Perawatan Lantai Kayu Parket Agar Awet

Lantai Kayu Parket
Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/kreatif-meja-lampu-apartemen-6585598/

Pernahkah Anda bosan dengan desain lantai yang begitu-begitu saja? Saat Anda membangun ruangan atau rumah dan ingin mempunyai lantai yang estetik maka Anda bisa coba menggunakan lantai kayu parket untuk memperindah lantai ruangan Anda.

Selain dapat mengubah lantai menjadi terlihat lebih mewah, rumah dengan lantai kayu parket juga dapat menjadi investasi jangka panjang. Jadi tidak heran kalau banyak orang yang ingin menggunakan lantai kayu parket.

Bacaan Lainnya

Kelebihan Lantai Kayu Parket

Selain dapat mempercantik desain lantai dan sebagai investasi jangka panjang dari nilai tambah sebuah rumah. Ternyata lantai kayu parket masih mempunyai beberapa kelebihan yang mungkin tidak akan Anda sangka sebelumnya.

Berikut adalah beberapa kelebihan yang perlu Anda ketahui.

1. Cocok Untuk Semua Tipe Rumah

Jadi bagaimanapun tipe rumah Anda asalkan masih ada lantainya maka akan cocok-cocok saja bila menggunakan lantai kayu parket. Justru malah hasilnya akan terlihat lebih bagus dan estetik.

Bahkan lapangan olahraga indoor juga banyak yang sudah menggunakan lantai kayu parket dimana bagi Anda yang menyukai olahraga badminton, voly, basket, atau olahraga indoor lainnya pasti pernah menjumpai lapangan dengan lantai kayu bukan?

2. Baik Untuk Kesehatan

Lantai kayu parket sebenarnya adalah merupakan lantai yang ramah lingkungan. Anda tidak perlu takut lagi dengan alergi atau jenis penyakit pernafasan mengingat lantai ini baik untuk kesehatan termasuk untuk balita dan juga lansia.

3. Membuat Suhu Ruangan Jadi Hangat

Sudah tidak perlu pusing lagi dengan suhu ruangan yang terlalu dingin saat malam hari sebab sifat kayu dapat menyimpan panas pada saat siang hari dan menghangatkan udara saat malam hari.

Dengan begitu suhu ruangan menjadi lebih stabil tanpa harus menggunakan alat pengatur suhu ruangan yang menggunakan listrik.

Setelah mengetahui tentang kelebihan dari lantai kayu parket yang malah membuat Anda semakin tertarik untuk membelinya. Ada baiknya Anda juga mengetahui cara perawatannya agar lantai Anda nantinya tidak mudah rusak dan bisa terlihat bagus dalam waktu yang lama.

Cara Merawat Lantai Kayu Parket

Perlu Anda ketahui bahwa sesuatu yang bagus itu pastinya membutuhkan perawatan yang khusus juga. Sebab jika Anda tidak merawatnya dengan baik mungkin hal yang tadinya bagus menjadi kehilangan nilainya.

Nah berikut ini adalah beberapa perawatan yang bisa Anda lakukan.

1. Dibersihkan Secara Rutin

Sebenarnya apapun lantai Anda baik itu dari keramik maupun kayu atau menggunakan jenis lantai yang lainnya maka Anda harus selalu membersihkannya supaya kotoran tidak menumpuk pada lantai.

Untuk membersihkan lantai kayu, Anda bisa menyapunya atau menggunakan vacuum cleaner. Dan jika ingin mengelap maka gunakan lap yang kering.

Sedangkan untuk perawatan tambahannya Anda bisa melakukan proses waxing atau menyemir ulang menggunakan bahan pengkilap kayu. Anda bisa menanyakan proses waxing ini kepada penjual lantai kayu parket untuk mendapatkan perawatan terbaik pada lantai Anda.

2. Jangan Mengepel Lantai dan Hindari Kelembapan

Alasan Anda tidak boleh mengepel lantai karena dapat membuat sendi-sendi pada paket tersebut menjadi lepas. Dan menyebabkan lantai menjadi bunyi saat diinjak selain itu jika kayu terkena air maka dapat menyebabkan lapuk.

Mengepel juga bisa mengakibatkan meningkatnya kelembapan sehingga dapat menyebabkan perbedaan tekanan secara drastis.

3. Dilapisi dengan Karpet

Agar lantai kayu parket Anda lebih awet maka Anda boleh melapisinya dengan karpet. Dan apabila Anda tertarik untuk menggunakan karpet sebaiknya pilih karpet yang alasnya tidak licin dan mudah tergeser.

Kemudian jika Anda menggunakan karpet maka Anda juga perlu untuk menjemur karpet tersebut supaya tidak menyebabkan kelembapan pada lantai.

Selain itu Anda juga perlu berhati-hati saat memindahkan perabotan agar tidak merusak lantai kayu yang sudah Anda pasang.

Memang perawatannya bisa dibilang agak ribet terutama bagi yang tidak rajin merawat rumah. Namun dibalik itu semua Anda bisa mendapatkan keindahan setelah menggunakan lantai kayu parket yang masih menjadi primadona bagi kebanyakan orang.

Baca Juga: Cara Daftar Agen Wahana Express

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *