Menghitung dengan baik

8 Cara Mudah Atur Gaji Bulanan Agar Lebih Hemat

Halo sahabat online, pada kesempatan kali ini kami akan berbagi kepada anda semua mengenai tips mudah atur gaji bulanan agar lebih hemat dan tentunya masih tersisa hingga bulan berikutnya. Benar adanya kalau kebutuhan sekarang ini bukan hanya sekedar makan saja, ada banyak sekali kebutuhan mendadak bahkan kebutuhan penting yang harus siap anda selesaikan dengan budget yang dimiliki.

Tidak banyak orang yang bisa mengatur keuangan mereka dengan baik, hingga pada akhirnya selalu kekurangan dengan gaji yang didapatkan. Contoh beberapa khasus viral di tahun 2020 ini adalah seorang karyawan dengan gaji 20 juta rupiah per bulan masih kekurangan karena gaya hidup yang tinggi, besaran cicilan rumah hingga 5 jutaan per bulan, mobil hingga 5 juta lebih dan belum lagi cicilan lainnya.

Nah, untuk karena itu butuh cara terbaik agar uang gaji bulanan anda benar-benar bisa hemat dan masih bisa ditabung untuk keperluan mendadak atau sebagai dana darurat. Coba simak ulasannya dibawah ini.

8 Tips Mengatur Gaji Bulanan Agar Lebih Hemat

Hitung nilai gaji rata-rata setiap bulannya

Menghitung dengan baik

Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah menghitung pendapatan bersih gaji anda selama satu bulan full. Sebagai perumpamaan saja, kalau dalam sebulan anda mendapatkan nilai gaji bersih sebesar Rp. 3 juta, maka anda harus bisa membaginya menjadi 3 kategori kebutuhan setiap bulannya.

Hal ini yang paling sulit dilakukan kebanyakan orang, mereka lebih memilih untuk menghabiskan 50% sebagai kebutuhan konsumtif dibandingkan menabung atau digunakan untuk invetasi.

Besaran pendapatan bulanan ini menjadi kunci utama kebutuhan hidup anda dalam satu bulan full. Jadi, harus bisa menajemen keuangan dengan baik dan benar, sehingga ada sisa uang di akhir bulan.

Bagi dalam 3 kategori keuangan

Waktu Yang Tepat Untuk Minta Kenaikan Gaji Bulanan Agar Lebih Hemat

Banyak orang sukses diluar sana yang berhasil membagi gaji mereka dalam 3 kategori keuangan yang terbukti sukses memberikan masa depan yang lebih baik.

Anda bekerja selama 10 tahun penuh dan tidak memiliki tabungan sama sekali, itu patut dipertanyakan. Lantas, apa yang akan anda lakukan ketika pensiun nantinya?

Nah ini yang terkadang menjadi pertanyaan kita sebagai kepala rumah tangga yang bekerja mencukupi kebutuhan keluarga. Sebelum terlambat, cobalah bagi dalam 3 instrumen keuangan ketika menerima gaji bulanan.

Mari kita perhitungkan dengan besaran gaji anda selama 1 bulan adalah 3 juta. Maka bagikan dengan perhitungan ( 1.5 juta untuk kebutuhan sebulan, 500 ribu untuk dana darurat, 1 juta untuk tabungan/investasi ).

Coba mulai sekarang bagi penghasilan anda menjadi 3 instrumen yang sudah kami jelaskan diatas, alhasil di masa depan anda bisa menikmati hasilnya.

Ingat, lakukan ini secara konsisten dan bukan hanya beberapa bulan saja. Penting sekali sebenarnya mencari pendapatan sampingan dibandingkan hanya mengandalkan pekerjaan utama saja.

Cari penghasilan sampingan

Contoh Surat kenaikan Gaji

Penghasilan sampingan bisa datang dengan cara apapun, ada banyak cara mendapatkan uang sampingan seperti dengan bisnis online dan offline ataupun cara anda sendiri.

Bisnis online ada banyak macamnya yang bisa anda coba lakukan dengan modal kecil sekalipun, pada intinya penghasilan sampingan bisa dipakai untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Sehingga besaran gaji anda yang 3 juta tadi bisa dialokasikan lebih banyak ke tabungan atau investasi, masa depan akan jauh lebih baik jika seperti itu.

Jadi, penghasilan sampingan ini bisa menjadi alternatif utama anda kalau besaran gaji standar 3 juta tadi masih kurang mencukupi.

