Cobain Cara Membuat Pot dari Botol Bekas, Biar Semakin Hemat

Cara Membuat Pot dari Botol Bekas
look4ward.co.uk

Cara membuat pot dari botol bekas sebenarnya sudah sering diajarkan saat masih sekolah, meskipun terdengar sangat sepele namun cara ini dapat menghemat keuangan Anda dalam rumah tangga lho. Daripada harus membeli pot baru yang harganya sampai puluhan ribu untuk satu pot saja, mending memanfaatkan botol bekas saja.

Apabila Anda suka menghiasi halaman rumah dengan tanaman maka Anda wajib mencoba membuat pot dari botol bekas yang sudah tidak terpakai, daripada cuma dibuang mending Anda manfaatkan untuk membuat kerajinan tangan. Anda juga bisa sekaligus mengajarkan kepada anak soal kerajinan tangan dengan memanfaatkan bahan-bahan bekas.

Bacaan Lainnya

Kegiatan membuat pot ini bisa menjadi pengisi waktu luang Anda untuk mengerjakan hal-hal yang bermanfaat. Apalagi saat situasi pandemi seperti sekarang ini dimana kita lebih banyak menghabiskan waktu di rumah daripada di luar rumah. Ketimbang waktu Anda terbuang sia-sia, ada baiknya Anda membuat pot dari botol bekas yang sudah tidak dipakai lagi.

Bayangkan saja jika Anda harus membeli sebuah pot baru setiap Anda mempunyai tanaman di rumah. Jika Anda mempunyai puluhan tanaman hias maka Anda bisa saja menghabiskan uang ratusan ribu hanya untuk membeli potnya saja. Tapi jika Anda membuat pot sendiri dengan memanfaatkan botol bekas, pengeluaran ratusan ribu untuk membeli pot tadi bisa Anda gunakan ke hal yang lebih layak seperti membeli susu anak atau membeli bahan makanan.

Mengingat sekarang kita sedang menghadapi pandemi maka sebaiknya jangan terlalu menghabiskan banyak uang hanya untuk membeli pot jika kita bisa membuatnya hanya dari memakai botol bekas saja.

Cara Membuat Pot dari Botol Bekas

Cara Membuat Pot dari Botol Bekas
not-there.org

Sebenarnya untuk membuat pot tidak harus dari botol bekas saja, Anda bisa menggunakan jerigen atau galon atau bahan-bahan bekas lainnya yang sudah tidak terpakai.

Beberapa hal yang perlu Anda persiapkan untuk membuat pot dari botol bekas adalah :

  • Botol bekas
  • Gunting / Pisau / Cutter
  • Cat
  • Kuas
  • Pensil / Spidol
  • Tali (Jika ingin membuat pot gantung)

Langkah-Langkah Membuatnya

  1. Siapkan botol bekas dengan ukuran yang Anda inginkan.
  2. Kemudian buatlah pola untuk bentuk pot yang ingin Anda buat. Anda bisa membuat pola secantik mungkin supaya hasilnya juga menyenangkan dan cocok jika dijadikan wadah tanaman hias.
  3. Gambarlah pola tersebut menggunakan pensil atau spidol pada botol bekas yang ingin Anda buat menjadi pot.
  4. Lalu potonglah botol tersebut sesuai pola yang sudah Anda gambarkan. Berhati-hatilah saat memotong botol bekas, jangan sampai tangan Anda terluka.
  5. Setelah bentuknya sudah sesuai keinginan maka Anda bisa mengecatnya dengan warna yang Anda inginkan.
  6. Jangan lupa untuk mengeringkannya setelah selesai mengecat.
  7. Jika catnya sudah kering maka pot Anda sudah jadi dan sudah bisa digunakan. Apabila Anda ingin menggantungkannya maka Anda tinggal menambahkan tali saja.

Kalau Anda menggunakan botol bekas yang sudah mempunyai desain yang unik mungkin Anda tidak perlu mengecatnya lagi. Jadi setelah selesai memotong Anda bisa langsung menggunakan botol bekas tersebut sebagai pot.

Dengan begini Anda bisa mempunyai banyak pot dengan murah. Anda bisa menghiasi rumah dengan lebih banyak tanaman atau bisa juga menghiasi taman dengan pot-pot menarik yang Anda buat dari bahan-bahan bekas.

Baca Juga : 4 Cara Merawat Tanaman agar Tidak Mudah Mati

Anda juga bisa mengajarkan cara membuat pot dari botol bekas ini kepada anak-anak komplek agar mereka menyukai tanaman. Sebab saat pandemi seperti ini banyak anak yang kehilangan waktu dalam hal positif dan kreatif.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.