Cara Mengatasi Refund Saldo DANA Yang Tidak Masuk ke Rekening

Refund saldo pada aplikasi DANA akan dilakukan begitu transaksi yang kita lakukan gagal atau tidak berhasil. Transaksi gagal atau tidak berhasil ini seringkali terjadi pada pembelian pulsa dan paket data. Meski begitu transaksi gagal bisa juga untuk metode atau menu yang lainnya.

Saat transaksi berubah status dari proses menjadi gagal maka secara otomatis pihak DANA akan melakukan Refund saldo ke rekening pembayaran yang Anda gunakan. Jika tidak ada kendala proses pengembalian saldo ini akan selesai dan berhasil secara cepat.

Bacaan Lainnya

Akan tetapi apa yang harus Anda lakukan ketika pengembalian saldo ini tidak kunjung masuk ke rekening? Kebetulan kami baru saja mengalami kendala demikian dimana saldo refund dari aplikasi DANA tidak kunjung masuk ke rekening yang biasa kami gunakan untuk bertransaksi di aplikasi DANA.

Jika Anda mengalami hal yang sama silahkan ikuti cara yang kami lakukan agar segera mendapatkan pengembalian saldo yang seharusnya milik Anda.

Cara Mengatasi Refund Saldo DANA Yang Tidak Masuk ke Rekening Mandiri

Hal penting yang harus Anda ketahui adalah kami menggunakan rekening dari Bank Mandiri untuk melakukan transaksi di aplikasi DANA. Dan seharusnya kami mendapatkan pengembalian saldo juga di rekening yang sama.

Kami rasa meski Bank yang Anda gunakan berbeda namun cara untuk mengatasi refund saldo DANA yang tidak kunjung masuk ke rekening mungkin saja hampir sama. Jadi silahkan simak langkah-langkah yang telah kami lakukan untuk mendapatkan pengembalian saldo.

Baca Juga: Daftar Lengkap Harga Pulsa di Aplikasi DANA

Hubungi DANA CARE

Hal pertama yang kami lakukan pada tanggal 17 April 2022 adalah menghubungi DANA CARE untuk menjelaskan permasalahan yang terjadi pada transaksi tersebut. Kami menghubungi DANA CARE melalui aplikasi DANA kemudian pilih menu Riwayat lalu pilih transaksi yang statusnya refund atau masalah lainnya.

Setelah itu klik pada menu “Cari Bantuan ?” kemudian pilih jenis masalah dan jelaskan masalah yang Anda alami lalu kirim.

Selanjutnya Anda perlu menunggu balasan dari pihak DANA sampai mendapatkan petunjuk atau keterangan jelas atas transaksi refund tersebut.

Pada kasus yang kami alami pihak DANA telah melakukan pengembalian saldo dan meminta kami untuk mengecek rekening yang kami gunakan sebagai pembayaran.

Cara Mengatasi Refund Saldo DANA Yang Tidak Masuk ke Rekening

Jadi kami simpulkan bahwa pihak DANA sudah melakukan pengembalian saldo namun belum masuk ke rekening kami. Sehingga hal yang kami lakukan selanjutnya adalah menghubungi pihak Mandiri pada tanggal 21 April 2022.

Baca Juga: Cara Mudah Bayar Lazada Pakai DANA

Hubungi Pihak MandiriCare

Untuk menghubungi pihak Bank Mandiri Anda bisa mengirimkan email ke mandiricare@bankmandiri.co.id dan menjelaskan masalah yang Anda alami. Pada saat itu kami harus mengisi beberapa informasi seperti:

  • Nomor Rekening Mandiri Tabungan
  • Tanggal Lahir
  • Nama Ibu Kandung
  • Alamat Lengkap sesuai buku Mandiri Tabungan dan KTP (nama jalan, nomor rumah, dan nama kota)
  • Kode Virtual Account
  • Jenis OS/iOS (Contoh; Android 10)
  • Type Handphone (Contoh; Vivo Y50)

Setelah mengirimkan informasi tersebut barulah keluhan Anda akan diproses. Pada kasus kami, kami diminta untuk melakukan konfirmasi ke pihak DANA padahal sebelumnya kami sudah melakukan konfirmasi.

Jadi hal yang kami lakukan adalah mengirimkan bukti kami melakukan konfirmasi atas pihak DANA dan mengirimkan ke MandiriCare.

Setelah itu kami mendapatkan email yang akan menindaklanjuti dan diregistrasikan laporan pada tanggal 24 April 2022.

Dan pada tanggal 26 April 2022 kami mendapatkan email dari mandiricare yang berisi informasi bahwa refund telah dilakukan. Langsung kami cek mutasi rekening untuk memastikan apakah saldo sudah masuk atau belum.

Karena saldo sudah masuk ke rekening jadi kami membalas email mandiricare dengan ucapan terimakasih serta konfirmasi bahwa saldo refund sudah masuk ke rekening.

Proses untuk mendapatkan saldo refund yang tidak kunjung masuk ke rekening ini sangatlah memakan waktu. Akan tetapi kalau kita melakukannya dengan sabar maka kami yakin uang Anda akan kembali kepada Anda.

Mungkin demikian pengalaman yang dapat kami bagikan dalam mengatasi refund saldo DANA yang tidak masuk ke rekening dan semoga dengan apa yang kami sampaikan ini dapat memberikan manfaat kepada Anda.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *