Begini Cara Merawat Aglaonema Agar Cepat Beranak

Cara Merawat Aglaonema Agar Cepat Beranak

Berkebun merupakan salah satu aktivitas yang dapat Anda pilih untuk mengisi kesibukan di rumah. Selain mengisi waktu dengan kegiatan produktif, merawat tanaman rupanya memiliki banyak manfaat, salah satunya dapat meredam stres.

Seiring dengan tingginya minat masyarakat akan kegiatan berkebun, membuat beberapa jenis tanaman menjadi terkenal. Hal ini berimbas pada harganya yang kian meroket. Untuk mengakali hal tersebut, simak cara merawat aglaonema agar cepat beranak sehingga Anda pun tak harus membelinya dalam jumlah banyak.

Bacaan Lainnya

Mengenal Aglaonema, Tanaman si Pembawa Rejeki

Aglaonema memiliki corak daun dengan paduan warna yang menarik. Hal ini menjadikan aglaonema memiliki pesona tersendiri, tak hanya bagi pecinta tanaman namun bagi orang awam sekalipun.

Di Indonesia, aglaonema juga dikenal dengan nama Sri Rejeki. Menurut kepercayaan, Sri Rejeki dapat membawa keberuntungan bagi pemiliknya. Namun hal ini tentu kembali pada kepercayaan masing-masing orang.

Pemilik nama lain Chinese Evergreen ini biasa tumbuh liar di hutan. Di pasaran ia dibanderol dengan harga beragam, mulai dari Rp 50.000 untuk tanaman kecil hingga ratusan ribu.

Jenis-jenis Aglaonema

Sebenarnya ada banyak sekali macam aglaonema, berikut beberapa diantaranya :

Aglaonema Pictum Tricolor

Seperti namanya, aglaonema jenis ini memiliki 3 jenis warna dalam daunnya, yaitu hijau tua, hijau sedang dan hijau muda dengan bentuk daun oval. Jenis aglaonema yang satu ini memiliki pertumbuhan lambat. Salah satu tips merawat aglaonema agar cepat bertunas ialah dengan meletakkan jenis ini di tempat yang memiliki cahaya cukup namun tidak terkena secara langsung.

Cahaya matahari yang mengenai daun aglaonema, membuat warna motifnya cepat pudar sehingga akan mengurangi keindahannya.

Aglaonema Silver Bay

Memiliki kombinasi perak dan hijau yang mengkilap dengan daun berbentuk oval. Jenis aglaonema ini cepat tumbuh.

Aglaonema Prestige

Motif daun aglaonema akan sangat cocok diletakkan di dalam ruangan dengan dekorasi putih sehingga warna daunnya pun semakin tegas.

Aglaonema prestige memiliki daun yang lebar dengan corak merah, merah muda dan krem. Batang berwarna merah mudanya semakin mempercantik penampilan.

Aglaonema Red Valentino

Daunnya berbentuk oval dengan ujung runcing serta paduan warna hijau tua dengan pink dan merah. Pastikan tempat tumbuhnya ideal agar aglaonema red valentino dapat hidup bertahun-tahun.

Baca Juga : 3 Jenis Wellness Yang Perlu Diketahui

Cara Merawat Aglaonema Agar Cepat Beranak

Cara Merawat Aglaonema Agar Cepat Beranak

1. Perhatikan Media Tanam

Cara merawat aglaonema agar tumbuh subur pertama adalah perhatikan media tanamnya. Gunakan campuran tanah, arang sekam, cocopeat dan kompos dengan perbandingan 1:½:1:½.

Sebelum memindahkan dari polybag, letakkan terlebih dahulu pecahan genteng di dasar pot. Setelahnya campuran media tanam hingga mencapai setengah pot.

Selanjutnya pindahkan tanaman dari polybag secara hati-hati. Setelah aglaonema berada di dalam pot, berikan sisa campuran tanah hingga penuh.

2. Perhatikan Pencahayaan

Tak kalah penting adalah memperhatikan intensitas cahaya. Seperti yang disebutkan sebelumnya, aglaonema dapat tumbuh subur dengan cahaya matahari cukup namun tidak boleh terkena secara langsung untuk menjaga warna daunnya tetap cantik. Menambahkan paranet untuk menghindarkan tanaman dari guyuran hujan deras, terik matahari hingga angin dapat Anda lakukan.

3. Perhatikan Penyiraman

Cara merawat aglaonema agar cepat beranak adalah menyiramnya secara rutin dengan jumlah air secukupnya. Tanaman yang terendam air dapat menyebabkan tunasnya cepat membusuk.

4. Perhatikan Perawatan

Cara alami agar aglaonema cepat beranak adalah menyiramnya dengan vitamin B1. Air cucian beras yang kaya akan vitamin B1 dapat Anda gunakan sebagai asupan yang dibutuhkan aglaonema.

5. Basmi Hama yang Mengganggu Pertumbuhannya

Kutu putih merupakan salah satu hama yang dapat mengganggu pertumbuhan aglaonema. Agar aglaonema dapat tumbuh subur, Anda dapat mengatasi hama tersebut dengan menggunakan kapas yang dicelupkan pada alkohol lalu dioleskan di tempat hama tersebut menempel.

Itulah beberapa cara merawat aglaonema agar cepat beranak yang dapat Anda lakukan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.