Profil PT HPM – Honda Prospect Motor

PT HPM - Honda Prospect Motor

Perjalanan Honda dari tahun ke tahun mengalami peningkatan yang cukup tinggi hingga menjadi PT HPM – Honda Prospect Motor. Sehingga perjalanan sejarah dari perusahaan Honda tergolong cukup panjang dan menarik untuk diketahui.

Tidak hanya itu, perusahaan Honda mobil di Indonesia eksis sejak tahun 1960-an. Sehingga dalam 60 tahun perjalanannya, banyak inovasi menarik yang diberikan saat memproduksi mobil, motor dan berbagai barang produksi lainnya.

Bacaan Lainnya

Sejarah Singkat PT HPM – Honda Prospect Motor

PT HPM – Honda Prospect Motor memiliki sejarah panjang yang menarik untuk diketahui terutama oleh pecinta produk Honda. Sejarah perusahaan ini sendiri sejak pendirian perusahaan Honda di Jepang oleh Soichiro. Bisnis lain yang dijalankan oleh Soichiro antara lain bisnis robot, pesawat jet, dan juga generator listrik.

Soichiro membangun perusahaan Honda di Jepang pada tanggal 30 September 1948. Perkembangan yang terjadi pada perusahaan otomotif yang satu ini terbilang sangat pesat sehingga mampu menggusur dominasi perusahaan Nissan yang menjadi produsen mobil terbesar di tahun 2001.

Pada mulanya, produk Honda pertama kali masuk ke Indonesia ke tangan Hadi Budiman (Ang Kok Ha). Pada saat itu, Hadi Budiman lebih dikenal sebagai pedagang yang kemudian banting setir menjadi pemilik bengkel otomotif kemudian menjadi pemilik suku cadang.

Tidak hanya itu, Hadi Budiman juga mencoba untuk mengimpor mobil seperti Holden dan Fiat. Namun beberapa waktu kemudian, Hadi Budiman beralih melakukan impor mobil Honda. Impor mobil Honda yang dilakukan oleh anggota yaitu dengan mengambil sebanyak 50 unit Honda TN360 dan juga 150 unit lainnya dalam kurun waktu 1968-1969.

Selain itu, beberapa waktu kemudian Hadi Budiman menjadi agen tunggal Honda di Indonesia setelah hak agen tunggal temannya dicabut. Sehingga Hadi Budiman mendirikan PT Istana Mobil Raya Motor atau disingkat dengan Imora Motor.

Produk utama dari Imora Motor berupa sedan Honda dan menjadi agen tunggal Honda di Indonesia. Pada tahun 1975, Hadi Budiman mendirikan perusahaan dengan nama PT Prospect Motor sebagai perusahaan perakit mobil Honda di Indonesia.

Perkembangan Pabrik

Setelah mengetahui sejarah singkat di atas, Anda juga perlu mengetahui perkembangan dari pabrik PT HPM. Yuk, simak ulasan berikut ini secara lengkap untuk mengetahui apa saja perkembangan dari pabrik Honda mulai dari pabrik pertama hingga pabrik kedua.

Baca Juga: PT DENSO Indonesia; Profil, Lowongan, dan Sejarahnya

1. Pabrik Honda Pertama

Lokasi dari pabrik Honda pertama berada di Karawang, Jawa Barat di tahun 2003 bulan Februari. Kapasitas produksi dari pabrik pertama Honda mencapai 80 unit setiap tahunnya. Sedangkan luas wilayah yang digunakan untuk pabrik Honda pertama mencapai 512.500 meter persegi.

Teknologi yang melengkapi pabrik Honda pertama yaitu teknologi robotic machinery. Sehingga teknologi tersebut dapat digunakan untuk memproduksi CR-V, HR-V, Honda Mobilio dan juga mobil Honda Jazz. Bahkan, pabrik Honda yang satu ini dilengkapi dengan teknologi painting robot terbaru dalam proses pengecatan bodi mobil.

Investasi yang dibayarkan untuk teknologi painting robot sebesar 1 juta USD. Pabrik Honda pertama mampu melakukan pengecatan bodi mobil dengan presisi, kualitas dan juga ketebalan cat yang tinggi.

2. Pabrik Honda Kedua

Pendirian pabrik Honda kedua dilakukan pada bulan Januari 2014 di Karawang. Produksi yang dilakukan di pabrik kedua terbilang lebih banyak daripada pabrik pertama karena mencapai 120 ribu unit. Beberapa produk yang dihasilkan di pabrik Honda kedua ini antara lain Honda Mobilio, Honda Jazz, Honda BR-V dan juga Honda Brio.

Adanya kedua pabrik Honda di atas, PT HPM – Honda Prospect Motor mampu menghasilkan kendaraan sebanyak 200 ribu unit setiap tahunnya. Namun, kedua pabrik tersebut saat ini hanya memproduksi beberapa jenis kendaraan. Kendaraan yang diproduksi yaitu Honda Brio, Honda Freed, Honda Mobilio, Honda HR-V, Honda BR-V dan juga Honda CR-V.

Hal tersebut yang kemudian membuat PT HPM – Honda Prospect Motor menjadi 3 pabrikan mobil terbesar yang berhasil meluncurkan unit kendaraan yang sesuai keinginan konsumen. Bahkan, produk yang dimiliki berhasil menyabet mobil terlaris di Indonesia. 

Online Recruitment PT HPM

Apabila Anda tertarik untuk mempunyai karir bersama PT HPM – Honda Prospect Motor maka silahkan melakukan daftar online di website Online Recruitment PT HPM yang bisa Anda akses menggunakan link https://www.hpm.co.id/career/

Bagaimana, menarik bukan beberapa informasi tentang Honda seperti pada ulasan di atas? Demikian ulasan singkat mengenai sejarah dan juga perkembangan pabrik PT HPM – Honda Prospect Motor, semoga bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *