7 Hal Yang Dapat Dilakukan Untuk Mengatasi Masalah Keriput di Muka

Masalah keriput pada dasarnya adalah bagian alami dari proses penuaan. Seiring bertambahnya usia, kulit akan berubah menjadi lebih tipis, lebih kering, dan kurang elastis, yang berarti kurang mampu melindungi diri dari kerusakan.

Masalah keriput adalah bagian normal proses penuaan manusia. Beberapa gerakan ekspresi muka, seperti tersenyum, mengerutkan dahi, atau menyipitkan mata, menyebabkan munculnya garis-garis halus dan kerutan.

Bacaan Lainnya

Seiring bertambahnya usia, garis-garis ini akan menjadi semakin dalam dan kulit akan kehilangan kelenturannya sehingga menjadi lebih sulit bagi kulit untuk kembali seperti semula dimana dapat membentuk lekukan yang permanen.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi perkembangan kerutan seperti paparan sinar matahari, kebiasaan merokok, dehidrasi dan sebagainya.

Adapun masalah yang dialami oleh beberapa orang yang usianya belum tergolong kategori usia lanjut tetapi sudah mengalami masalah keriput pada mukanya. Sehingga orang tersebut akan terlihat lebih tua daripada usianya.

Sebenarnya ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah masalah keriput di muka. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah keriput di muka, antara lain:

7 Hal Untuk Mengatasi Masalah Keriput di Muka:

1. Menggunakan Pelindung Matahari

Berlindung dari Panas

Menghindari paparan sinar UV mengurangi kerusakan pada kulit. Dermatologis merekomendasikan penggunaan topi dan pakaian untuk melindungi kulit dan menggunakan tabir surya SPF 30 atau lebih tinggi setiap hari.

Sinar UV memecah serat kolagen dan elastin di kulit. Serat ini membentuk jaringan ikat yang menopang kulit. Saat lapisan ini rusak, kulit menjadi lebih lemah dan kurang fleksibel. Kulit mulai terkulai, dan kerutan akan muncul.

Melembabkan secara teratur

Mencegah Masalah Keriput di Muka

Gunakan pelembab wajah karena dengan menggunakan pelembab akan mengurangi kemungkinan terbentuknya kerutan pada muka. Oleh karena itu gunakanlah secara teratur.

Berhenti merokok

Merokok membunuhmu

Kebiasaan merokok dapat mempercepat penuaan pada kulit dan menyebabkan masalah keriput di muka hal ini disebabkan karena merokok dapat mengurangi suplai darah ke area kulit.

Hilangkan kebiasaan meminum minuman beralkohol

Alkohol akan membuat kulit menjadi kering dan akan menyebabkan kerusakan pada bagian kulit, karena kulit yang kering akan cenderung mengembangkan kerutan. Khususnya kerutan pada muka.

Makan makanan yang sehat dan seimbang

Makan makanan yang sehat

Mulailah kebiasaan memakan jenis buah dan sayuran tertentu karena dengan mengkonsumsi berbagai macam jenis buah dan sayuran tertentu akan mencegah kerusakan pada kulit dan cenderung dapat menyehatkan kulit.

Sebisa mungkin mulai kurangi konsumsi gula dan karbohidrat olahan karena hal tersebut dapat mempercepat penuaan pada kulit. Untuk itu mulailah atur kebiasaan makan dan minum yang sehat.

Baca Juga :

Cuci muka dua kali sehari

Cuci muka untuk mencegah masalah keriput

Gunakan pembersih yang lembut, gunakan handuk yang lembut agar nyaman ketika digunakan untuk mengusap muka. Karena menggosok kulit menggunakan handuk atau kain yang berbahan kasar bisa menyebabkan iritasi dan mempercepat penuaan pada muka.

Mencuci muka ketika berkeringat banyak

Wajah seringkali berkeringat seusaimengenakan topi atau helm.Keringat dapat menyebabkan iritasi pada kulit dan tentunya dapat menyebabkan kerusakan pada kulit. Untuk itu segeralah cuci muka jika wajah terasaberkeringat.

Pada intinnya Setiap orang dapat menggunakan berbagai perawatan untuk mengurangi kerutan di muka.

Untuk itu mulailah perubahan gaya hidup baru dengan melakukan beberapa hal diatas supayabisa mengatasi masalah keriput pada muka dan terlihat awet muda dan tidak terlihat tua. Ayo segera praktekan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.