Hati-Hati Penipuan Kerja Freelance. Ini Ciri-Cirinya

Penipuan Kerja Freelance

Pekerjaan freelance memang belakangan ini menjadi banyak peminatnya karena tidak terikat harus berangkat kerja ke kantor atau tempat kerja. Salah satu penyebab banyak orang yang suka dengan freelance adalah kita bisa bekerja dari tempat yang kita tentukan sendiri.

Karena semakin banyaknya pekerjaan freelance yang diminati masyarakat maka tidak heran kalau mulai bermunculan juga oknum-oknum jahat yang memanfaatkan situasi tersebut. Mereka adalah kelompok penipu yang berkedok sebagai penyedia kerja freelance.

Bacaan Lainnya

Ciri-Ciri Penipuan Kerja Freelance

Kami tidak menyebutkan nama kelompok tersebut karena nama bisa mereka ubah dengan mudah dan kapan saja. Kami akan mencoba menjelaskan bagaimana sistem penipuan ini supaya Anda terhindar dari modus mereka dan tidak ada korban lagi nantinya.

Entah bagaimana mereka mempromosikan bisnis penipuan ini karena ternyata sudah banyak korban yang mengalami kerugian puluhan juta rupiah. Bahkan salah satu rekan kami yang pernah memberikan kontibusi menulis artikel di Pencarinafkah.com juga sudah ada yang menjadi korban dan mengalami kerugian sekitar 40 juta.

Pertama-tama mungkin akan ada lowongan kerja atau penawaran kerja freelance seperti pada umumnya sehingga banyak orang awam atau pemula yang tertarik dengan promosi mereka ini.

Singkat cerita setelah itu korban akan diminta untuk melakukan sebuah pekerjaan dan mendapatkan upah. Sebenarnya ini masihlah hal yang wajar hanya saja ini adalah rencana penipu untuk meyakinkan korban.

Sekiranya sudah mendapatkan kepercayaan korban. Maka para korban yang mungkin dalam satu grup chat akan diberi penawaran untuk naik tingkat biasanya dengan iming-iming untuk mendapatkan pekerjaan dengan upah yang lebih besar.

Sayangnya korban harus membayar untuk memasuki fase tersebut. Setelah membayar maka akan ada grup khusus yang ternyata di dalamnya berisi para oknum. Jadi jika dalam grup ada 5 orang anggota maka 4 diantaranya adalah oknum.

Dengan kondisi tersebut korban akan terus digiring ke kondisi yang mereka mau baik melalui admin grup maupun melalui anggota lainnya yang ternyata adalah rekan dari penipu tersebut.

Inti dari sistem penipuan yang mereka lakukan adalah kelompok penipu ini akan meminta transfer uang supaya korban mendapatkan tugas dan mendapatkan upah dengan janji uang akan dikembalikan setelah menyelesaikan tugas.

Sehingga banyak orang yang terpaksa melakukan transfer untuk mendapatkan tugas. Nah sekali melakukan transfer maka uang korban akan terkunci oleh mereka. Pada saat ini para anggota grup yang lain mulai melakukan aksi mereka dengan seolah-olah mereka mendapatkan upah setelah melakukan transfer sehingga korban akan merasa jika dia benar-benar akan mendapatkan uang kembali setelah menyelesaikan transfer-transfer selanjutnya.

Nilai transfer biasanya dimulai dari kelipatan kecil yang kemudian sampai jutaan hingga puluhan juta. Bahkan jika korban terus menuruti mereka bisa kehilangan sampai ratusan juta.

Tips Terhindar dari Penipuan Freelance

Selain berhati-hati dalam memberikan informasi data pribadi maka Anda juga harus berhati-hati dengan segala modus yang meminta Anda untuk melakukan transfer uang.

Terlebih lagi dalam dunia pekerjaan termasuk freelance. Jika kelompok tersebut benar-benar memberikan pekerjaan freelance maka mereka akan memberikan pekerjaan kepada Anda tanpa harus membayar hanya untuk mendapatkan tugas atau pekerjaan.

Contoh situs freelance yang aman adalah seperti https://www.fiverr.com/. Ada banyak sekali hal yang bisa Anda jual tanpa harus membayar atau melakukan transfer hanya untuk mendapatkan tugas.

Baca Juga: Cara Daftar Shutterstock Untuk Menjadi Kontributor

Bagaimana kalau sudah menjadi korban penipuan freelance?

Saran kami Anda kumpulkan bukti-bukti yang sudah ada kemudian laporkan saja ke kantor polisi. Meski tidak ada jaminan uang akan kembali namun cobalah kumpulkan korban yang lain juga supaya semakin banyak orang yang lapor sehingga besar harapan kalau pelaku akan segera tertangkap dan tidak ada korban lagi.

Semoga rekan-rekan pembaca Pencarinafkah.com memahami apa maksud dari apa yang kami sampaikan. Jangan sampai kita atau rekan-rekan kita menjadi korban penipuan freelance.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *