Menghasilkan uang

Cara Terbaik Untuk Menghabiskan Uang Gajian

Dari pada mendapatkannya ternyata menghabiskan uang gajian itu lebih mudah dan cepat untuk dilakukan. Sangat di sayangkan jika anda menghabiskan atau mengeluarkan uang hasil kerja anda secara sia-sia.

Apakah anda sudah benar-benar sadar kemana saja uang gajian bulanan tersebut harus anda gunakan?

Selain untuk kebutuhan pokok baik pangan maupun sandang ternyata masih banyak hal yang harus anda penuhi yang selama ini justru sering dilupakan.

Lalu apa saja yang harus anda ingat ketika gajian?

6 Hal Yang Harus Anda Ingat Ketika Gajian :

1. Kirim Ke Orang Tua

Bahagiakan Orang Tua

Bukankah dulu alasan anda bekerja adalah agar meringankan beban orang tua?

Selain doa yang harus anda berikan setiap hari kepada orang tua, anda juga berkewajiban untuk menafkahi orang tua. Selain uang anda juga bisa memberikan hadiah atau fasilitas lain untuk mereka agar anda menjadi seorang anak yang berbakti kepada orang tua.

Apalagi kalau anda adalah seorang perantau yang jarang bertemu dengan orang tua.

Setelah anda diterima kerja dan mendapatkan gaji yang halal dalam jumlah yang lumayan, maka jangan sampai anda kehilangan ridho dari orang tua.

Apa artinya harta banyak dan tanah luas yang anda miliki kalau dengan orang tua anda sendiri saja anda tidak peduli?

2. Untuk Biaya Menikah

Menabung uang untuk menikah

Biaya menikah yang dimaksud bukanlah biaya pernikahannya saja yang harus anda persiapkan. Tapi juga biaya setelah anda menikah.

Kalau anda masih jomblo anda harus membiasakan diri untuk menabungkan sedikit dari gaji anda. Uang tabungan anda tersebut nantinya bisa anda gunakan untuk membayar pernikahan dan dengan belajar menabung ketika masih single sebenarnya anda juga belajar menafkahi istri dan anak anda nantinya.

Intinya kalau anda masih jomblo persiapkan atau menabung untuk menikah. Dan kalau anda sudah menikah jangan lupa untuk memberikan nafkah.

Sebab bagi laki-laki menafkahi istri serta anak adalah wajib anda lakukan.

3. Membayar Zakat

Uang gajian untuk bayar zakat

Jangan pernah anda lupa bahwa membayar zakat adalah salah satu dari rukun islam yang harus anda kerjakan jika anda seorang muslim.

Kalau anda adalah orang yang sudah gajian sebaiknya anda mulai belajar bagaimana cara untuk berzakat sebab kalau anda tidak membayar zakat sedangkan anda adalah termasuk orang yang mampu maka bisa jadi anda akan menjadi orang kafir dan murtad dari Islam.

Kalau memang anda adalah orang yang sibuk dan tidak sempat ngurus zakat maka anda bisa membayar zakat lewat website Zakat Kitabisa.com atau situs-situs yang terpercaya lainnya.

4. Bersedekah Kepada Orang Lain

Bersedekah untuk orang lain

Jika tadi zakat hukumnya wajib maka sedekah hukumnya adalah sunnah.

Kalau anda adalah seorang yang sudah kerja dan gajian ingatlah bahwa masih ada orang yang kondisinya dibawah anda. Masih banyak orang yang sibuk mencari kerja bahkan ada pula yang terpaksa untuk meminta-minta.

Sesekali berkunjunglah ke Kitabisa.com agar anda terbuka hati untuk melakukan sedekah.

“Orang-orang yang menafkahkan hartanya di malam dan di siang hari secara tersembunyi dan terang-terangan, maka mereka mendapat pahala di sisi Rabbnya. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.” (QS. Al-Baqarah: 274)

Lagian kalau anda melakukan sedekah dengan ikhlas maka anda juga akan mendapatkan gantinya, jadi saat terima gaji jangan lupa sisihkan uang anda untuk bersedekah.

“Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rezki bagi siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan menyempitkan bagi (siapa yang dikehendaki-Nya).” Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah Pemberi rezki yang sebaik-baiknya” (QS. Saba’: 39)

5. Investasi Akhirat

Investasi nggak pernah rugi

Sebaiknya jangan terlalu total dengan investasi dunia saja, sedikit demi sedikit belajarlah untuk menginvestasikan uang anda dengan ikut iuran dalam pembangunan sebuah masjid misalnya.

Dengan membangun masjid meskipun anda sedang tidur atau sudah meninggal nanti anda akan tetap mendapatkan pahala yang akan terus mengalir jika ternyata masjid tersebut banyak digunakan dalam hal kebaikan.

Investasi akhirat adalah investasi yang tidak akan pernah rugi.

6. Berqurban

idul adha

Jika anda mempunyai gaji yang lumayan misalnya 5 juta perbulan serta masih mempunyai beberapa di tabungan maka sebaiknya anda berqurban.

“Barangsiapa yang memiliki kelapangan (rizki) dan tidak berqurban, maka janganlah ia mendekati tempat shalat kami.” (HR. Ibnu Majah no. 3123. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan).

Apa yang harus anda lakukan kalau gaji anda ternyata jauh dari 5 juta?

Kalau anda berniat untuk berqurban maka mulai bulan ini sisihkan uang 300 ribu setiap gajian dan anda tabung tersendiri terserah anda mau taruh dimana, Jika anda berhasil menyisihkan 300 ribu setiap bulan atau 10 ribu setiap hari maka dalam 10 bulan saja tabungan tersebut sudah di angka 3 juta.

Dengan uang 3 juta sudah bisa anda belikan satu ekor kambing untuk berqurban tahun depan. Kalaupun ternyata harga kambing naik anda juga tidak akan nambah pengeluaran lagi dalam jumlah yang banyak.

Kalau anda memang belum mampu untuk berqurban maka semoga dimudahkan.

Silahkan Tuliskan Komentar Anda Disini...