6 Sifat Istri Yang Mendatangkan Rezeki Lebih Untuk Suami

6 Sifat Istri Yang Mendatangkan Rezeki Lebih Untuk Suami

Banyak yang sudah membuktikan bahwa dengan menikah akan terbuka pintu rezeki. Yang awalnya bisa dibilang cuma hidup pas-pasan dengan gaji pas-pasan dan hidup di rumah kontrakan yang sempit serta makan yang pas-pasan.

Ternyata Allah beri kelapangan setelah kesempitan. Karena Allah menolong setiap orang yang menikah dan yang ingin menjaga kesucian dirinya.

“Perempuan itu dinikahi karena empat faktor yaitu agama, martabat, harta dan kecantikannya. Pilihlah perempuan yang baik agamanya. Jika tidak, niscaya engkau akan menjadi orang yang merugi”.[3]

Dan banyak juga yang berkata kalau sifat-sifat istri berikut ini bisa mendatangkan atau melancarkan rezeki untuk suami.

Lalu apa saja sifat yang harus dimiliki isti agar bisa mendatangkan rezeki yang lebih untuk suami?

6 Sifat Istri Yang Mendatangkan Rezeki Lebih Untuk Suami :

1. Istri Yang Senantiasa Bersyukur

“Dan ingatlah ketika Tuhanmu memaklumkan: jika kalian bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu dan jika kamu mengingkari (nikmatKu) maka sesungguhnya adzabku sangat pedih” (QS. Ibrahim: 7).

Jika istri senantiasa bersyukur kepada apa yang diberikan oleh suami selain bisa menambah nikmat hubungan suami istri atau keluarga mereka juga akan lebih romantis.

“Barang siapa yang tidak mensyukuri yang sedikit, maka ia sulit untuk mensyukuri sesuatu yang banyak.” (HR. Ahmad, 4: 278. Syaikh Al-Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan sebagaimana dalam As Silsilah Ash Shohihah no. 667)

2. Istri Yang Bertaqwa & Bertawakal Kepada Allah

“Barang siapa yang bertaqwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan Dia memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Barang siapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)-nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)-Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi segala sesuatu.” (QS. Ath-Thalaq: 2-3)

Jika seorang istri yang bertaqwa serta bertawakal hanya kepada Allah sementara statusnya hanya menjadi ibu rumah tangga, maka kemungkinan besar rezekinya bisa diberikan melalui suaminya.

3. Istri Yang Memperbanyak Istigfar

“Maka aku katakan kepada mereka: ‘Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai.” (QS. Nuh: 10-12)

Para sahabat telah menghitung dalam setiap majelisnya, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam terlihat paling banyak beristigfar.

Walaupun dosa-dosa beliau telah diampuni, namun beliau Rasulullah shallalahu ‘alaihi wa sallam adalah orang yang paling banyak beristigfar di setiap waktu.

Jika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam saja yang sudah dijamin dosanya yang telah lalu dan akan datang akan diampuni, bagaimana lagi dengan kita yang tidak dijamin seperti itu?

Sungguh, kita sebenarnya yang lebih pantas untuk bertaubat dan beristighfar setiap saat karena dosa kita yang begitu banyak dan tidak pernah bosan-bosannya kita lakukan.

4. Istri Yang Suka Menjalin Silaturahim

“Siapa yang suka dilapangkan rizkinya dan dipanjangkan umurnya hendaklah dia menyambung silaturahim.” (HR. Bukhari no. 5985 dan Muslim no. 2557).

Seorang istri yang gemar menjalin silaturahim baik itu kepada orang tuanya, mertua, atau saudari-saudarinya pada hakikatnya dia sedang memperlancar rezeki suaminya karena silatirahimnya tersebut.

5. Istri Yang Rajin Bersedekah

Perlu diketahui bahwa sedekah tidak selamanya harus dilakukan dengan uang.

“Pada pagi hari diharuskan bagi seluruh persendian di antara kalian untuk bersedekah. Setiap bacaan tasbih (subhanallah) bisa sebagai sedekah, setiap bacaan tahmid (alhamdulillah) bisa sebagai sedekah, setiap bacaan tahlil (laa ilaha illallah) bisa sebagai sedekah, dan setiap bacaan takbir (Allahu akbar) juga bisa sebagai sedekah. Begitu pula amar ma’ruf (mengajak kepada ketaatan) dan nahi mungkar (melarang dari kemungkaran) adalah sedekah. Ini semua bisa dicukupi (diganti) dengan melaksanakan shalat Dhuha sebanyak 2 raka’at.” (HR. Muslim, no. 720).

“Allah Ta’ala berfirman: Wahai anak Adam, janganlah engkau tinggalkan empat raka’at shalat di awal siang (di waktu Dhuha). Maka itu akan mencukupimu di akhir siang.” (HR. Ahmad, 5:286; Abu Daud, no. 1289, Tirmidzi, no. 475; Ad-Darimi, no. 1451. Syaikh Al-Albani dan Syaikh Syu’aib Al-Arnauth mengatakan bahwa hadits ini shahih.)

Namun jika anda mempunyai uang lebih untuk disedekahkan maka itu bisa menjadi hal yang lebih baik.

“Perumpamaan orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir ada seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa saja yang Dia kehendaki. Dan Allah Mahaluas lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al-Baqarah: 261).

6. Istri Yang Selalu Mendoakan Suaminya

Sesungguhnya do’a seorang muslim kepada saudaranya di saat saudaranya tidak mengetahuinya adalah doa yang mustajab (terkabulkan). Di sisi orang yang akan mendo’akan saudaranya ini ada malaikat yang bertugas mengaminkan do’anya. Tatkala dia mendo’akan saudaranya dengan kebaikan, malaikat tersebut akan berkata: Aamiin. Engkau akan mendapatkan semisal dengan saudaramu tadi.

“DanTuhanmu berfirman: Berdoalah kepadaKu niscaya Aku kabulkan” (QS. Ghafir: 60).

Dan sebagai istri anda bisa mendoakan suami saat dia sedang bekerja atau mencari rezeki.

Selain itu jangan lupakan kewajiban anda menjadi istri dalam hal mentaati serta melayani suami dengan sebaik-baiknya.

Mungkin hanya ini yang bisa kami sampaikan mengenai sifat-sifat istri yang bisa mendatangkan rezeki lebih untuk suami, jika ada kekurangan dalam artikel ini anda bisa memberikan masukan melalui kolom komentar yang ada dibawah ini.

Baca Juga : 

12 Tips Dalam Mencari Pekerjaan Agar Cepat Mendapatkan Pekerjaan

Panduan Membayar Zakat Online Terpercaya Via KitaBisa.com

Akibat Resign Dari Tempat Kerja Tanpa Pamit

Silahkan Tuliskan Komentar Anda Disini...