Ciri-Ciri Modus Penipuan Undangan Pernikahan Digital Lewat WhatsApp

Ciri undangan pernikahan digital penipuan

Modus penipuan undangan pernikahan digital yang tersebar melalui pesan WhatsApp sudah memakan korban dan korban kehilangan uang yang ada di rekening mereka karena terhubung dengan transaksi online seperti m-banking atau proses transaksi lainnya.

File malware yang berkedok undangan pernikahan ini dikirim ke nomor WhatsApp secara random dan terkadang pesan tersebut menyebutkan nama penerima pesan sehingga seolah-olah pelaku adalah kenalan korban.

Bacaan Lainnya

Kita harus selalu berhati-hati dengan modus penipuan digital baik itu melalui WhatsApp  atau melalui aplikasi chatting yang lain. Karena semakin berkembangnya teknologi jenis penipuan juga akan semakin banyak.

Ciri-Ciri Modus Penipuan Undangan Pernikahan

Jadi pada kesempatan kali ini kami ingin memberikan ciri-ciri dari modus penipuan undangan pernikahan digital yang beredar melalui pesan WhatsApp supaya Anda tidak menjadi korban dari modus seperti ini.

Jangan heran kalau ada orang yang mengetahui nomor WhatsApp Anda karena data kita sudah sering bocor dan juga sudah sering diperjual belikan. Yang bisa kita lakukan adalah waspada serta hati-hati dengan modus penipuan undangan pernikahan digital seperti ini.

Langsung saja berikut adalah ciri-ciri dari pesan WhatsApp modus penipuan undangan pernikahan digital.

1. Undangan adalah file .apk

Ciri undangan pernikahan digital penipuan

Ciri yang pasti adalah undangan pernikahan digital atau undangan lainnya ini adalah sebuah file .apk yang di dalamnya terdapat malware yang bisa meretas data perangkat secara remote sehingga bisa digunakan oleh penipu untuk menguras saldo yang kita punya dalam bentuk digital.

2. Menggunakan Nomor Yang Tidak Kita Kenal

Modus penipuan undangan digital

Sudah pasti penipuan ini menggunakan nomor yang tidak kita kenal. Untuk itu maka kita harus sedikit menaruh rasa curiga apabila ada nomor yang tidak kita kenal mengirimkan pesan undangan pernikahan yang menggunakan file .apk meskipun dalam pesan tersebut menyebutkan nama Anda.

Ingat data kita sudah sering bocor sehingga nama dari setiap nomor WhatsApp mungkin bisa mereka ketahui. Dan ada juga aplikasi yang bisa digunakan untuk mengecek nama hanya dari nomor telepon saja.

3. Memaksa Membuka File

Modus Penipuan Undangan Penikahan Digital Melalui WhatsApp

Apabila Anda balas chat dari penipu tersebut maka mereka akan kembali membalas chat dengan menggiring Anda untuk segera mengklik atau mendownload apa yang mereka kirimkan kepada Anda.

Jika Anda tidak berhati-hati maka bisa saja Anda akan menjadi korban modus penipuan undangan pernikahan digital.

Baca Juga: Hati-Hati Penipuan Kerja Freelance. Ini Ciri-Cirinya

Modus penipuan ini juga berdampak buruk terlebih saat kita mendapatkan undangan pernikahan digital yang asli atau bukan penipuan. Hal ini juga akan berdampak bagi Anda yang mungkin hendak mengirimkan undangan pernikahan digital melalui WhatsApp.

Tapi dengan mengetahui ciri-ciri yang sudah kami sebutkan semoga kita semua terhindar dari modus penipuan undangan digital melalui WhatsApp atau melalui aplikasi chatting yang lainnya.

Jangan lupa share peringatan ini karena masyarakat kita masih banyak yang awam dengan hal-hal seperti ini agar mereka tidak menjadi korban karena ketidaktahuan mereka dalam membedakan pesan penipuan atau bukan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *