Begini Cara Untuk Menyusui Bayi Baru Lahir

Sumber : https://www.pexels.com/id-id/

Cara untuk menyusui bayi baru lahir tidak boleh dilakukan dengan sembarangan begitu saja. Bagi Anda yang baru akan mempunyai bayi pastinya masih belum tahu cara menyusui yang baik. Dalam menyusui bayi itu ternyata ada beberapa cara yang dapat Anda coba agar Anda dapat menyusui dengan nyaman.

Nah dalam kesempatan kali ini kami ingin memberikan contoh beberapa cara menyusui bayi yang baru lahir agar Anda tidak sembarangan dalam menyusuinya. Kami harap dengan penjelasan berikut ini Anda dapat menyusui dengan baik dan tenang.

Bacaan Lainnya

Cara Menyusui Bayi

cara untuk menyusui bayi baru lahir
Sumber : https://www.pexels.com/id-id/

Ada beberapa posisi yang bisa Anda gunakan untuk menyusui bayi, nah beberapa posisi ini mungkin ada yang membuat Anda nyaman untuk menyusui bayi Anda yang baru lahir.

1. Posisi Menggendong

Pertama Anda bisa menyusui dengan cara menggendong bayi Anda. Hal ini juga sudah banyak diterapkan di masyarakat. Namun ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum mulai menyusui dengan posisi menggendong bayi. Seperti ;

  • Jika Anda menyusui menggunakan payudara yang kanan maka kepala bayi seharusnya ke lipatan tangan kanan.
  • Jika Anda menyusui menggunakan payudara bagian kiri maka kepala bayi juga sandarkanlah ke lipatan tangan yang kiri.
  • Jangan lupa untuk memposisikan kepala bayi Anda ke salah satu lengan dan dekap tubuh si bayi agar menyentuh tubuh Anda.
  • Apabila menyusui menggunakan payudara kanan jangan lupa untuk menaruh lengan kiri bayi di bawah ketiak Anda seperti sedang memeluk tubuh Anda.
  • Apabila menyusui menggunakan payudara kiri maka Anda harus menaruh lengan kanan di bawah ketiak atau seakan sedang memeluk Anda.

Supaya tidak merasa pegal jika menyusui dengan posisi menggendong maka sebaiknya Anda menggunakan tumpukan bantal yang bisa Anda letakkan di bawah tangan saat sedang menyusui.

2. Posisi Menggendong Silang

Ternyata posisi menyusui bayi dengan cara menggendong masih ada teknik yang namanya menggendong silang. Buat Anda yang merasa masih asing dengan cara menyusui bayi posisi menggendong silang, berikut ini adalah poin-poin yang bisa Anda perhatikan.

  • Jika Anda sedang menyusui menggunakan payudara bagian kiri maka silahkan topang kepalanya dengan telapak tangan kanan Anda.
  • Jika Anda menyusui menggunakan payudara sebelah kanan maka yang harus Anda lakukan adalah menopang kepalanya dengan telapak tangan kiri.

Sementara tangan yang tidak digunakan untuk menopang bayi, dapat Anda gunakan untuk membantu mengarahkan payudara ke mulut bayi.

Anda harus berhati-hati jika ingin menggunakan posisi ini karena tidak semua orang kuat untuk menggendong bayi dengan satu tangan saja. Jadi lebih aman menggunakan posisi menggendong seperti pada poin nomer 1.

3. Posisi Berbaring Miring

Menyusui dengan cara berbaring miring memang sangat mudah untuk dilakukan. Dengan posisi ini Anda tidak akan pegal untuk menggendong bayi. Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui apabila ingin menyusui dengan cara miring.

  • Anda bisa memposisikan bayi menjadi miring sehingga perut Anda berhadapan dengan perut bayi.
  • Kemudian gunakan salah satu tangan Anda untuk menjaga bayi agar tidak terguling ke arah sebaliknya.

Dalam posisi ini Anda bebas mau memilih untuk miring ke kiri atau ke kanan.

4. Posisi Menyangga Kepala

Apabila saat lahiran Anda menggunakan proses caesar maka rekomendasi untuk menyusui adalah dengan posisi menyangga kepala. Sebeb dengan begini area perut Anda akan aman saat menyusui.

Selain itu posisi ini juga menguntungkan bagi Anda yang melahirkan bayi prematur, bayi kembar, atau mempunyai ukuran payudara yang besar.

Caranya adalah Anda dapat duduk di tempat yang nyaman kemudian taruhlah bayi di pangkuan Anda dengan posisi berbaring, sementara kaki bayi bisa Anda selipkan pada ketiak Anda.

Gunakan tangan Anda untuk menyangga kepala bayi dan gunakan satunya untuk mengarahkan payudara ke mulut bayi.

5. Posisi Duduk Bersandar

Salah satu posisi yang enak untuk menyusui selanjutnya adalah dengan duduk bersandar. Posisi ini juga cocok untuk Anda yang mempunyai payudara kecil.

Anda bisa duduk di kursi atau di kasur kemudian bersandar ke belakang, kemudian posisikan tubuh bayi menghadap Anda sehingga posisi perut bayi menempel pada tubuh Anda.

Baca Juga : Rekomendasi Parfum Wanita Agar Suami Nempel Setelah Pulang Kerja

Nah itulah cara menyusui bayi yang perlu Anda ketahui. Anda bisa mempraktikkannya ketika nanti sudah mempunyai bayi yang harus Anda rawat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.