Baca Juga : Dana, Aplikasi Jual Pulsa Murah Untungnya Banyak

Utamakan kebutuhan bukan keinginan

Merasa Bingung

Bagi anda yang masih single, sebenarnya kesempatan baik untuk mengumpulkan penghasilan sebagai tabungan utama. Hal ini dikarenakan, belum ada beban tambahan seperti mengurus keluarga.

Anda bisa mengurus diri sendiri dengan mengutamakan kebutuhan dibandingkan keinginan, benar adanya kalau keinginan selalu terbilang gengsi dibandingkan kebutuhan, jadi apapun itu yang sekedar keinginan saja, lebih baik dihindari.

Coba masukkan penghasilan anda dalam satu bulan ke dalam 3 instrumen yang sudah kami jelaskan diatas tadi. Kami yakin 5 – 20 tahun mendatang, ketika sudah pensiun akan menikmati hasilnya. Silahkan saja dicoba.

Hindari barang-barang mewah dengan nilai pakai yang sama

Smartphone 4g smartfren

Menghemat penghasilan bulanan dengan cara menghindari beli barang mewah adalah tips yang perlu anda tekankan dalam hidup. Mungkin tidak apa-apa kalau sesekali atau dua kali saja, namun jangan lakukan terlalu sering.

Itu hanya membuat anda senang sebentar dan lupa dengan barang tersebut beberapa hari kedepan. Jelas merugikan bukan? Belilah barang yang memang nilai pakainya sama, contoh saja smartphone.

Beli smartphone mau mahal dan murah, kalau fungsinya sama, ada baiknya beli yang murah bukan? Tetapi kalau untuk gengsi? Silahkan saja kalau anda mampu.

Pada intinya, beli barang dengan nilai pakai yang sama jauh lebih baik dibandingkan membeli dengan harga mahal namun fungsinya tetap sama saja.

Coba investasikan uang anda

Cara Negosiasi Gaji

Menghemat penghasilan bukan hanya dengan cara irit dalam jajan dan membeli kebutuhan saja, melakukan investasi di beberapa instrumen seperti pasar uang, obligasi, emas dan saham adalah pilihan terbaik untuk menjaga nilai mata uang anda.

Perlu diketahui kalau setiap tahunnya akan terjadi inflasi sebesar 3% dari besaran nilai mata uang di Indonesia. Menabung bukan cara utama meningkatkan penghasilan anda, namun cara terbaik menyimpan uang dibandingkan dihabiskan begitu saja.

Tetapi, kalau anda mau uang bekerja, investasi adalah cara terbaiknya. Ada banyak pilihannya dengan keuntungan dan resiko sendiri. Pertama investasi emas, investasi saham dan reksadana, investasi property dan investasi tanah.

Pilih saja yang cukup memberi kemudahan bagi anda, baik dari segi resiko hingga keuntungan kedepannya. Namanya investasi bukanlah hal yang sebentar, butuh waktu lama untuk menikmati hasilnya.

Baca Juga : Mendapatkan Keuntungan Bisnis Sewa Properti

Sediakan kartu ATM sendiri

Cara Mudah Atur Gaji Bulanan Agar Lebih Hemat

Penghasilan atau gaji bulanan biasanya akan diberikan langsung kepada karyawan dengan dua cara, langsung atau cash dan sistem transfer bank.

Ada baiknya anda buatkan satu ATM yang memang dikhususkan untuk menyimpan upah anda selama satu bulan. Dengan begitu, anda bisa mulai menabung atau investasi di deposito jika sudah mencukupi.

Ini merupakan cara terbaik dibandingkan menjadikan satu antara uang kebutuhan dan uang tabungan.

Baca Juga : 3 Tips Menyimpan Kartu Di Dompet Agar Tidak Rusak

Buatlah daftar kebutuhan selama satu bulan

Cara Mudah Atur Gaji Bulanan Agar Lebih Hemat

Kebutuhan memang tidak ada yang pernah tahu, kadang bisa datang mendadak.

Nah, ada baiknya anda tuliskan daftar kebutuhan dengan lengkap dan rinci, sehingga anda mengetahui pengeluaran di bulan depan apa saja, dan bisa menyisakan uang untuk dtabung atau investasi. Ini cara terbaik untuk menghemat gaji bulanan anda.

Nah itulah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan kepada anda mengenai cara mudah mengatur gaji bulanan agar lebih hemat. Terimakasih sudah berkunjung di artikel kami, semoga bermanfaat.

Saya adalah penulis dan pemilik pencarinafkah.com, blogger asal Klaten Jawa Tengah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.