Cara Menyetrika Cepat dan Rapi Yang Wajib Anda Ketahui

Cara Menyetrika Cepat dan Rapi

Cara menyetrika cepat dan rapi adalah hal yang wajib untuk diketahui terutama untuk anda yang terlalu sibuk sampai jarang menyetrika pakaian. Padahal kerapian pakaian adalah hal yang sangat penting.

Kerapian pakaian merupakan sebuah kewajiban yang harus dimiliki setiap individu manusia karena selain untuk memperindah penampilan kerapian pakaian juga berpengaruh terhadap penilaian orang lain terhadap kita.

Bacaan Lainnya

Pakaian yang rapi akan memberi kesan indah pada orang yang melihatnya. Dalam menyiapkan pakaian yang rapi tentunya dibutuhkan keahlian dalam hal menyetrika pakaian.

Kita sering melihat sebagian orang tidak memperhatikan lipatan atau kekusutan pada baju yang sedang dikenakan.

Jika ada orang yang berkomentar tentang lipatan dan kekusutan pakaiannya mereka sering menjawab bahwa tidak ada waktu untuk menyetrika.

Padahal kerapian pakaian merupakan hal yang penting. Melihat peristiwa tersebut sebenarnya kita masih bisa melakukan kegiatan menyetrika baju dengan cepat dan rapi ditengah kesibukan kita masing-masing.

Berikut adalah cara ampuh menyetrika baju dengan cepat dan rapi.

Cara Menyetrika Cepat dan Rapi

Nyalakan setrika mulai dari suhu rendah

Mulailah dengan menyalakan setrika mulai dari suhu terendah namun sambil menunggu panas, Kita pilah-pilah pakaian kita berdasarkan jenis dan karakter kainnya.

Jika pakaian berbahan kain sintetis maka gunakanlah suhu panas yang rendah. Apabila pakaian berbahan kain wol dan sutra gunakanlah suhu panas yang sedang, dan apabila pakaian berbahan kain katun dan linen gunakanlah suhu panas yang tinggi.

Baca Juga : Mengenal Singkatan Dalam Dunia Clothing TS HD ZH Dan Yang Lainnya

Semprotkan pelicin atau pelembut

Seringkali kita temui bahwa menggunakan mesin pengering atau menjemur pakaian diluar ruangan memang dapat menghemat waktu untuk mengeringkan pakaian.

Akan tetapi hal ini malah membuat kita lama untuk menyetrikannya.

Alangkah baiknya yang kita lakukan adalah menyemprotkan cairan pelembut atau pewangi sampai pakaian sedikit basah sebelum menyetrika.

Sehingga kita jadi lebih menghemat waktu dan energi pun tidak akan banyak terbuang.

Gunakan papan setrika yang baik

Sebelum menyetrika alangkah baiknya kita juga memperhatikan papan setrika karena memiliki papan setrika yang baik hampir sama pentingnya dengan memiliki setrika yang bagus.

Jika papan setrika dalam kondisi yang kasar segera ganti sampul dengan tekstur sampul yang lebih rata dan halus. Supaya hasilnya juga halus.

Gerakkan setrika dengan arah memanjang

Arah gerakan dalam proses menyetrika baju ternyata bisa menyebabkan perubahan bentuk pakaian, sebaiknya gunakanlah arah memanjang dari atas ke bawah atau sebaliknya.

Menyetrika baju dari arah sisi kanan dan kiri justru akan membuat pakaian menjadi cepat melar, menggores kain dan bisa merusak pakaian kita.

Bagi tumpukan pakaian agar tertata rapi

Jangan menumpuk terlalu tinggi pakaian yang telah disetrika karena kebiasaan tersebut menyebabkan tumpukan pakaian diatas akan menjepit pakaian paling bawah.

Justru hal inilah yang akan membuat pakaian menjadi kusut. Sebaiknya bagilah tumpukan lipatan pakaian ke beberapa bagian dalam almari sehingga pakaian tidak terlalu menumpuk tinggi.

Bersihkan setrika yang selesai digunakan

Setelah selesai menyetrika pakaian alangkah baiknya kita segera membersihkan setrika secara teratur agar plat logam tidak lengket dan kotor. Karena jika plat logam lengket atau dapat mengubah warna pakaian dan membuat kain tersangkut.

Untuk itu segera bersihkan plat logam setrika dengan menggunakan satu sendok makan baking soda dicampur dua sendok makan air yang diletakkan dalam wadah kecil, lalu aduk sampai menjadi pasta dan segera oleskan ke permukaan plat logam dengan menggunakan kain.

Demikianlah cara ampuh menyetrika pakaian dengan cepat dan rapi, semoga cara ini dapat berguna dan bermanfaat bagi kita semua.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

1 Komentar

  1. owh jadi gerakkan setrika dengan arah memanjang yah