7 Kata-Kata Belajar Di Rumah Yang Bagus Untuk Motivasi Diri

Motivasi Diri Dengan Kata-Kata Belajar Di Rumah

Dengan menyebarnya Covid-19, dunia pendidikan mengubah sistem pembelajaran secara drastis menuju ke sistem Daring. Sayangnya, kebiasaan untuk belajar mandiri belum dimiliki oleh siswa di Indonesia.

Padahal, Pendidikan diketahui menjadi pondasi kekuatan Sumber Daya Manusia di negara manapun. Untuk itu, sangat penting bagi para pemuda bangsa untuk tetap menghidupi kata-kata belajar di rumah agar tetap termotivasi belajar.

Bacaan Lainnya

Kata-Kata Belajar di Rumah untuk Motivasi

Motivasi Diri Dengan Kata-Kata Belajar Di Rumah

1. “Orang yang tidak membaca buku sama dengan orang yang tidak bisa membaca.” – Mark Twain

Tanpa kemampuan membaca, seseorang akan melewatkan begitu banyak kesempatan untuk menjadi sosok yang lebih baik dari kondisinya sekarang. Sayangnya, tidak semua orang memperoleh kesempatan mewah untuk bisa duduk dan membaca.

Untuk itu, bagi Anda yang masih berkesempatan untuk membaca, gunakan waktu yang ada sebaik-baiknya. Buka wawasan dan kembangkan pola pikir Anda, agar bisa mendapatkan pendidikan yang lebih baik. Tanpa membaca sama saja Anda seperti orang yang tidak memiliki kesempatan belajar.

2. “Pendidikan adalah senjata terampuh untuk mengubah dunia.” – Nelson Mandela

Melalui pendidikan, Anda bisa mengembangkan pola pikir kritis dan keterampilan kreatif untuk bersaing di kancah internasional. Kombinasi keduanya dapat membantu Anda menyelesaikan masalah terdekat di lingkungan sekitar dan lingkup yang lebih luas lagi.

Anda dapat melakukan suatu tindakan berdasarkan pada pengamatan dan cara pandang terhadap kehidupan sehari-hari di sekitar. Pola pikir kritis membantu Anda mengenalnya dan keterampilan kreatif memberikan ide untuk opsi solusi terbaik.

3. “Hiduplah seakan Anda akan mati besok. Belajarlah seakan Anda akan hidup selamanya.” – Mahatma Gandhi

Esensi dari seorang pembelajar adalah kemampuan untuk berbagi. Untuk bisa berbagi, Anda harus memiliki cukup ilmu dan wawasan. Kata-kata belajar di rumah ini adalah salah satu bentuk berbagi pengetahuan.

Maka, belajarlah untuk pengetahuan yang lebih luas. Agar Anda bisa membantu orang-orang yang Anda sayangi dan masyarakat luas lainnya hingga Anda tidak lagi memiliki kesempatan melakukannya.

4. “Kebijaksanaan bukanlah produk dari persekolahan, namun hasil dari usaha untuk memperolehnya (melalui pendidikan).” – Albert Einstein

Memang belajar di sekolah bukanlah satu-satunya cara untuk memperoleh pendidikan. Tetapi, sistem di sekolah dirancang untuk membentuk kebiasaan seorang pembelajar. Untuk itu, ikuti sistemnya dan bentuklah kebiasaan untuk mepersiapkan masa depan.

5. “Usaha mendidik pikiran tanpa mendidik hati, sama sekali bukanlah pendidikan.” – Aristotle

Sembari belajar di tingkat sekolah atau universitas, Anda harus terus melatih kemampuan bersosialisasi dengan orang lain. Dengan demikian, Anda memiliki empati dan kepedulian akan kehidupan sesama. Hal ini yang mungkin dapat mendorong Anda untuk berkontribusi pada masyarakat sekitar.

6. “Hasil terbesar dari pendidikan adalah toleransi.” – Hellen Keller

Toleransi adalah tenggang rasa akan perbedaan yang muncul. Perlu wawasan yang luas untuk memahami perbedaan bukanlah masalah untuk mencapai tujuan bersama. Masalahnya terletak pada hilangnya kemauan untuk berkomunikasi dan berkolaborasi akibat egoisme.

7. “Pendidikan adalah paspor untuk ke masa depan, dan mereka yang mempersiapkan masa depan memiliki hari esok.” – Malcolm X

Masa-masa di depan akan lebih menantang dari sekarang. Kesempatan Anda untuk sukses akan tertutup tanpa kemampuan yang layak dijual’. Lebih dari itu, sangat penting memperlengkapi diri dengan keterampilan khusus. Misalnya, IT support, UX Writer, desainer, dan semacamnya.

Baca Juga :

Pendidikan adalah kesempatan untuk memperluas wawasan dan mengembangkan toleransi. Olah pikir, olah rasa, olah raga, dan olah hati membentuk menjadi manusia yang berkontribusi bagi sesama. Semoga kata-kata belajar di rumah ini dapat sedikit mempertahankan bahkan meningkatkan semangat dalam terus belajar dan berkembang.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.