Desain Kamar Kos Sederhana

Mendapatkan Keuntungan Bisnis Sewa Properti

Walaupuun ditengah pandemi dan new normal saat ini, bisnis properti akan masih sangat menguntungkan.

Dengan kebijakan Pemerintah akan new normal atau kebiasaan baru, sangat mempengaruhi konsumen dalam perubahan perilaku dalam pembelian.

Sehingga kedepan, perubahan perilaku orang ketika mencari properti lebih mengarah ke opsi sewa dibandingkan dengan membeli. Oleh karena itu, bisnis sewa properti masih sangat menguntungkan.

Apa saja yang bisa disewakan dalam bisnis properti?

Mendapatkan Keuntungan Bisnis Sewa Properti:

Bisnis Sewa Properti

Rumah

Anda punya rumah kosong yang masih bagus? Anda bisa menyewakan rumah tersebut. Bahkan rumah yang masih dalam cicilan masih bisa laku jika disewakan.

Bahkan sudah banyak sekali orang yang membeli rumah hanya untuk disewakan saja.

Gudang

Dengan semakin bertumbuhnya bisnis, kebutuhan untuk penggunaan gudang juga akan semakin meningkat. Nah, Anda bisa memanfaatkan peluang tersebut untuk mendapatkan penghasilan dari bisnis sewa gudang.

Tanah

Punya tanah kosong dan tempatnya strategis? Ini bisa menjadi peluang menguntungkan buat Anda. Foto lokasi tanahnya dan upload di situs lsiting properti atau Anda pasarkan lewat Facebook.

Tanah yang lokasinya strategis bisa mempunyai nilai sewa yang mahal ketimbang tanah yang lokasinya kurang strategis. Dengan menyewakan tanah tersebut Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan setiap bulannya. Dari pada cuma dianggurin kan sayang.

Ruko/Kios

Jika menyewakan tanah kurang menguntungkan, coba Anda bangun ruko diatas tanah Anda kemudian bisa langsung disewakan. Sayangnya biaya membangun ruko juga diperlukan modal yang lumayan.

Namun begitu ruko/kios tersebut selesai dan mempunyai lokasi yang cocok jika digunakan untuk membuka usaha, bisa dipastikan ruko/kios tersebut akan cepat laku ketika disewakan.

Ruang Kantor

Selain tanah, ruko, ataupun apartemen, Anda juga bisa menyewakan ruang kantor. Dengan menyewakan ruang kantor, Anda harus sudah menyediakan fasilitas layaknya kantor, meliputi meja, kursi, jaringan telepon, jaringan internet, dan air.

Cara mengiklankan Bisnis Properti bagaimana?

Jika Anda punya properti seperti diatas, Anda bisa memasarkannya di facebook marketplace atau di situs properti.

Tips Bisnis Sewa Properti

1. Tentukan target pasar

Target pasar mempengaruhi jenis properti yang dipilih. Keluarga muda atau pekerja temporer sangat cocok untuk target pasar sewa apartemen. Jadi tentukan dulu propertinya mau disewakan ke pangsa pasar yang seperti apa.

2. Hitung Harga Sewa

Pastikan harga sewa yang ditawarkan kompetitif. Jangan terlalu rendah atau terlalu mahal dari harga pasar. Lakukan riset terlebih dahulu. Ini akan mempengaruhi kemampuan bayar pangsa pasar yang Anda bidik.

3. Buat Surat Perjanjian

Buatlah surat perjanjian diatas hitam & putih dan ditandatangani oleh kedua belah pihak.

Yang harus ada dalam perjanjian tersebut meliputi, apakah uang sewa itu sudah termasuk biaya listrik, air dan lain sebagainya, Tanggal pembayaran uang sewa, jika terjadi kerusakan siapa yang bertanggung jawab, rincikan jenis kerusakan yang jadi tanggung jawab penyewa dan pemilik supaya tidak terjadi konflik dikemudian hari.

4. Kenyamanan dan Keamanan

Lokasi dan tempat yang nyaman & aman akan menjadi nilai tambah dan membuat penyewa betah untuk berlama-lama menetap di properti Anda. Jadi pastikan semua fasilitas tidak rusak, dan Anda selaku pemilik properti juga harus mudah dihubungi.

Itulah cara mendapatkan keuntungan bisnis sewa properti yang mungkin bisa Anda coba jika Anda memang akan menjajal berbisnis di bidang properti . Selamat mencoba!

Baca juga: 25 Contoh Desain Kamar Kosan Sederhana dan Minimalis

Kontributor pencarinafkah.com. Blogger asal Klaten - Jawa Tengah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.