Ibu Hamil? Inilah Persiapan Melahirkan yang Wajib Diketahui

Persiapan Melahirkan
Sumber : https://www.pexels.com/id-id/

Menjadi seorang ibu adalah impian setiap perempuan yang telah menikah. Betapa bahagianya apabila mereka diberikan kesempatan untuk memiliki anak. Untuk menjadi hamil, Anda perlukan banyak persiapan sekaligus kesiapan dari pihak suami Anda juga.

Begitu hamil, sang ibu juga harus menjaga keadaan tubuh dan pikiran agar terus fit dan bugar. Saat melahirkan sang suami harus selalu siap siaga berada di dekat istri agar persalinan menjadi lancar. Nah apa saja sih persiapan melahirkan yang wajib Anda ketahui dan pelajari oleh ibu hamil? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Bacaan Lainnya

1. Mempelajari Informasi Tentang Proses Persalinan

Seorang ibu yang akan melahirkan wajib mempelajari proses persalinan. Terutama bagi ibu yang baru akan melahirkan untuk pertama kali, persiapan melahirkan wajib dimulai dengan memperbanyak ilmu persalinan. Persalinan terbagi menjadi dua macam, yaitu persalinan normal atau pervaginam dan operasi caesar. Mempelajari keduanya akan menjadi bekal yang dapat menenangkan apapun perencanaan proses persalinan Anda.

Informasi tentang persalinan dapat Anda pelajari melalui buku, majalah, ataupun artikel di internet. Selain itu Anda dapat memanfaatkan sesi konsultasi dengan dokter kandungan Anda. Jangan lupa mengajak suami Anda ya agar sesi konsultasi kandungan Anda lebih bermakna!

2. Membeli Perlengkapan Bayi

Setelah mempelajari informasi tentang persalinan, jangan lupa untuk mempersiapkan perlengkapan bayi Anda. Membeli perlengkapan bayi harus dilakukan jauh-jauh hari ketika Anda merasa fit. Sebab perlengkapan yang dibeli tidaklah sedikit dan akan memakan banyak waktu. Terutama apabila Anda menyukai hal yang lucu, Anda pasti membutuhkan usaha ekstra dalam persiapan kedua ini.

Apabila Anda sudah merasa kelelahan, Anda tidak harus membeli perlengkapan bayi secara offline. Anda dapat menggunakan gadget untuk berbelanja secara online. Salah satu rekomendasi kami untuk membeli perlengkapan bayi ada di Babycloudfoam yang menyediakan perlengkapan dengan kualitas terbaik, lho. Jangan lupa untuk membuat daftar perlengkapan bayi baru lahir yang wajib Anda beli. Cukup beli yang Anda butuhkan dan jangan boros karena biaya persalinan yang dibutuhkan pun tidak sedikit ya, Bunda.

3. Menjaga Pikiran Tetap Tenang

Seorang ibu hamil wajib menguasai teknik untuk mengontrol pikiran agar tetap tenang. Tujuan dari mengontrol pikiran adalah agar ibu hamil tidak merasa terbebani dengan akibat-akibat dari melakukan persalinan. Anda dapat menjaga pikiran tetap tenang dengan cara melakukan hobi ringan seperti membaca, menonton film, ataupun hobi-hobi lain yang membuat Anda rileks. Anda juga dapat melakukan me-time dengan tujuan membuat badan tetap rileks. Badan senang, pikiran pun tenang.

4. Menyiapkan Keperluan untuk Bersalin di Rumah Sakit

Persiapan melahirkan yang terakhir adalah menyiapkan keperluan untuk bersalin di rumah sakit. Ketika Anda melahirkan di rumah sakit, Anda membutuhkan beberapa barang saat masa perawatan. Beberapa barang tersebut adalah pakaian ganti, peralatan mandi, pakaian dalam, bra khusus untuk menyusui, pembalut khusus untuk ibu melahirkan, dan perlengkapan untuk buah hati yang baru lahir.

Beberapa perlengkapan tersebut wajib Anda siapkan satu atau dua minggu sebelum waktu persalinan. Walaupun tidak dapat memprediksi kapan Anda akan melahirkan, namun mempersiapkan keperluan ini sejak jauh-jauh hari akan sangat memudahkan Anda ketika merasakan kontraksi.

Baca Juga : Begini Cara Untuk Menyusui Bayi Baru Lahir

Sudahkah Anda Melakukan Persiapan Melahirkan?

Anda telah memahami setiap persiapan utama yang harus dilakukan sebelum melakukan persalinan. Setiap persiapan di atas wajib disiapkan dari jauh-jauh hari agar tidak membuat Anda merasa cemas. Jangan lupa meminta bantuan orang terdekat seperti suami atau keluarga agar Anda tidak kerepotan, ya. Semoga Anda diberikan kelancaran dalam persalinan Anda!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.