-maket-antik-mesin-tik-4160092/

Saat ini, kita tentu sudah tidak asing dengan penggunaan website, bukan? Di era yang serba digital seperti sekarang, keberadaan website telah banyak dibutuhkan oleh berbagai pihak baik itu untuk penggunaan pribadi atau personal, perusahaan, sekolah, instansi-instansi tertentu hingga pada level pemerintahan.

Nah, komponen website yang tidak kalah penting dan harus diperhatikan adalah pemilihan nama domain. Menentukan nama domain tidak bisa dilakukan asal-asalan. Tujuannya adalah agar nama domain mudah diingat dan bisa menjadi brand yang unik di mata pengguna internet. Nah, pada artikel kali ini, akan dibagikan beberapa informasi terkait cara cerdas dalam memilih nama domain, terutama bagi yang masih pemula. Yuk langsung simak ulasannya.

Bacaan Lainnya

Tips Cerdas dalam Memilih Domain

1. Pastikan Nama Domain Belum Digunakan

Saat Anda ingin memilih nama domain, pastikan bahwa nama tersebut belum digunakan oleh orang lain, khususnya dari pihak kompetitor Anda jika domain akan digunakan untuk keperluan bisnis. Anda bisa menggunakan alat bantu untuk mencari tahu apakah nama yang Anda inginkan tersedia. Jika tidak tersedia, Anda dapat membuat sedikit perubahan pada nama yang Anda inginkan.

2. Buatlah Nama Domain yang Singkat dan Mudah Diingat

Penting untuk memilih nama domain yang mudah diingat orang lain. Anda bisa menggunakan nama domain yang singkat atau pendek untuk mempermudah pelanggan Anda dalam mengingatnya. Jika nama domain yang Anda pilih terlalu panjang, kemungkinan pelanggan untuk melakukan salah ketik akan lebih besar dibanding jika nama domain Anda pendek dan mudah diketikkan.

3. Hindari Penggunaan Angka dan Tanda Hubung

Penggunaan angka di domain Anda akan membuat pengunjung website kebingungan. Selain itu, jika Anda menggunakan tanda hubung dalam nama domain Anda, maka hal tersebut akan menyusahkan pelanggan Anda dalam mengejanya. Penggunaan angka dan tanda hubung juga bisa menyulitkan pelanggan dalam mengartikan nama domain Anda.

4. Cek Juga Platform Media Sosial

Apa hubungannya nama domain dengan nama akun di platform media sosial?
Mungkin bagi beberapa orang, hal ini tidak masuk dalam pertimbangan. Namun ternyata memiliki nama domain dan akun media sosial yang sama akan lebih memudahkan pelanggan dalam mengingat Anda atau bisnis Anda. Nah, jadi ya untuk melakukan pengecekan terhadap nama akun media sosial. Pastikan nama domain tersebut tersedia untuk digunakan untuk akun media sosial Anda juga.

5. Menghindari Merek Dagang

Penting bagi Anda untuk memastikan bahwa nama domain yang Anda gunakan tidak mencantumkan merek dagang. Misalnya, jangan menyertakan kata “Instagram” atau “Adidas” dalam nama domain yang Anda inginkan. Jika Anda tetap mencantumkan merek dagang ke dalam nama domain Anda, maka kemungkinan Anda bisa dituntut oleh perusahaan-perusahaan yang bersangkutan.

6. Menambahkan Nama Area

Dalam memilih nama domain, Anda juga bisa menambahkan nama area atau kota pada domain untuk mencapai sasaran bisnis Anda. Misalnya, saat ini Anda sedang tinggal di kota Jogja, maka mungkin anda bisa menambahkan kata Jogja di dama domain Anda. Hal ini akan membuat pelanggan lebih mudah dalam menemukan Anda atau bisnis Anda.

Nah, itulah tadi 6 tips cerdas yang bisa diterapkan ketika Anda ingin memilih nama domain. Semoga dengan adanya informasi di atas, Anda semakin lihai dalam menentukan nama domain sehingga bisnis Anda pun akan lebih mudah dikenal dalam skala yang lebih besar.

Jika Anda berkeinginan untuk membeli domain. Jetorbit menyediakan berbagai ekstensi domain yang bisa menyesuaikan kebutuhan Anda. Bagi Anda yang ingin membeli domain namun takut data pribadi Anda terpublikasi, maka Anda bisa memilih untuk menggunakan domain protection? Apa itu domain protection dan bagaimana cara membelinya? Tenang, Anda bisa mendapatkan panduan lengkapnya di Pengertian dan Cara Order Domain Protection.

Tidak hanya itu, masih ada jasa layanan lainnya seperti hosting, pembuatan website toko online, yang bisa mendukung perkembangan bisnis Anda.

Baca Juga: Cara Mengatasi Refund Saldo DANA Yang Tidak Masuk ke Rekening

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.