Jualan di bulan ramadhan

6 Jenis Usaha Di Bulan Ramadhan

Bulan ramadhan adalah bulan yang paling ditunggu – tunggu semua orang, baik itu ibadahnya, hari liburnya, bahkan thrnya. Pada bulan puasa umat muslim ini mendadak banyak orang yang menjadi penjual untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Membuka usaha di bulan ramadhan adalah hal yang sangat bagus dan anda akan langsung mendapatkan banyak pembeli jika usaha yang anda jalankan banyak diminati di bulan ramadhan.

Ada enam jenis usaha di bulan ramadhan yang bisa anda maksimalkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Jenis Usaha di Bulan Ramadhan

1. Usaha Di Bidang Minuman

Usaha minuman adalah yang paling banyak diminati di bulan ramadhan sebab setelah seharian berpuasa ditambah masih melakukan pekerjaan sehari – harinya begitu menjelang berbuka pastinya orang – orang ingin berbuka dengan yang manis dan segar.

Macam – macam minuman akan selalu ada pembelinya asalkan kelihannya segar pasti orang akan tertatik untuk mencoba. Saat berbuka puasa satu orang saja bisa membeli lebih dari satu macam minuman.

2. Usaha Jajanan

Usaha di bulan ramadhan

Masih dalam hal berbuka puasa, setelah memuaskan rasa dahaga pastinya mereka tidak akan puas sebelum memakan sesuatu, nah jajanan atau cemilan ini adalah hal yang paling banyak dicari setelah minuman saat berbuka puasa.

Terlebih lagi untuk orang – orang yang tidak suka makan besar saat berbuka, jadi cukup dengan minum dan gorengan atau telur gulung saja sudah cukup.

Jika anda pandai membuat jajanan, anda bisa menjualnya sore hari menjelang jam buka puasa dimana jam tersebut orang – orang sedang mencari bahan untuk berbuka.

3. Jualan Makanan

Jika cemilan atau jajanan cocok untuk berbuka, makanan juga cocok untuk berbuka bersama dan sahur.

Pada bulan puasa warung makan terutama restoran akan sangat penuh untuk acara buka puasa bersama, Bagi anda yang menjalankan usaha dibidang makanan menambahkan menu makanan juga memperluas tempat akan sangat berefek baik untuk keuntungan.

Diperantauan warung makan pun juga akan menjadi sangat rame ketika jam sahur, menginggat banyak perantau yang tidak masak sendiri.

Jadi mungkin anda akan sangat kualahan dalam menghadapi pembeli di bulan ramadhan.

4. Parcel

Parcel atau bingkisan juga akan mulai banyak diproduksi di bulan ramadhan, untuk anda yang suka berkreasi dalam membuat parcel anda bisa mencoba menawarkan parcel anda ke rekan kerja.

Apalagi kalau tempat bekerja anda tidak memberikan bingkisan, jika anda bisa menawarkan dengan harga yang lebih murah dari diluar pasti rekan kerja anda akan memilih untuk membeli parcel kepada anda.

5. Travel

Meski tidak terlalu banyak diminati di awal bulan puasa namun jenis usaha transportasi akan melonjak di akhir bulan puasa hingga selesai bulan puasa. Hal ini dikarenakan banyak pekerja libur panjang dan dimanfaatkkan untuk mudik bagi para perantau.

Setelah tiket kereta, dan bis bahkan pesawat akan habis para pemudik juga akan mencari jasa travel mengingat banyak bawaan yang harus dibawa ketika mudik.

Anda juga harus pandai mencari travel demi menghemat uang dalam perjalanan, sebab harga transportasi akan meningkat hampir dua kali lipat menjelang lebaran

6. Busana Muslim

Hari raya idul fitri yang dilakukan setahun sekali ini adalah momen yang paling ditunggu – tunggu oleh umat muslim, untuk mempersiapkan hari raya idul fitri akan banyak orang yang membeli pakaian baru untuk digunakan saat hari raya.

Baik laki – laki atau perempuan pasti akan mencari pakaian muslim baru untuk lebaran, produk busana muslim pun akan sangat laku di bulan ramadhan.

Tapi berdasarkan sifat perempuan yang suka shopping sepertinya produk untuk perempuan akan sangat butuh banyak stok terlebih untuk jilbab.

Itulah enam jenis usaha di bulan ramadhan yang diperkirakan akan selalu rame saat bulan ramadhan. Untuk masalah jualan apa silahkan berkreasi karena anda akan mempunyai banyak saingan penjual dibulan ramadhan.

Mengingat akan ada banyak pengusaha dadakan atau musiman di bulan ramadhan, tapi jika anda memang niat untuk jualan seharusnya hal tersebut bukanlah menjadi penghalang untuk anda.

Silahkan membuka usaha anda dan kami doakan semoga laris dan banyak pelanggan setia.

Saya adalah penulis dan pemilik pencarinafkah.com, blogger asal Klaten Jawa Tengah.