Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Cek Tagihan Bulanan BPJS Kesehatan Lewat Online

Bagi anda yang sudah mendaftar menjadi anggora di Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan agar kartu BPJS Kesehatan terus bisa digunakan maka anda perlu membayar tagihan setiap bulan.

Mungkin yang sedang bekerja di perusahaan dan mendapatkan fasilitas asuransi BPJS Kesehatan tidak perlu memikirkan iuran bulanan yang harus di bayarkan sesuai kelas yang sudah di pilih.

Nah buat yang perorangan anda perlu membayarnya sendiri setiap bulan, sebelum membayar iuran pastinya anda penasaran dong berapa sih yang harus di bayarkan ke BPJS Kesehatan untuk bulan ini?

Apakah ada tunggakan atau malah sudah ada yang membayar?

Untuk mengetahui hal tersebut pastinya anda perlu melakukan pengecekan pada informasi pembayaran tagihan BPJS Kesehatan milik anda.

Berapa Tagihan BPJS Kesehatan Untuk Bulan Ini Yaa???

Ada banyak cara untuk mengecek jumlah tagihan yang perlu anda bayarkan untuk bulan ini, namun kami hanya akan menyebutkan cara – cara yang aman untuk di lakukan.

1. Cek di Situs Resmi dari BPJS Kesehatan

Tentu saja BPJS Kesehatan mempunyai website resmi yang bisa di gunakan untuk mengecek informasi serta tagihan bulanan para anggotanya.

Untuk melihat tagihan bulan ini serta informasi denda dan saldo anda bisa kunjungi BPJS-Checking dan ikuti sedikit tutorial yang akan kami jelaskan berikut.

  1. Silahkan kunjungi website BPJS-Checking
  2. Masukan nomer kartu atau nomer anggota
  3. Pilih tanggal lahir sesuai yang tertera pada kartu BPJS Kesehatan
  4. Masukan angka validasi seperti contoh
  5. Klik tombol ‘Cek’
  6. Tunggu sampai informasi dari kartu BPJS Kesehatan anda muncul.
Cek tagihan BPJS Kesehatan

2. Cek Menggunakan Aplikasi

BPJS Kesehatan juga mempunyai aplikasi yang bisa anda download di google play store, aplikasi yang resmi namanya adalah ‘Mobile JKN’

Dengan menggunakan aplikasi Mobile JKN anda bisa mendapatkan layanan online yang lebih lengkap termasuk bisa untuk cek tagihan bulanan.

3. Lewat SMS

Bagaimana kalau pengen lihat tagihan bulanan untuk pembayaran iuran BPJS Kesehatan namun lagi nggak ada kuota internet?

Tenang, anda bisa mengetahui berapa uang yang perlu anda siapkan untuk membayar iuran BPJS Kesehatan bulanan hanya dengan mengirim sms.

Cara ngecek lewat sms nya begini :

KETIK : Tagihan Nomor Kartu BPJS Kesehatan,

contohnya : (Tagihan 00001222333455) kirim ke 087775500400

Setelah anda mendapatkan informasi tagihan bulanan yang perlu anda bayarkan, selanjutnya hal yang perlu anda lakukan adalah membayar iuran tersebut.

Untuk pembayaran BPJS Kesehatan anda bisa menggunakan aplikasi shopee, mitra tokopedia, dana, maupun aplikasi yang lain.

Dengan membayar menggunakan aplikasi – aplikasi tersebut maka anda tidak perlu repot – repot untuk keluar rumah.

Baca Juga :

Setelah melakukan pembayaran, ada baiknya anda melakukan cek ulang apakah tagihan BPJS Kesehatan untuk bulan ini sudah kosong atau belum.

Saya adalah penulis dan pemilik pencarinafkah.com, blogger asal Klaten Jawa Tengah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.