4 Cara Merawat Tanaman agar Tidak Mudah Mati

Cara Merawat Tanaman agar Tidak Mudah Mati

Cara merawat tanaman terbilang susah-susah gampang. Bagi para pecinta tanaman, pastinya terasa tidak akan sulit. Namun, bagaimana jika seseorang yang tidak suka tanaman tapi ditugaskan untuk merawatnya? Pastinya orang itu akan merasa kesulitan dan bingung cara merawatnya.

Pastinya beberapa orang akan beranggapan merawatnya cukup dengan memberikan air yang cukup dan sinar matahari. Nyatanya, masih ada beberapa cara yang harus dilakukan untuk merawat tanaman agar tidak mudah layu dan mati.

Bacaan Lainnya

Cara Merawat Tanaman agar Tidak Mudah Mati

Jika Anda ingin mencoba merawat tumbuhan, berikut ini beberapa cara yang mungkin bisa Anda terapkan agar tanaman kesayangan Anda tidak gampang mati di rumah.

1. Melakukan Teknik Penyiraman yang Baik

Cara merawat tanaman pertama adalah dengan memperhatikan teknik saat melakukan penyiraman. Sebelumnya, Anda harus tahu berapa banyak kebutuhan air yang dibutuhkan oleh tanamanmu. Dengan kata lain, Anda harus mengenal tanaman tersebut lebih dulu.

Jika Anda menyiram tanaman dengan kadar air yang kurang, maka tanaman akan cepat layu dan mati. Namun, menyiram dalam jumlah yang banyak bukan berarti hal yang baik. Karena air yang melebihi kadarnya bisa membuat akar tanaman menjadi busuk. Oleh karena itu, pastikan Anda memenuhi kadar airnya secara merata.

Selain itu, proses penyiraman air pada tanaman sangat bagus di pagi atau malam hari. Hal ini bertujuan untuk membuat tanaman mempunyai suplai air yang cukup. Anda juga bisa memperhatikan genangan air dalam tanaman. Adanya genangan bis membuat jalur oksigen tanaman menjadi terhalang.

2. Menjaga Suhu dan Kelembapan Tanaman

Cara merawat tanaman untuk pemula yang bisa Anda coba adalah menjaga suhu dan kelembapan tanaman. Anda harus bisa mencari tahu suhu dan kelembapan yang sesuai dengan jenis tanaman. Tujuannya agar tanaman tidak tumbuh pada cuaca dan lokasi yang salah.

Oleh karena itu, Anda bisa memilih tanaman yang sesuai dengan iklim dan kondisi tanah agar mudah bagi tanaman untuk tumbuh. Hindari memilih tanaman yang tidak sesuai dengan suhu rata-rata di tempat Anda tinggal. Anda juga bisa menggunakan alat bantu seperti humidifier. Atau bisa juga memberikan air di sekeliling tanaman.

3. Memotong Tanaman yang Kering atau Mati

Cara merawat tanaman di rumah bisa dilakukan dengan memotong tanaman yang kering atau mati. Tujuannya agar penyakit pada tanaman tidak menyebar ke bagian yang lain. Jadi, saat Anda menemukan tanaman yang kering atau mati, segeralah memotongnya sebelum menyebar dengan cepat.

Anda juga bisa melakukan pengecekan terhadap tanaman dengan memperhatikan apakah ada yang layu atau tidaknya. Anda bisa memotong bagian tersebut menggunakan alat pemotong khusus tanaman. Jika Anda memotong bagian yang layu dan mati, bagian lain yang hidup bisa kembali menjadi segar dan tumbuh subur.

4. Menempatkan Tanaman di Posisi yang Mudah Mendapat Sinar Matahari

Cara merawat tanaman bisa Anda lakukan dengan menempatkan tanaman di posisi yang mudah terkena sinar matahari. Seperti yang diketahui, tanaman membutuhkan matahari untuk bisa tumbuh dengan baik. Jadi, Anda bisa mencoba untuk menempatkan tanaman pada area terkena sinar matahari langsung.

Cara ini juga bisa membantu Anda untuk mencegah tanaman menjadi layu. Karena melalui sinar matahari, tanaman bisa melakukan proses fotosintesis. Namun, perlu diperhatikan lagi jenis tanaman milik Anda. Karena ada beberapa tanaman yang hanya membutuhkan sinar matahari beberapa jam saja.

Baca Juga : Begini Cara Merawat Aglaonema Agar Cepat Beranak

4 cara merawat tanaman di atas bisa Anda coba dari sekarang. Meski Anda masih pemula, Anda bisa mencoba untuk mengenali dan peduli dengan tanaman. Jadi, apakah Anda sudah bisa merawat tanaman Anda sendiri?

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.