9 Persiapan Untuk Menyambut Bulan Ramadhan 2021

Ada baiknya kalau Anda melakukan persiapan untuk menyambut bulan Ramadhan yang datang setiap setahun sekali ini. Bulan Ramadhan adalah bulan yang selalu dinanti-nantikan oleh orang Islam karena dalam bulan Ramadhan kita bisa mendapatkan ampunan dosa-dosa dan bisa menjadi momen yang baik untuk mendapatkan banyak pahala.

Pada umumnya umat muslim akan melakukan puasa setiap hari selama bulan Ramadhan. Nah untuk Anda yang belum pernah atau belum terbiasa menyambut bulan Ramadhan, berikut ini adalah beberapa persiapan yang bisa Anda lakukan.

Bacaan Lainnya

Persiapan Menyambut Bulan Ramadhan

Persiapan yang kami sebutkan ini bisa Anda lakukan memang cocok untuk dilakukan dan boleh juga untuk Anda abaikan. Langsung saja berikut ini adalah hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk menyambut bulan Ramadhan menurut Pencarinafkah.com.

Persiapan Menyambut Ramadhan

1. Lunasi Hutang Puasa Tahun Kemarin

Sebelum Ramadhan tiba ada baiknya Anda bisa melunasi hutang puasa yang Anda lakukan pada Ramadhan tahun kemarin. Tapi bila ini adalah Ramadhan pertama Anda maka Anda tidak mempunyai hutang puasa.

Sebaiknya pelajari ilmu tentang hutang puasa Ramadhan kepada yang lebih ahli lagi. Bila Anda selalu bisa berpuasa sebulan penuh selama Ramadhan maka hal ini tidak akan pernah terjadi. Sayangnya untuk wanita memang terkadang ada halangan.

2. Menyiapkan Kondisi Tubuh dengan Baik

Sebelum Ramadhan tiba sebaiknya Anda sudah mulai membiasakan diri untuk menjaga kondisi seperti saat Anda menjalankan puasa. Untuk para pekerja atau orang yang suka beraktivitas, menyiapkan kondisi tubuh dengan baik adalah hal yang tidak boleh diabaikan sebab bila Anda tidak menjaga kondisi maka minggu pertama atau minggu kedua mungkin saat Ramadhan mungkin Anda bisa sakit.

3. Mengubah Pola Tidur

Jam

Untuk Anda yang biasa tidur diatas jam 10 malam, sebaiknya sebelum Ramadhan usahakan untuk membiasakan diri tidur dibawah jam 10 malam karena Anda harus bangun pagi untuk melakukan Sahur setiap hari saat Ramadhan supaya lebih bertenaga saat menjalankan puasa.

4. Latihan Puasa

Biasanya orang-orang yang jarang berpuasa akan merasakan beratnya puasa saat awal-awal bulan Ramadhan, tapi bila sebelumnya Anda sudah latihan puasa Senin – Kamis atau puasa lainnya maka puasa diawal Ramadhan tidak akan terasa sangat berat.

5. Memperdalam Ilmu Agama

Bulan Ramadhan adalah bulan yang suci. Akan ada banyak orang muslim yang melakukan ibadah di bulan Ramadhan. Untuk itu Anda juga tidak boleh ketinggalan dalam hal kebaikan, Anda harus mempelajari ilmu-ilmu Agama lebih dalam lagi untuk menyambut bulan Ramadhan.

6. Meningkatkan Kualitas Ibadah

Setelah Anda mempelajari ilmu Agama selanjutnya jangan menahan diri Anda untuk meningkatkan kualitas ibadah yang ingin Anda lakukan. Saat ilmu Agama Anda sudah bertambah banyak niscaya akan ada banyak ibadah yang ingin Anda lakukan.

7. Menyiapkan Perlengkapan Ibadah

Menjalankan ibadah akan lebih nyaman bila semua perlengkapannya ada seperti Sajadah, Peci, Sarung, Al-Qur’an, dan Mukena (untuk perempuan). Sedangkan untuk baju Anda tidak diwajibkan membeli yang baru, Asalkan masih bagus dan layak dipakai untuk beribadah maka hal tersebut tidaklah mengapa.

8. Persiapkan Materi

Apabila Anda sudah mempunyai penghasilan sendiri maka sisihkan sebagian materi Anda untuk melakukan lebih banyak sedekah selain itu Anda juga harus membayar zakat. Meskipun harga-harga naik saat bulan Ramadhan dan Anda mungkin mendapatkan THR namun usahakan jangan terlalu boros dalam belanja.

9. Siapkan Kebutuhan Sehari-hari

Untuk Anda yang sudah tinggal sendiri maka Anda wajib menyiapkan kebutuhan sehari-hari Anda sendiri. Hal yang perlu Anda perhatikan adalah menyiapkan kebutuhan saat Sahur dan berbuka puasa. Jika Anda terbiasa dengan masak sendiri maka Anda juga perlu bangun lebih awal untuk bisa menyiapkan Sahur.

Baca Juga :

Nah setidaknya itulah beberapa hal yang perlu Anda persiapkan untuk menyambut bulan Ramadhan dengan baik dan semoga bisa lebih berkah. Mungkin saja Anda bisa mempersiapkan hal yang lebih banyak dari yang sudah kami sebutkan ini. Bila iya, Anda boleh menambahkannya di kolom komentar tentang persiapan yang belum kami sebutkan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.