Wajib Cobain, 7 Rawon Paling Enak di Surabaya!

Rawon Surabaya
Sumber: https://www.unileverfoodsolutions.co.id/en/recipe/rawon-rice-R0074120.html

Rawon merupakan makanan dengan kuah berwarna hitam yang dicampur daging. Kuah berwarna hitam tersebut berasal dari bahan kluwek. Makanan dengan cita rasa gurih ini sangat populer di Jawa Timur, khususnya di kota Surabaya. Saking populernya, setiap wisatawan yang berkunjung ke kota pahlawan akan mencari sajian khas ini.

Ada banyak tempat makan Rawon terkenal yang tersebar di kota Surabaya. Biasanya para wisatawan akan menggunakan kendaraan pribadi untuk memudahkan mereka menjelajahi tempat makan Rawon yang ada di kota ini. Jika tidak mempunyai kendaraan pribadi, solusinya bisa dengan rental mobil di Surabaya. Ada banyak tempat rental mobil di sini dan untuk proses penyewaannya bisa dilakukan dengan cara online, yakni menggunakan aplikasi Traveloka.

Bacaan Lainnya

Nah, untuk memudahkan kamu mencari tempat makan rawon yang enak di Surabaya, berikut ini ada beberapa rekomendasi yang bisa kamu datangi, rasanya dijamin enak dan tidak mengecewakan:

7 Rawon Paling Enak di Surabaya

Rawon Kalkulator

Bisa dibilang rawon kalkulator merupakan salah satu tempat makan rawon yang cukup populer di Surabaya. Bahkan kepopulerannya sudah terdengar hingga ke luar Surabaya. Tempat makan dengan nama yang cukup unik ini berlokasi di kawasan Taman Bungkul. Berada di lokasi yang sangat strategis, tentunya akan sangat mudah menemukan tempat ini.

Disebut rawon kalkulator karena penjualnya bisa menghitung harga makanan pelanggan dengan cepat tanpa menggunakan kalkulator. Selain namanya yang unik, rawon di sini juga terkenal enak. Pelayanan yang diberikan juga sangat baik dan ramah. Harga seporsi rawon di sini mulai dari Rp 30.000.

Rawon Nguling

Banyak yang bilang, jika berkunjung ke Surabaya wajib mampir ke tempat makan rawon nguling. Rawon di tempat ini terkenal dengan cita rasa yang sangat lewat. Selain enak, rawon nguling juga dinobatkan sebagai rawon legendaris. Berasal dari daerah perbatasan antara Pasuruan dan Probolinggo, rawon ini sudah berdiri sejak tahun 1940.

Meskipun sudah ada sejak lama, kualitas dari rawon nguling masih tetap terjaga hingga kini. Rawon di sini mempunyai kuah yang tidak terlalu kental dan dicampur dengan daging sapi yang empuk. Terdapat pula tambahan kecambah pendek yang menambah cita rasa.

Rawon Ibu Soepinah

Rawon ibu Soepinah juga termasuk rawon yang legendaris. Rawon yang satu ini sudah berdiri sejak tahun 1966. Sama halnya dengan rawon nguling, meskipun sudah lama ada, rawon ini tetap dengan cita rasa yang sama.

Berbeda dengan rawon lain, rawon ibu Soepinah biasanya ditambahkan topping berupa empal dan serundeng. Untuk menikmati seporsi rawon ini, kamu bisa menemukannya di Jalan Pasar Kembang, Surabaya. Tempat ini buka dari pukul 05.00 – 12.00 WIB.

Rawon Setan

Dari namanya sudah bisa tergambar kalau rawon ini mempunyai cita rasa pedas yang menusuk. Ya, dinamakan rawon setan karena rasanya yang pedas. Rawon yang satu ini terkenal dengan sambalnya yang begitu pedas serta ukuran daging yang besar dan empuk.

Selain karena rasanya yang pedas, dinamakan rawon setan karena dulunya tempat makan ini bukan dari pukul 22.00 WIB hingga pagi hari. Namun, sekarang tempat ini buka selama 24 jam. Bagi kamu pecinta pedas, kamu bisa menemukan rawon ini di Jalan Embong Malang, nomor 78, Genteng, Surabaya.

Rawon Pak Pangat

Salah satu daya tarik dari rawon pak Pangat adalah tempat makan ini menyediakan rawon dengan banyak varian. Beberapa varian rawon yang populer di sini diantaranya rawon krengsengan, rawon campur, dan rawon empal suwir.

Untuk menikmati seporsi rawon pak Pangat, rasanya kamu tidak akan kesulitan mencarinya. Karena, tempat makan ini sudah memiliki beberapa cabang di Surabaya. Untuk kamu yang ingin menikmati rawon dengan cita rasa yang berbeda, rawon pak Pangat solusinya.

Rawon Gajah Mada

Rawon Gajah Mada berasal dari kota Sidoarjo. Rawon ini sudah sangat terkenal di Sidoarjo. Namun, semenjak memiliki cabang di kota Surabaya, rawon ini sudah menjadi makanan favorit warga Surabaya. Gak hanya warga Surabaya, para wisatawan juga tergoda dengan kenikmatan rawon ini.

Rawon Gajah Mada mempunyai cita rasa yang lezat dengan kuah pekatnya. Selain itu, rawon ini juga memiliki harga yang sangat terjangkau.

Rawon Mayit

Dalam bahasa Jawa, kata mayit berarti mayat atau jenazah. Akan tetapi, dengan menggunakan kata mayit bukan berarti rawon ini untuk jenazah atau mayat. Dinamakan rawon mayit karena tempat makan ini berdekatan dengan kamar mayat RSU dr Soetomo Surabaya, di Jalan Mayjend Prof.Dr. Moestopo, No 6 – 8, Gubeng, Surabaya.

Nah, dari daftar 7 rawon di atas, adakah yang sudah pernah kamu coba? Kalau belum, itu tandanya kamu harus berlibur ke Surabaya!

Baca Juga: 10+ Rekomendasi Jualan Makanan yang Laku Setiap Hari

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *