Cara Mengelola Gaji 3 Juta Perbulan Agar Bisa Menabung

Mengelola Gaji 3 Juta

Ada banyak cara untuk mengelola gaji 3 juta perbulan agar bisa menabung dan cukup untuk kebutuhan sehari-hari. Namun masih sedikit orang yang benar-benar bisa mengelola gaji bulanan.

Karena masalah dan kebutuhan setiap orang berbeda-beda. Tips ini mungkin akan lebih cocok untuk anda yang masih single dan tidak mempunyai hutang.

Bacaan Lainnya

Gaji dengan nominal 3 juta sudah cukup besar jika kita tinggal di kota dengan UMK yang rendah dan akan terasa kecil apabila kita tinggal di kota UMK tinggi.

Jika anda mempunyai gaji 3 juta perbulan dan tinggal di kota dengan UMK rendah mungkin anda tidak perlu terlalu mengelola keuangan. Seharusnya anda sudah bisa menabung.

Meskipun begitu kalau anda tidak hati-hati dalam mengelola gaji tetap saja gaji tersebut akan terasa kurang.

Tapi apabila anda sekarang mendapatkan gaji 3 juta dimana angka tersebut dibawah UMK tempat tinggal anda, maka anda perlu belajar untuk mengelola gaji.

Cara Mengelola Gaji 3 Juta

Apakah anda pernah merasa kalau gaji anda selalu habis dan entah kemana? Memang benar apabila kita tidak mengelola gaji rasanya uang kita hanya berlalu begitu saja.

Untuk mengatasi masalah tersebut dan agar bisa menabung dari gaji 3 juta perbulan. Berikut ini adalah tips yang bisa anda lakukan.

1. Catat Pengeluaran

Menghitung Keuangan Agar dapat mengelola gaji 3 juta dengan benar

Mencatat keuangan adalah hal penting yang harus dilakukan untuk mengelola gaji anda. Apabila semua transaksi tercatat dengan baik anda bisa tahu hal-hal yang menyebabkan boros.

Sehingga kita bisa mengurangi pembelian yang tidak termasuk kebutuhan. Contohnya seperti ; beli sepatu baru padahal sepatu yang kemarin juga baru sebulan dan masih layak dipakai.

Baca Juga : Toko Grosir Kaos Polos Klaten 100% Cotton Combed 30s Siap Kirim ke Seluruh Indonesia

2. Berani Hemat

Riset atau pelajari catatan keuangan anda pada bulan sebelumnya. Coret kebiasaan buruk yang bisa membuat gaji anda cepat habis. Hilangkan pembelian berdasarkan keinginan tanpa kebutuhan.

Agar bisa menabung dengan gaji 3 juta tentu saja kita harus belajar berhemat secara perlahan. Tidak ada yang namanya menabung tapi gaya hidup sehari-hari tetap boros. Kecuali anda sudah punya penghasilan 1 milyar per hari.

Dalam berhemat kita tidak perlu memaksa sampai menyiksa diri. Tetap makanlah makanan yang sehat, layak, dan enak. Tidurlah ditempat yang nyaman.

Kurangi kebiasaan yang dapat menghamburkan uang seperti merokok, dugem, karaoke dan sejenisnya.

Apabila anda suka masak anda bisa masak sendiri di kosan supaya pengeluaran menjadi lebih hemat.

3. Alokasikan

Alokasikan dana

Cara mengelola gaji 3 juta perbulan bisa dilakukan dengan mengalokasikan keuangan anda dengan cermat.

Anda bisa menerapkan pola 40-30-20-10 dimana 40% dari gaji anda digunakan untuk kebutuhan pengeluaran sehari-hari. Seperti makan, internet, bensin, dan listrik.

30% untuk membayar hutang atau cicilan, bisa juga untuk membayar kosan. Sisanya bisa menjadi dana cadangan.

Baca Juga : 40+ Contoh Desain Kamar Kosan Sederhana dan Minimalis

20% bisa untuk menabung atau berinvestasi. Anda bisa menabung di kartu ATM yang berbeda supaya dana tabungan tidak dibelikan sesuatu hanya karena keinginan saja.

Sisanya 10% adalah untuk Zakat, sedekah, dan mengurim ke orang tua. Apabila anda punya uang lebih maka anda boleh sedekah lebih banyak namun jangan lupa untuk membayar hutang terlebih dahulu sebelum bersedekah.

Pola tersebut tidak harus 40-30-20-10, anda bisa menggantinya dengan pola 45-20-20-15 atau yang lain tergantung dengan kondisi anda saat ini.

4. Tambah Penghasilan

Kalau gaji 3 juta masih kurang untuk kebutuhan anda maka anda perlu menambah penghasilan. Anda harus masuk kerja lembur atau mencari penghasilan sampingan.

Usahakan anda mencari pekerjaan sampingan yang tidak menganggu waktu pekerjaan utama anda agar tidak kehilangan pekerjaan utama demi penghasilan sampingan.

Baca Juga :

5. Konsisten

Cara mengelola gaji dengan benar yang paling sulit dilakukan adalah konsisten. Mungkin beberapa bulan pertama kita bisa mengelola gaji 3 juta dengan baik dan menabung ratusan ribu.

Setelah itu banyak yang tidak konsisten dalam mengelola gaji. Apalagi kalau penghasilan sudah naik, pengeluaran akan cenderung bertambah. Padahal seharusnya tabungan dan sedekah yang mesti ditambah.

Semoga apa yang kami sampaikan dapat membantu anda untuk mengelola gaji 3 juta perbulan dan bisa menabung setiap bulan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.