Berani Coba Investasi Mata Uang Asing?

Sumber: https://www.pexels.com/

Investasi mata uang asing memang terkadang dilakukan oleh sebagian orang saja. Jadi tidak semua orang mau melakukan investasi menggunakan mata uang asing, padahal hal ini juga cukup menguntungkan sebagai investasi jangka panjang.

Jika Anda ingat pada tahun 2010 sampai 2012 harga USD 1 sama dengan Rp 8.500, sedangkan sekarang di tahun 2021 USD 1 saja sudah mencapai Rp 14.300, apabila pada tahun 2010 Anda menukarkan USD 100 dengan harga Rp 8,5 juta maka sekarang uang tersebut sudah bernilai Rp 14,3 juta.

Bacaan Lainnya

Bukankah itu adalah salah satu opsi investasi jangka panjang yang menguntungkan? Padahal selain USD Anda juga bisa melakukan investasi dengan mata uang lain. Meskipun begitu jenis investasi ini juga tetap mempunyai resiko. Jadi Anda jangan buru-buru dalam mengambil keputusan.

Bahkan Anda juga harus memahai hukum dari investasi seperti ini pada agama Anda, apakah hal semacam ini halal atau haram. Karena setiap agama mempunyai larangan yang berbeda, jadi Anda perlu memdalaminya sendiri.

Cara Freelancer Melakukan Investasi Mata Uang Asing dengan Mudah

Investasi Mata Uang Asing
Sumber: https://www.pexels.com/

Selama Anda dibayar menggunakan rupiah, cara investasi mata uang asing adalah dengan menukarkan rupiah menjadi dollar atau mata uang yang lain. Namun apabila Anda adalah seorang freelancer yang umumnya itu dibayar menggunakan dollar maka kami mempunyai cara menarik yang bisa Anda coba.

Mayoritas seorang freelancer itu mempunyai dompet digital sendiri untuk menerima pembayaran dari jasa yang dia lakukan. Nah dompet digital yang sering dipakai adalah PayPal. Sedangkan mata uang yang sering digunakan adalah USD.

Jadi apabila Anda adalah seorang freelancer yang mencari cuan lewat Fiver maka Anda dapat menerima pembayaran melalui PayPal. Atau misalkan Anda juga menjual foto di Shutterstock maka Anda juga akan mendapatkan dollar dan dapat dikirimkan ke PayPal.

Dan beberapa contoh yang serupa.

Jadi investasinya adalah begini; Anda kumpulkan semua sumber penghasilan kemudian tabung di akun PayPal dan cairkan ke rupiah secukupnya saja, lalu sisanya biarkan Anda simpan di akun PayPal atau dompet digital kepercayaan Anda yang lain yang juga menggunakan mata uang asing.

Jadi apabila Anda mempunyai penghasilan sekitar USD 1000 per bulan, sedangkan biaya hidup Anda cukup dengan hanya Rp 2 juta saja maka Anda cukup mencairkan uang Anda yang ada di PayPal sekitar USD 200 dan sisanya Anda tabung atau biarkan di PayPal.

Anda bisa mencarikan sisanya saat dollar naik untuk mendapatkan rupiah yang semakin banyak. Mengingat nilai mata uang asing masih suka naik turun maka Anda harus berhati-hati dalam mengambil setiap keputusan.

Sedangkan resiko yang lainnya adalah apabila Anda kehilangan akun PayPal tersebut maka saldo Anda yang masih di dalam akun kemungkinan juga tidak akan aman.

Baca Juga: Arti Istilah FS dan NFS Dalam Jual Beli Facebook

Selain itu, Blogger dan Youtuber juga dapat melakukan hal yang sama apabila mempunyai akun Adsense dollar. Anda hanya perlu menahan penghasilan Anda kemudian melepaskannya saat dollar naik sehingga mendapatkan rupiah yang lebih banyak.

Namun hal ini juga sangat beresiko mengingat akun Adsense dapat terkena banned kapan saja.

Jadi investasi mata uang asing ini merupakan investasi jangka panjang yang cukup baik dan simpel dilakukan. Namun investasi ini juga mempunyai resiko, sama halnya dengan investasi yang lainnya. Semuanya keputusan kami kembalikan lagi kepada Anda. Selalu berhati-hatilah dalam mengambil keputusan meskipun hal tersebut dilabeli dengan investasi yang menjanjikan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.