Pengertian Dishwasher dan Kelebihannya dalam Meringankan Pekerjaan Rumah Tangga

Pengertian dan Kelebihan Dishwasher

Dishwasher adalah mesin yang sangat membantu meringankan pekerjaan rumah. Jika masih mencuci piring dengan cara manual, kini dengan dishwasher cucian piring Anda akan beres tanpa perlu capek-capek mencucinya dengan tangan.

Sebenarnya apa itu dishwasher dan apa saja kelebihannya dalam meringankan pekerjaan rumah? Untuk mengetahuinya, simak informasinya berikut.

Bacaan Lainnya

Pengertian Dishwasher

Dishwasher adalah mesin pencuci otomatis dan berfungsi untuk membersihkan segala peralatan dapur, seperti gelas, piring, garpu, sendok, dan sebagainya. Dishwasher memiliki bentuk fisik seperti oven listrik dan didalamnya terdapat rak untuk meletakkan perlengkapan dapur yang akan dicuci.

Berbeda dengan mencuci piring secara manual, dengan dishwasher harus menggunakan sabun khusus dan tidak bisa menggunakan sabun cuci piring biasa. 

Sebab, jika menggunakan sabun biasa akan cenderung menghasilkan banyak busa sehingga peralatan yang dicuci akan tetap licin. Oleh sebab itu, harus menggunakan sabun cuci piring khusus dishwasher yang tidak menghasilkan banyak busa.

Untuk cara kerja dishwasher mesin pencuci piring otomatis ini cukup simpel. Caranya cukup meletakkan gelas, piring, alat dapur, serta alat makan lainnya di rak dishwasher. Tuangkan sabun cuci piring khusus lalu tinggal nyalakan mesinnya. Tunggu dishwasher bekerja mencuci peralatan dapur Anda.

Kelebihan Menggunakan Dishwasher

Penggunaan dishwasher dinilai sangat memudahkan pekerjaan rumah, apalagi jika Anda adalah orang yang sibuk dan tidak sempat mencuci piring. Selain itu, dishwasher juga cocok dipakai pada rumah makan yang banyak menghasilkan piring-piring kotor. 

Berikut kelebihan dishwasher sebagai pencuci piring otomatis, antara lain:

1. Menghemat Waktu

Menghemat waktu merupakan salah satu alasan utama digunakannya dishwasher. Daripada mencuci piring secara manual dalam jumlah yang banyak, tentu akan menghabiskan banyak waktu. 

Sehingga menggunakan dishwasher menjadi pilihan yang tepat untuk membantu mempercepat pencucian piring.

Apalagi bagi ibu-ibu rumah tangga yang harus mengurus anak atau sibuk bekerja. Dishwasher tentu sangat dibutuhkan untuk membantu meringankan pekerjaan rumah.

2. Hemat Air

Dishwasher adalah mesin pencuci piring secara otomatis. Untuk itu, mesinnya pun sudah di setting terkait ukuran air yang dibutuhkan sesuai dengan jumlah peralatan yang akan dicuci. Artinya, dishwasher lebih hemat air dibandingkan dengan mencuci piring secara manual.

3. Lebih Aman dan Nyaman

Mencuci peralatan dapur yang tajam, seperti pisau tentu akan berbahaya jika dilakukan secara manual dan tidak hati-hati. Meski sudah berhati-hati tidak menutup kemungkinan tersayat pisau secara tidak sengaja karena licin. 

Namun dengan penggunaan dishwasher mampu bekerja secara otomatis tanpa tersentuh tangan, jadi lebih aman untuk peralatan yang berbau tajam.

4. Lebih Higienis

Penggunaan dishwasher dinilai lebih higienis dalam membersihkan segala peralatan dapur. Hal ini dibuktikan dengan dishwasher yang menggunakan air panas saat mencucinya. Air panas ini mampu menghilangkan kuman-kuman yang menempel pada peralatan dapur.

Selain itu, mesin ini bisa disesuaikan terkait temperaturnya dengan jenis peralatan apa yang akan dicuci. Biasanya untuk mencuci gelas, cangkir, atau barang lainnya yang tidak terlalu kotor, dishwasher akan menggunakan suhu lebih rendah. 

Sedangkan untuk membersihkan peralatan dengan noda membandel, seperti wajan, panci, dan alat besar lainnya bisa menggunakan temperatur suhu lebih tinggi. Dengan begitu, peralatan yang dicuci tidak mudah rusak karena dicuci dengan benar. 

5. Mudah Digunakan

Dishwasher adalah mesin pencuci piring otomatis yang dirancang untuk memberikan kemudahan bagi penggunanya. Anda hanya perlu memasukkan peralatan dapur yang ingin dicuci beserta sabun cuci piring khusus dan tinggal menyalakan mesinnya. Dengan begitu, pekerjaan cuci piring Anda sudah beres.

Baca Juga: 15 Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga di Desa Yang Sukses

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *