PT DENSO Indonesia; Profil, Lowongan, dan Sejarahnya

PT Denso Indonesia Group

PT DENSO Indonesia, merupakan perusahaan yang berfokus pada produksi komponen atau spare parts otomotif. Di mana kini, perusahan tersebut telah menjelma menjadi group company, yang terdiri dari empat perusahaan termasuk Denso Indonesia sendiri. 

Kita akan membahas lebih dalam tentang profil perusahan DENSO Indonesia. Mulai dari awal mula berdirinya, sampai dengan bisa menyerap ribuan karyawan di tanah air seperti saat ini. Anda bisa menyimak penjelasannya, sebagai berikut.

Bacaan Lainnya

Sejarah Berdirinya PT DENSO Indonesia

Awal mula berdiri di tahun 1976 pada bulan Mei. Pabrik pertama PT DENSO Indonesia berdiri di kawasan industri Sunter – Jakarta Utara. Perusahaan ini adalah hasil dari perjanjian joint venture antara DENSO Corporation dengan PT. Astra Internasional, yang bernaung di bawah PT. Astra Otoparts Tbk. pada tahun 1973. 

Dalam DENSO Corporation sendiri, selain DENSO Indonesia, masih ada tiga perusahaan lainnya, yaitu: 

  1. PT DENSO Sales Indonesia 
  2. PT. TD Automotive Compressor Indonesia
  3. PT. Hamaden Indonesia Manufacturing 

DENSO Indonesia, fokus pada produksi otoparts atau komponen otomotif. Sebagai contoh antara lain seperti AC bus/truk/mobil, filter, busi, spark plug, radiator, magneto, dan masih banyak lagi. Pertama kali berproduksi yaitu tahun 1978, dengan hasil produksinya yaitu AC mobil dan radiator. 

Kemudian, DENSO Indonesia terus memproduksi komponen otomotif berkualitas tinggi hingga saat ini. Hasil produksinya tersebut tidak hanya didistribusikan pada pasar domestik, melainkan hingga lintas benua. 

Adapun tujuan ekspor produk yaitu wilayah Benua Asia, Australia, Eropa, hingga Amerika. Dengan pendistribusian hingga ke pasar global, sudah tentu kualitas produknya terjamin. 

Merujuk pada salah satu komitmen perusahaan yang tertuang dalam DENSO spirit, yakni untuk selalu mengutamakan kualitas dan kepuasan konsumen. Itulah kenapa DENSO bisa bertahan dan semakin berkembang di antara gempuran produsen serupa saat ini. 

Komitmen dan Landasan Operasional

Dalam menjalankan perusahaannya, DENSO memiliki komitmen dan juga landasan operasional. Di mana landasan operasional menjadi rambu-rambu pelaksanaan, sementara komitmen mereka ditujukan pada kelestarian lingkungan, keselamatan pelanggan, serta mobilitas yang lebih baik di masa depan. 

Adapun poin-poin yang menjadi landasan kerja dari PT DENSO Indonesia antara lain, yaitu: 

  • Penguatan keamanan informasi
  • Kepatuhan 
  • Promosi aktivitas tenaga kerja (SDM) 
  • Perlindungan Hak Asasi Manusia
  • Mengutamakan kesehatan dan keselamatan kerja
  • Perubahan pola atau sistem kerja 
  • Pengelolaan yang baik dan pengadaan yang berkesinambungan 

Dengan berpegang pada landasan kerja tersebut, DENSO berkomitmen untuk bisa menghadirkan produk berkualitas tanpa merusak lingkungan. Di samping itu, DENSO juga ingin mewujudkan kondisi dunia yang lebih aman dengan menekan angka kecelakaan lalu lintas. 

DENSO ingin berkontribusi dalam menghadirkan moda transportasi yang nyaman sekaligus aman, melalui komponen berkualitas yang mereka produksi. Demi mewujudkan hal itu, PT DENSO Indonesia fokus pada pengembangan di empat sektor yaitu electrification, connected driving, automated driving, dan factory automation. 

Dengan berkonsentrasi pada keempat sektor tersebut, DENSO berharap dapat menghadirkan nilai baru bagi keberlangsungan mobilitas di masa mendatang. Sementara komitmen mereka dalam menjaga lingkungan di tengah operasionalnya, antara lain dengan turut berperan untuk: 

  • Mengurangi zat-zat yang memberi dampak negatif pada lingkungan
  • Mencegah peningkatan efek global warming 
  • Mencegah polusi udara
  • Melestarikan dan melindungi sumber air bersih 

Perkembangan PT DENSO Indonesia Sampai Saat Ini 

Dari awal berdirinya di tahun 1976, kini PT DENSO Indonesia sudah semakin berkembang. Ditandai dengan berdirinya dua pabrik baru, yakni Bekasi Plant dan Fajar Plant yang sama-sama berlokasi di wilayah Cikarang Barat. 

Keberadaan dua pabrik tersebut bukan tanpa tujuan, selain sebagai pengembangan juga agar proses produksi dapat dikelompokkan, sehingga lebih mudah dikontrol. Pabrik pertama fokus untuk produksi sekaligus penjualan AC mobil, filter, dan radiator.  Namun juga masih memproduksi O2 sensor, spark plug, dan stick coil

Sementara pabrik kedua – Bekasi Plant – berdiri tahun 1996, digunakan untuk memproduksi AC bus, compressor, AI radiator fan, magneto, dan air cleaner. Pabrik ketiga – Fajar Plant – berdiri tahun 2014, fokus pada produksi starter, alternator, VCT, SIFS, ECU dan master cluster.

Tenaga kerja yang terserap pun melejit hingga lebih dari enam ribu karyawan per tahun 2015. Produk mereka pun sudah menjadi langganan dari berbagai perusahaan besar seperti PT. Honda Precision Manufacturing, PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia, PT. Kawasaki Motor Indonesia, dan banyak lagi lainnya. 

Hal itu sudah cukup membuktikan bahwa produk mereka berkualitas dan terpercaya. Ditambah dengan berbagai sertifikat serta penghargaan yang sudah dikantongi, seperti: 

  • ISO 140001
  • SMK3
  • ISO/TS 16949 
  • DENSO Global, President Award-Excellent Factory 2015 
  • dan lain sebagainya

Lowongan Kerja PT DENSO Indonesia

PT DENSO Indonesia mencari SDM yang kreatif dan siap untuk menghadapi tantangan, memiliki visi dan dapat berorientasi terhadap kualitas kerja dan juga kepuasan pelanggan. Apabila Anda mempunyai karakter demikian maka silahkan kunjungi link http://www.denso.co.id/hrdenso/ untuk bergabung ke PT DENSO Indonesia.

Baca Juga: Kisi-Kisi Tes PT Denso Indonesia Lengkap

Itu tadi sedikit ulasan mengenai profil dari PT DENSO Indonesia. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat bagi Anda. Dengan keterampilan yang mumpuni di bidang komponen otomotif, tidak menutup kemungkinan Anda bisa menjadi bagian dari perusahaan ini. 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *